ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Rumah Makan Lembur Kuring, Tempat Makan Enak di Jalan Raya Cianjur-Bandung Ciranjang-Padalarang

On July 05, 2018 with No comments

Lembur Kuring adalah salah satu rumah makan khas Sunda yang berlokasi di wilayah kecamatan Ciranjang dan menjadi salah satu tempat makan yang cukup ramai di jalur utama Cianjur-Bandung via Padalarang. Saat memasuki akhir pekan, liburan sekolah, terlebih libur lebaran, kuliner Sunda Lembur Kuring selalu dipenuhi oleh pengunjung.
Lembur kuring tempat makan enak di jalan raya bandung cianjur ciranjang
Rumah Makan Khas Sunda Lembur Kuring Ciranjang
DOTGO.ID. Wisata. Cianjur adalah sebuah daerah kabupaten di wilayah Jawa Barat yang dikenal memiliki banyak tempat wisata dan juga aneka kuliner khas Sunda. Selain oleh-oleh khas berupa tauco, beberapa rumah makan di Cianjur juga selalu menjadi tujuan utama para pecinta kuliner salah satunya Rumah Makan Lembur Kuring di Ciranjang.

Lembur Kuring merupakan rumah makan yang menyajikan menu khas Sunda seperti ikan gurame, ikan mas atau ayam kampung yang disajikan dengan cara dibakar, digoreng hingga dipepes. Selain itu tersedia juga menu lain seperti cah (tumis) kangkung, capcay, tahu dan tempe hingga lalapan dan tentu saja sambal dadakan. Selain makanan, tersedia juga minuman dari jus buah hingga kelapa muda.

Rumah Makan Lembur Kuring sendiri berlokasi di wilayah kecamatan Ciranjang persisnya sebelah kiri jalan setelah melewati Pasar Ciranjang, Cianjur. Jika dari arah Bandung, tempat makan yang cukup enak ini berada di sisi kanan jalan beberapa kilometer sebelum Pasar Ciranjang.

Selain sajian khas Sunda yang rasanya cukup nikmat dan menggugah selera, suasana Lembur Kuring juga cukup nyaman karena rumah makan ini dikelilingi areal pesawahan. Saat menyantap hidangan, pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati hijaunya hamparan pesawahan yang menghasilkan Beras Cianjur yang terkenal enak tersebut.

Sebelum Tol Cipularang (Cikopo-Padalarang) yang menghubungkan wilayah Bandung dan Purwakarta beroperasi, jalur Bandung-Cianjur via Padalarang-Ciranjang merupakan jalan raya utama yang menghubungkan Bandung, Cianjur, Puncak, Bogor dan Jakarta.

Jalan Raya Bandung-Cianjur via Ciranjang adalah jalan utama yang dilalui oleh berbagai kendaraan mulai dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), truk angkutan hingga mobil pribadi. Karena merupakan jalan utama Bandung menuju Jakarta dan atau sebaliknya, sebelumnya jalur Ciranjang ini selalu diwarnai kepadatan terutama saat akhir pekan dan musim liburan.

Jalur Bandung-Cianjur via Ciranjang-Padalarang sendiri merupakan bagian dari Jalan Raya Pos yang membentang dari Anyer di ujung barat hingga Panarukan di Banyuwangi Jawa Timur. Jalan ini bangun oleh Herman Willem Daendels di awal abad 19 tepatnya sekitar tahun 1807-1808.

Jalan Raya Pos membentang sepanjang 1000 KM dari Anyer, Jakarta, Bogor, Cianjur, Bandung, Sumedang, Majalengka dan Cirebon hingga ke bagian ujung timur pesisir utara Jawa. Selain jalan raya, di wilayah Cianjur-Bandung juga terdapat areal perkebunan yang juga merupakan peninggalan era kolonial Belanda.

Selain berfungsi sebagai akses utama Bandung-Jakarta dan menjadi salah satu jalur utama saat mudik lebaran, Jalan Raya Cianjur-Bandung Padalarang juga dikenal sebagai jalur wisata karena bisa menuju langsung daerah wisata Puncak di kawasan Cianjur-Bogor.
Selain tempat wisata, di sepanjang jalur ini juga cukup banyak berdiri rumah makan khas Cianjur yang menyajikan menu utama berupa masakan khas Sunda salah satunya Rumah Makan Lembur Kuring. Lembur Kuring adalah salah satu tempat makan yang bisa menjadi pilihan saat melintas di kawasan ini. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »