ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

LRT Cawang-Bekasi Timur, Light Rail Transit Jalur Kereta Ringan di Sisi Utara Tol Jakarta Cikampek

On October 09, 2018 with No comments

LRT Cawang-Bekasi Timur adalah jalur kereta (ringan) komuter yang menjadi bagian dari LRT Jakarta dan melayani perjalanan dari Stasiun Bekasi Timur hingga Stasiun Cawang LRT 2, dan sebaliknya. Hingga Oktober 2018, LRT Cawang-Bekasi Timur sendiri masih dalam tahap akhir konstruksi.
Lrt cawang bekasi timur terintegrasi dengan lrt jakarta stasiun cawang lrt 2
Jalur Light Rail Transit (LRT) Cawang-Bekasi Timur
DOTGO.ID. Transportasi. Light Rail Transit (LRT) adalah moda angkutan massal atau transportasi publik sejenis kereta api ringan dengan kontstruksi gantung (jalan layang). 

Di Jakarta, ada banyak jalur LRT yang beberapa diantaranya masih dalam tahap penyelesaian konstruksi, salah satunya LRT Cawang-Bekasi Timur.

LRT Cawang-Bekasi Timur sendiri adalah jalur kereta api komuter dengan sistem kontruksi jalan layang, yang diproyeksikan untuk melayani para penumpang dengan jalur perjalanan dari Stasiun Bekasi Timur hingga Stasiun Cawang LRT 2, atau sebaliknya.

Saat ini, pembangunan LRT Cawang-Bekasi Timur yang menjadi salah satu relasi dari LRT Jakarta ini sudah memasuki tahap finishing. Jalur LRT ini berada di sisi utara tepian Tol Jakarta-Cikampek, dari sejak Cawang hingga Bekasi Timur.

Secara keseluruhan, jarak yang ditempuh LRT Cawang-Bekasi Timur ini sendiri memiliki panjang lintasan sekitar 18,5 kilometer. 

Kereta ringan dengan konstruksi jalur layang ini memiliki 6 stasiun pemberhentian untuk menurunkan dan menaikan para penumpang.
  1. Stasiun Cawang LRT 2
  2. Stasiun Jati Cempaka
  3. Stasiun Jati Bening
  4. Stasiun Cikunir
  5. Stasiun Bekasi Barat
  6. Stasiun Bekasi Timur
LRT Cawang-Bekasi Timur yang dimiliki oleh PT Adhi Karya ini akan dioperasikan oleh PT Kereta Api selaku operator. LRT Cawang-Bekasi Timur juga terintegrasi dengan jalur LRT lain yang terkonsentrasi di Cawang LRT 2.

Jalur kereta komuter LRT Cawang Bekasi Timur ini juga nantinya akan terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, apartemen hingga rumah sakit yang ada di jalur lintasannya.

Transportasi massal dengan sistem LRT sendiri sedang terus dikembangkan di Ibukota, sebagai salah satu upaya untuk mempermudah warga mendapat akses transportasi publik yang cepat dan tepat waktu.
Selain itu, jalur LRT juga bisa menjadi daya tarik dalam bidang pariwisata. Sistem transportasi publik dengan jalur konstruksi layang yang terbilang baru di Indoneisa, tentunya akan membuat banyak orang merasa tertarik untuk mencoba. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »