ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Jelang Lebaran, Pasar Kamis Desa Muara Blanakan Makin Ramai dan Diwarnai Kemacetan

On June 13, 2018 with No comments

Sehari menjelang lebaran, Pasar Kamis Desa Muara yang biasa digelar di perempatan desa semakin ramai oleh warga yang hendak membeli makanan, jajanan atau minuman untuk berbuka puasa. Selain itu, suasana makin bertambah ramai karena sebagian warga juga nampak sibuk memilih baju lebaran terutama baju atau pakaian untuk anak.
Pasar kamis desa muara blanakan makin ramai jelang lebaran
Suasana Pasar Kamis Desa Muara Blanakan  jelang Lebaran
DOTGO.IDPasar Kamis Desa Muara yang secara rutin digelar setiap Rabu malam nampak semakin ramai menjelang hari lebaran. Selain banyaknya warga yang hendak membeli makanan dan minuman untuk berbuka puasa seperti biasanya, cukup banyak pula warga yang nampak sedang sibuk memilih baju lebaran.

Pasar Kamis atau yang menurut warga setempat biasa disebut Kemisan ini berlokasi di perempatan desa di Tugu Nelayan atau sekitar Masjid Jamie Nurul Huda Desa Muara. Pasar kagetan ini mulai digelar sejak pukul 17.00 WIB atau pukul 05 sore dan berakhir hingga menjelang pukul 10 malam.

Menurut beberapa pedagang yang ditemui di lokasi, suasana pasaran kali ini memang nampak lebih ramai dari hari-hari sebelumnya. Omzet para pedagang juga lumayan meningkat karena sebagian warga membelanjakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

"Pasar Kamis malam ini sepertinya sangat ramai. Tak hanya makanan dan minuman, tetapi juga pakaian ikut laris karena sebentar lagi lebaran. Yang paling laku saat ini adalah pakaian anak dan sepatu," ujar seorang pedagang pakaian di Pasar Kamis Desa Muara, Rabu (13/06/18).

Menurut warga setempat, pasaran kali ini juga memang menampakan keramaian yang berbeda dari biasanya. Tak hanya disibukan oleh warga yang berlalu lalang, namun keramaian juga ditimbulkan oleh banyaknya kendaraan bermotor khususnya roda dua yang melintas.

"Kalau sore menjelang buka puasa suasana perempatan desa Muara memang selalu ramai karena banyak juga yang sambil ngabuburit menunggu magrib. Apalagi sekarang mau lebaran, sebagian warga desa yang merantau sudah pada pulang."

Meski pemerintah sendiri belum memutuskan jatuhnya tanggal Hari Raya Iedul Fitri, namun sebagian masyarakat merasa yakin hari lebaran akan jatuh pada hari Jum'at esok. Rencananya, pemerintah akan memutuskan jatuhnya hari raya Iedul Fitri melalui sidang isbat yang akan digelar besok.
Meski belum ada keputusan pemerintah, namun berdasar pada hisab (hitung waktu) salah satu Ormas Islam yakni Muhamaddiyah memutuskan Iedul Fitri jatuh pada Jumat 15 Juni. Pmerintah juga diprediksi akan memutuskan hari lebaran yang sama berdasar pada awal Ramadhan yang sama. Selain itu, pada Kamis esok puasa juga sudah genap 30 hari. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »