ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Makan Mentimun Sehat, Manfaat Timun yang Kaya Vitamin dan Serat Bisa Membuat Hidup Lebih Sehat

On June 13, 2018 with No comments

Timun, mentimun atau ketimun adalah lalapan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman sayuran dari jenis labu-labuan ini sudah sejak lama dikenal memilki kemampuan untuk mencegah atau bahkan mengobati bermacam penyakit. Meski selama ini ketimun lebih dikenal sebagai lalapan yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi, namun ternyata timun memiliki khasiat yang lebih banyak untuk menjaga hidup tetap sehat.
Khasiat mentimun untuk mengobati penyakit dan membuat hidup sehat
Manfaat mentimun untuk kesehatan
DOTGO.ID. Kesehatan. Mentimun dengan nama ilmiah Cucumis Sativus adalah salah satu jenis buah sayuran dari golongan labu-labuan atau Cucurbitaceae yang sangat populer di Indonesia dan kawasan Asia. Di Indonesia, tanaman yang konon berasal dari India Utara tepatnya dari kawasah Pegunungan Himalaya ini biasa dijadikan lalapan mentah kadang direbus atau juga diolah menjadi tumisan, acar ataupun asinan.

Timun sendiri mengandung 95% air dan juga kandungan mineral seperti magnesium, kalium, zinc, zat besi, kalium hingga fosfor. Mentimun juga banyak mengandung Vitamin A, B, C dan E, juga elektrolit yang sangat bermanfaat untuk tubuh diantaranya untuk meredakan sakit kepala. Khasiat mentimun terasa sangat lengkap karena ternyata timun juga kaya serat.

Dalam dunia kecantikan, menitmun kerap dijadikan bahan utama untuk masker, luluran atau untuk menyegarkan kelopak mata. Zat kalium, magnesium dan silikon yang terkandung dalam ketimun memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Bagi yang ingin tampil cantik, buah ketimun bisa diolah untuk bahan erawatan kulit (maskeran), bisa juga dijadikan menu utama untuk lalap atau jus mentimun.

Dari sekian banyak manfaat, ada beberapa kegunaan mentimun yang memang bisa dirasakan langsung khasiatnya saat buah berair berbentuk lonjong ini dikonsumsi. Karena kandungannya yang kaya manfaat, timun bahkan sangat berkhasiat untuk merawat kesehatan beberapa organ penting dalam tubuh. Berikut ini adalah manfaat mentimun.

Darah tinggi atau hypertensi
  • Mengatasi atau mengontrol tekanan darah tinggi dengan ketimun sudah menjadi hal yang umum. Mentimun yang banyak mengandung magnesium sangat berkhasiat mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi saat dikonsumsi secara langsung seperti untuk lalap atau jus timun. Jika rutin mengkonsumsi timun, tekanan darah bisa terkontrol dengan baik.
Menjaga ginjal
  • Mentimun sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal dan juga kantung kemih karena memiliki sangat banyak kandungan air (95%). Dengan makan mentimun secara rutin dan teratur, kinerja ginjal saat urinasi atau memproduksi urine (air kencing) tetap terjaga dengan baik.
Menurunkan kolesterol
  • Timun juga sangat berkhasit menurunkan tingginya kolesterol jahat dalam tubuh. Senyawa sterol dalam mentimun sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar lemak jahat yang ada dalam tubuh. Penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk sering makan mentimun.
Pencernaan sehat
  • Memperlancar pencernaan salah satunya bisa didapat dengan makan mentimun. Mentimun yang banyak mengandung serat sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk dikonsumsi agar bisa memperlancar kinerja pencernaan. Saat susah buang air besar (BAB), mentimun bisa menjadi solusi. Selain itu, makan mentimun juga berkhasiat mengatasi problem pencernaan lainnya seperti perut mulas, gastritis, maag atau sakit lambung.
Kesehatan gigi, gusi dan mulut
  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi mentimun. Mentimun yang sifatnya dingin dan sangat kaya kandungan serat ini bisa mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi dan tenggorokan. Mentimun yang banyak mengandung air ini bisa meningkatkan produksi air liur hingga mampu mengendalikan dan menetralisir asam dan basa yang ada di rongga mulut. Dengan makan mentimun, rongga mulut, gigi dan gusi tetap sehat dan terjaga.
Kanker, cegah sel kanker
  • Mentimun bisa mencegah kanker karena banyak mengandung pinoresol, lariciresol dan juga secoisolariciresinol yang mana ketiga zat tersebut sangat efektif untuk menghambat perkembangan sel kanker. Sering makan timun maka bisa mencegah timbulnya penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker usus, kanker prostat hingga kanker ovarium. Jia tak suka lalap timun, olahlah mentimun menjadi jus timun, asinan atau acar mentimun.
Kesehatan organ mata
  • Mentimun sangat berkhasiat menjaga kesehatan mata karena juga mengandung banyak Vitamin A seperti wortel. Selain bisa dimakan untuk mencegah retensi air yang bisa memicu pembengkakan di sekitar kelopak mata, mentimun juga efektif untuk relakasasi saraf dan otot mata. Irisan mentimun yang diletakan di bagian kelopak mata dalam waktu beberapa lama bisa membuat saraf dan otot mata rileks hingga kesehatannya tetap terjaga dan mata tak mudah lelah.
Mempercantik kulit wajah, kulit sehat
  • Jika menginginkan kulit yang sehat, halus dan mulus, sering-seringlah makan mentimun. Selain dimakan, mentimun juga bisa diolah menjadi bahan untuk perawatan kulit salah satunya masker mentimun yang sangat berkhasiat untuk mempercantik kulit wajah. Mentimun termasuk bagian biji yang kaya vitamin E dan potassium sangat manjur untuk merevitalisasi kesehatan hingga kulit akan nampak lebih muda dan kencang. Keriput akan berkurang dan noda atau bintik hitam pada wajah tersamarkan.
Kencing manis, diabetes
  • Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi mentimun secara rutin karena mentimun banyak mengandung mineral mangan yang berkhasiat menjaga kadar gula dalam darah. Hormon insulin dalam tubuh bisa terjaga dengan baik jika penderita kencing manis atau diabetes banyak makan mentimun.
Meningkatkan stamina tubuh
  • Mentimun yang banyak mengandung air bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi hingga stamina tubuh tetap terjaga. Mentimun juga sangat efektif untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh karena banyak mengandung Vitamin C. Sering makan mentimun, tubuh menjadi tahan dari serangan penyakit dan juga terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.
Menghilangkan bau mulut
  • Aroma petai atau jengkol yang tersisa di mulut bisa dikurangi dengan mengkonsumsi mentimun. Makan mentimun yang mengandung air bisa membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang bisa menimbulkan efek bau mulut seperti jengkol dan pete. Mentimun bahkan sering dijadikan teman makan sate kambing karena kandungan air dan sifatnya yang dingin juga bisa mengendalikan kolesterol jahat.
Itulah beberapa manfaat mentimun yang dirangkum dari berbagai jurnal kesehatan yang telah terbukti khasiatnya karena berdasarkan pada hasil penelitian dari para pakar kesehatan. Mentimun adalah buah sayuran yang murah dan mudah didapat namun memiliki sejuta manfaat. Jika ingin hidup sehat, makanlah mentimun yang kaya air, vitamin dan serat. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »