Ratusan Rumah Warga Desa Muara dan Tanjungtiga Blanakan Terendam Banjir, Kali Ciasem Meluap

Banjir Muara Kali Ciasem merendam sebagian pemukiman warga di Dusun Sindanglaut Desa Muara, dan juga Dusun Tanjunglaut Desa Tanjungtiga, Kecamatan Blanakan, Subang, Jawa Barat. Tak hanya rumah warga di kawasan Muara Kali Ciasem, banjir juga ikut merendam areal sawah termasuk tambak budidaya ikan dan udang.
Banjir di Desa Tanjungtiga dan Muara Blanakan
DOTGO.ID. Blanakan. Banjir yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang masih terus mengguyur wilayah Subang juga turut merendam sebagian besar wilayah Desa Muara dan Desa Tanjungtiga di Kecamatan Blanakan.

Selain hujan yang masih terus turun, banjir di sebagian wilayah Desa Muara dan Tanjungtiga ini juga diperparah dengan meluapnya sungai Ciasem, terutama di sekitar blok atau Dusun Sindanglaut I, dan Dusun Tanjunglaut.

Tak hanya rumah-rumah warga di kawasan Muara Kali Ciasem, banjir ini juga turut merendam areal pertanian, termasuk tambak budidaya ikan dan udang.

Menurut beberapa warga, banjir di Desa Muara dan Tanjungtiga khususnya di sekitar Dusun Sindanglaut I dan Tanjunglaut ini tak hanya disebabkan oleh tingginya curah hujan, tetapi juga karena luapan Kali Ciasem.

Hingga Selasa (25/02/20) sore ini, debit air di kawasan Muara Kali Ciasem masih cukup tinggi, dan masih merendam sebagian pemukiman warga di Desa Muara dan juga Desa Tanjungtiga.

Selain rumah penduduk, ruas jalan desa juga sebagian ikut terendam. Tak sedikit kendaraan roda dua (motor) yang mogok saat memaksa menerjang genangan air banjir.

Tak hanya kawasan pemukiman warga, sebagian area pertanian juga turut terendam. Cukup banyak lahan sawah yang baru saja tanam lantas terendam banjir.

Selain lahan pesawahan, kawasan tambak budidaya ikan dan udang juga tak luput dari banjir. Sebagian pemilik tambak yang merasa khawatir banjir akan terus membesar lantas terpaksa memanen tambak meski belum waktunya.

Menurut Kasan Kobel seorang warga Dusun Sindanglaut I, banjir kali ini terbilang yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

"Banjir sudah masuk ke rumah-rumah warga terutama di Dusun Sindanglaut Desa Muara. Areal sawah dan tambak juga sebagian ikut terendam. Tapi banjir bawa berkah untuk anak-anak, mereka malah asyik bermain di air banjir," ujar Kasan Kobel.

Sementara Kepala Desa Tanjungtiga bersama unsur TNI - Polri langsung turun ke lokasi banjir di Dusun Tanjunglaut, untuk meninjau langsung dan juga menyalurkan bantuan.

Kepala Desa (Kades) Tanjungtiga sendiri berharap pemerintah Kabupaten Subang dari dinas terkait bisa segera turun tangan untuk bisa segera meminimalisir dampak banjir yang lebih besar.

Kepada tim kontributor dotgo.id, Kepala Desa Tanjungtiga yang akrab disapa Lurah Sukur ini menyebutkan, banjir kali ini terbilang yang terbesar dalam rentang waktu 5 tahun terakhir terakhir.

"Banjir di akhir Februari 2020 ini yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Ini seperti siklus 5 tahunan. Sebelumnya juga pernah ada banjir yang lebih besar di akhir tahun 2013 hingga awal tahun 2014."
Banjir di Desa Muara dan Tanjungtiga Blanakan
Hingga kabar ini dirilis, kondisi sebagian pemukiman warga di kedua desa masih nampak terendam banjir. Debit air di kawasan Muara Kali Ciasem juga nampak masih cukup tinggi. baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Ratusan Rumah Warga Desa Muara dan Tanjungtiga Blanakan Terendam Banjir, Kali Ciasem Meluap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel