ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Cara Merawat Cat Body Motor Agar Bersih Mengkilap dan Selalu Tampak Baru, Awet dan Kinclong

On June 12, 2018 with No comments

Merawat cat atau body motor agar selalu bersih dan tampak baru sebenarnya sangat mudah dan murah. Tak perlu biaya mahal, merawat cat motor agar selalu kinclong hanya butuh ketelatenan dan harus rutin dilakukan. Namun meski mudah dan murah, cukup banyak pemilik motor yang merasa malas untuk merawat tunggangannya tersebut. Alhasil, cukup banyak motor yang meski masih berusia muda tapi nampak kotor dan kusam.
Tips cara merawat cat motor agar mengkilap terlihat baru
Merawat cat dan body motor agar selalu bersih 
DOTGO.ID. Motomania. Agar motor selalu nampak bersih, mengkilap dan kinclong, pemilik tentunya harus merawatnya dengan rutin dan penuh perhatian. Motor yang selalu nampak bersih dan baru tentunya akan menambah kepercayaan diri bagi siapa saja yang mengendarainya.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan juga referensi dari beberapa pemilik salon mobil dan motor, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar motor terutama bagian cat selalu nampak mengkilap dan tidak cepat pudar. Cat adalah bagian terpenting jika ingin motor selalu nampak mengkilap. Berikut ini adalah cara mudah merawat motor agar selalu bersih dan nampak baru.

Cuci motor secara rutin
  • Mencuci motor secara rutin diyakini akan bisa membuat warna atau cat motor bisa bertahan lama. Dengan mencuci motor setidaknya seminggu sekali, debu dan kotoran bisa lebih mudah dihilangkan. Jika motor sangat jarang dicuci, ada kemungkinan partikel debu dan kotoran melekat pada cat dan susah untuk dihilangkan.
  • Saat musim hujan, segeralah cuci motor setelah menerabas jalanan. Debu dan kotoran yang bercampur air hujan dan menempel di motor bisa berpengaruh buruk pada cat dan bagian lain seperti knalpot, standar, rangka dan bagian-bagian lain yang paling rawan cipratan air hujan. 
  • Cucilah motor dengan shampo khusus yang direkomendasikan dan tentunya dengan air yang bersih. Jika tak terlalu kotor, mencuci motor bisa hanya dengan air bersih yang tujuannya melepaskan debu dan kotoran yang menempel.
Parkir motor di tempat teduh
  • Yang tak kalah penting adalah menaruh atau memarkir motor di tempat teduh agar cat motor tidak terpapar langsung sinar matahari atau ultraviolet. Sinar matahari yang langsung mengenai body motor tentunya berpengaruh buruk. Cat motor yang kena panas matahari langsung dalam waktu lama akan cepat pudar atau kusam.
  • Namun demikian, memarkirkan motor di tempat teduh menjadi terkendala saat pemilik motor mengunjungi tempat umum seperti kantor, mall, rumah sakit atau fasilitas lainnya yang area parkirnya di ruang terbuka. Karenanya, sangat disarankan untuk menutup motor dengan sarung motor, kardus bekas atau bahan lain agar body motor tak terkena sinar matahari langsung.
Hindari zat kimia berbahaya
  • Zat kimia yang mengandung senyawa asam atau zat pewarna sebaiknya jangan dioleskan pada cat dan body motor. Pada beberapa kasus, cukup banyak pemilik motor yang mengoleskan zat kimia dengan tujuan tertentu yang tanpa sadar malah merusak cat motor. 
  • Saat zat ini sudah melekat kuat, tentunya akan sulit dihilangkan dan bisa jadi cat motor yang akan pudar dan terkelupas. Ada resiko besar cat motor rusak jika sembarang mengoleskan zat kimia pada body motor.
Gunakan pengkilap khusus cat motor
  • Cara lain untuk membuat awet cat motor adalah menggunakan pengkilap khusus untuk body motor yang direkomendasikan. Jika digunakan secara wajar, pengkilap motor ini berfungsi seperti pelembab pada tubuh manusia. Karena kerap terpapar udara yang panas, cat motor juga tentunya membutuhkan "vitamin" agar selalu tampak segar dan cerah. 
  • Seperti sepatu yang sering disemir, cat motor yang rutin dirawat dengan pengkilap khusus juga memiliki tampilan yang lebih mengkilap, segar dan bercahaya. Saat ini, ada beberapa merk pengkilap cat motor yang cukup bagus dan sudah memenuhi standar internasional yang bisa dengan mudah didapat di bengkel resmi, supermarket, minimarket atau toko tetangga.
Kurangi menempel skotlet dan stiker
  • Skotlet adalah bagian yang tak terpisahkan dari motor. Saat pemilik motor merasa bosan, mereka lantas menutup sebagian atau bahkan seluruh body motor dengan skotlet. Jika memang ingin memasang skotlet, serahkan pemasangan skotlet pada ahlinya. Selain itu, skotlet juga jangan dibiarkan terlalu lama bahkan hingga bertahun-tahun menempel di motor. Skotlet yang menempel terlalu lama biasanya akan sulit dilepa. Ada resiko cat motor rusak atau terkelupas.
  • Stiker adalah aksesoris motor selain skotlet yang biasa ditempelkan di body motor. Stiker dengan tampilan berupa kata-kata unik, gambar tokoh hingga logo pabrikan motor seperti Honda, Yamaha, Suzuki atau Kawasaki ini memang bisa memberi kesan manis. Tapi jangan terlalu banyak menempel stiker di body motor karena komponen lem stiker yang lumayan kuat bisa melekat pada cat motor. 
Gunakan kanebo untuk lap motor
  • Gunakan kanebo dan jangan mengelap saat motor kering. Kanebo atau lap microfiber adalah lap khusus yang biasa digunakan untuk mengelap atau mengeringkan body motor dan mobil. Plas Chamois alias kanebo ini memiliki daya serap air yang lebih tinggi dari lap biasa yang terbuat dari bahan kain. 
  • Saat mengelap body motor, usahakan kanebo diarahkan pada satu arah dan jangan bulak balik atau memutar. Mengelap dengan cara memutar atau bulak balik bisa mengembalikan partikel debu atau kotoran ke bagian body yang sudah bersih. Jika bagian kiri sudah bersih, maka kanebo harus diarahkan ke bagian kanan dan jangan balak lagi atau memutar kembali ke bagian kiri. 
  • Konon, kanebo sendiri adalah merk dagang produk Plas Chamois dari salah satu perusahaan Jepang. Namun saat ini, kanebo sudah digunakan untuk menyebut semua merk plas chamois seperti halnya sebagian besar masyarakat yang menyebut semua merek galon air dengan sebutan aqua galon.
Itulah beberapa cara atau tips untuk merawat motor khususnya bagian body atau cat motor. Selain bisa menambah kepercayaan diri, merawat cat motor dengan baik juga memiliki keuntungan lain yaitu harga motor yang bisa lebih tinggi jika suatu waktu dijual. Dengan catatan, motor sudah lunas jika memang dibeli dengan cara kredit.
Selain merawat, yang tak kalah penting adalah berhati-hati saat berkendara. Jika mengendarai motor dengan cara urakan dan ugal-ugalan, ada resiko motor bersenggolan dengan motor lain atau dengan benda keras yang ada di sekitar kita. Jangan lupa pula memakai helm dan membawa surat-surat kendaraan saat bepergian. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »