ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Gus Nuril: Nabi Adam Lahir di Jawa Karena Pulau Jawa Adalah Pusat Peradaban dan Syurganya Dunia?

On January 28, 2018 with 3 comments

Nabi Adam lahir di pulau Jawa? Begitulah salah satu kalimat Gus Nuril yang cukup kontroversial dan mengundang beragam tanggapan hingga perdebatan. Dalam sebuah video, pimpinan Pondok Pesantren Sokotunggal ini juga menyebutkan, mengapa wahyu Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di gua bukan di Masjid? Menurutnya, hal tersebut dikarenakan gua selalu berada di gunung atau perbukitan. Sementara gunung dan bukit sendiri disebut Mer atau Miracle (dalam bahasa Inggris) yang berarti keajaiban atau rumah Tuhan.
Nabi adam lahir di pulau jawa ceramah gus nuril sokotunggal
Gus Nuril saat berceramah
DOTGO.ID. Misteri. Gus Nuril bernama asli Nuril Arifin Husein, adalah pemimpim Pondok Pesantren Sokotunggal yang kerap berceramah di berbagai tempat. Selain mengisi ceramah dalam kegiatan sebagian komunitas Islam, Gus Nuril juga dikenal sebagai tokoh lintas agama yang juga sering mengisi acara atau kegiatan rohani di Gereja, Vihara atau tempat ibadah dan komunitas keagamaan lainnya.

Pria kelahiran Gresik 12 Juli 1959 ini memang memiliki gaya tersendiri saat berceramah. Selain itu, ia juga dikenal memiliki pandangan yang berbeda dengan umumnya para ulama Indonesia. Karenanya, sosok Gus Nuril yang cukup kontroversial ini bahkan pernah diturunkan paksa saat berceramah karena dinilai provokatif dan menyimpang dari sejarah Islam itu sendiri.

Dalam sebuah video yang belakangan beredar, Gus Nuril menyebutkan bahwa Nabi Adam dilahirkan di pulau Jawa karena menurut keyakinannya Jawa adalah pusat peradaban masa lampau dan juga syurganya dunia. Ia juga menyebutkan bahwa agama Budha lahir dan berkembang di Jawa. Karenanya, orang-orang India lantas datang dan belajar agama ke pulau Jawa.

Sebelumnya, Gus Nuril mengatakan Al Qur'an diturunkan di gua karena gua biasanya selalu berada di gunung atau perbukitan. Gunung dan bukit sendiri menurut Gus Nuril adalah keajaiban atau Rumah Tuhan Tuhan yang disebut Mer atau Miracle jika dalam bahasa Inggris.

Menanggapi pernyataan Gus Nuril yang menyebutkan mengapa Al Qur'an (surat pertama) diturunkan di gua dan bukannya di Masjid? Mayoritas warganet menjawab karena waktu itu masih belum ada Masjid dan agama Islam belum disyiarkan. Sementara soal Nabi Adam AS yang disebutkan lahir di Jawa, warganet juga tegas membantah karena Nabi Adam sendiri tidak dilahirkan tetapi melalui proses penciptaan langsung oleh Allah SWT.

Gus Nuril juga menyebutkan dua gunung di Indonesia yang menggunakan kata depan Mer yang berarti keajaiban. "Mer yang berapi adalah Gunung Merapi, Mer yang berabu adalah Gunung Merbabu." Karenanya, ia meyakini pulau Jawa adalah pusat peradaban dan syurganya dunia di masa lampau.

NABI ADAM AS LAHIR DIJAWA,,??? 😂 Gus Nuril salah orang tu,, mungkin yang gus nuril maksud Mas Adam tukang Siomay kali,,, Benar gkAndre Yansah Aswajaa,,? 😜😜😜
Dikirim oleh Azwin Miza pada 17 November 2016

Terkait isi ceramah tersebut, mayoritas warganet menyanggah namun sebagian lagi mendukungnya. Hingga saat ini, video atau isi ceramah Gus Nuril dalam sebuah kegiatan keagamaan yang diselenggarakan salah satu ormas kepemudaan ini masih menuai beragam tanggapan bahkan hingga perdebatan. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments