ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Situ Ciseupan Wisata Kolam Pemancingan dengan Pemandangan Alam yang Menawan di Cibeber Cimahi Selatan

On November 04, 2018 with No comments

Kolam pemancingan Ciseupan adalah salah satu tempat mancing yang cukup populer di daerah Cibeber Cimahi, Jawa Barat. Selain pemancingan (berbayar) galatama, ada juga tempat mancing gratis di Situ Ciseupan, yang berada di sekitar akses masuk menuju Sanghyang Pancanaka Hills.
Wisata kolam pemancingan Situ Ciseupan Cibeber Cimahi Selatan
DOTGO.ID. Wisata. Situ Ciseupan adalah sebuah situ atau danau yang berlokasi di Kampung Ciseupan, Kelurahan Cibeber, Cimahi Selatan. Situ Ciseupan berada daerah cekungan atau lembah dengan latar belakang Gunung Padakasih, yang nampak sangat indah dari kejauhan.

Bagi para pemancing, kawasan ini sudah sangat dikenal karena hampir selalu ramai khususnya memasuki akhir pekan atau musim liburan. Selain para pemancing, daerah ini juga kerap dijadikan tempat bersantai karena udaranya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang menawan.

Selain pemancingan berbayar atau mancing galatama di kolam pancing buatan, warga dan para wisatawan juga bisa memancing gratis di Situ Ciseupan. Selain kolam pemancingan, para wisatawan juga bisa menikmati hamparan pesawahan warga dengan saung khas pedesaan.

Akses menuju Situ Ciseupan sendiri sangat mudah karena bisa langsung dijangkau dari Jalan Ibu Ganirah atau dikenal juga Jalan Cibeber. Jalan masuk menuju Situ Ciseupan, yang juga menjadi akses menuju Pancanaka Hills ini berada di samping Kantor Kelurahan Cibeber.

Saat pagi hari, suasana di sekitar Situ Ciseupan yang indah ini selalu dimanfaatkan warga untuk berolahraga baik itu lari maupun jalan pagi atau joging bersama keluarga.

Karena lokasinya yang berada di lembah dengan dihiasi tebing dan jurang, Situ Ciseupan akan nampak sangat indah jika dilihat dari jalan akses Pancanaka Hills. Nampak pula Gunung Padakasih yang melatar belakangi situ tempat memancing ini.

Menurut beberapa warga sekitar, Situ Ciseupan sendiri terbentuk karena sebelumnya ada aktivitas galian pasir yang cukup masif di kawasan tersebut. Seorang warga bahkan menyebutkan, kualitas pasir di Cisuepan ini tergolong memiliki kualitas yang sangat baik.

Saat aktivitas penggalian pasir semakin dalam, munculah mata air yang cukup deras hingga menggenangi sebagian area tersebut. Sejak itu, warga pun memanfaatkan genangan air yang kemudian dikenal dengan Situ Ciseupan untuk berbagai aktivitas diantaranya memancing ikan.

Selain situ, sisa-sisa atau bekas aktivitas penambangan pasir juga bisa dilihat dengan keberadaan tebing yang curam dan vertikal di sekitar Situ Ciseupan. Kondisi ini tentunya bisa menambah daya tarik bagi para wisatawan.

Selain sebagai tempat memancing, di sekitar Situ Ciseupan Cibeber juga ada makam seorang ulama, yang menurut warga sekitar dikenal dengan sebutan Makam Keramat Wali Tunggal, di sekitar Bukit Jatinunggal. Sayangnya, tak diketahui secara pasti terkait asal-usul makam ini.

Keberadaan Situ Ciseupan yang menyajikan panorama cukup menawan ini juga menarik perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, untuk membuka kawasan wisata baru. Pemerintah kota bahkan sudah melakukan kajian akademis untuk menyulap Situ Ciseupan menjadi salah satu destinasi wisata alam di Cimahi.
Video Situ Ciseupan, wisata kolam pemancingan di Cimahi
Ke depannya, Situ Ciseupan bukan lagi hanya sebuah kolam pemancingan, tetapi juga sebagai kawasan wisata alam yang menakjubkan. Pemberdayaan potensi wisata Situ Ciseupan diyakini akan memberi dampak positif untuk warga sekitar, khususnya dalam bidang ekonomi. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »