Daftar Provinsi di Pulau Jawa Nama Ibukota, Luas Wilayah dan Populasi Penduduknya

Provinsi di Pulau Jawa terbagi menjadi enam wilayah provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pulau Jawa sendiri menjadi pulau yang memiliki populasi penduduk paling padat di Indonesia, meski wilayahnya tak seluas pulau Sumatera, Papua, atau pun Kalimantan.
Daftar nama Provonsi di pulau jawa dan ibukotanya
Daftar Nama Provinsi di Pulau Jawa dan Ibukotanya
DOTGO.ID. Provinsi. Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia yang berada di bagian sisi tengah - selatan wilayah nusantara. Pulau Jawa berbatasan dengan Samudera Hindia di bagian selatan, Pulau Sumatera di Barat, Laut Jawa di Utara, dan pulau Bali di Timur.

Karena letaknya yang sangat strategis, Pulau Jawa ini pernah menjadi jalur utama perdagangan. Sejak dahulu kala, Pulau Jawa selalu menjadi pusat perlintasan pelayaran (niaga).

Sejak Indonesia merdeka, wilayah Pulau Jawa yang di era kolonial terbagi dalam beberapa Karesidenan ini lantas dibentuk atau dibagi menjadi beberapa daerah provinsi.

Hingga saat ini, ada enam provinsi di Pulau Jawa, yakni Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Provinsi Ibu Kota Luas Pulau
Banten Serang ± 9.600 KM² Jawa
DKI Jakarta Jakarta ± 700 KM² Jawa
Jawa Barat Bandung ± 35.380 KM² Jawa
Jawa Tengah Semarang ± 32.900 KM² Jawa
Jawa Timur Surabaya ± 47.800 KM² Jawa
Yogyakarta Yogyakarta ±3.130 KM² Jawa
Provinsi Banten:
  • Banten adalah provinsi termuda yang ada di Jawa. Banten yang berada di ujung barat pulau Jawa ini memiliki populasi penduduk sekitar 12 juta jiwa (sensus terakhir)
  • Wilayah Banten sendiri terbagi menjadi 4 wilayah kota dan 4 kabupaten, dengan sekitar 40 kecamatan dan 350 kelurahan dan atau desa. 
  • Banten yang berbatasan dengan DKI Jakarta ini memiliki kode telepon wilayah 0252 sampai dengan 0257 dan juga 021. Untuk tanda nomor kendaraan adalah A dan B (berbatasan dengan DKI).
Daerah Khusus Ibukota Jakarta:
  • Jakarta adalah salah satu provinsi di Jawa yang juga menjadi ibukota dari Indonesia. Di era kolonial, Jakarta atau Batavia adalah tempat kedudukan dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda.
  • Jakarta yang memiliki populasi sekitar 10 juta jiwa ini menjadi daerah dengan sebaran penduduk terpadat, jika melihat dari luas totalnya yang hanya sekitar 700 kilo meter per segi.
  • Jakarta memiliki kode telepon 021, sementara tanda nomor kendaraan adalah B.
Provinsi Jawa Barat:
  • Jawa Barat adalah sebuah provinsi yang beribukota di Bandung. Populasi penduduk Jawa Barat yang mayoritas beretnis Sunda ini diperkirakan mencapai 48 juta jiwa lebih. Jabar memiliki semboyan Gemah Ripah, Repeh, Rapih.
  • Kode telepon wilayah Jawa Barat adalah 022, 0231, 0232, 0233, 0234, 0251, 0260 sampai dengan 0267. Sementara untuk tanda nomor kendaraan adalah D, F, T, E, Z dan juga B (sebagian Bogor, Depok dan Bekasi).
Provinsi Jawa Tengah:
  • Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di Jawa dengan jumlah populasi sekitar 34 juta jiwa, yang tersebar di 6 wilayah kota, dan 29 kabupaten. Pusat pemerintahan atau Ibukota Jawa Tengah berada di Kota Semarang.
  • Kode telepon wilayah Jawa Tengah adalah 024, 0356, dan 0271 sampai dengan 0299. Sementara tanda nomor kendaraan di Jateng adalah H, K, G, R, AD, dan AA.
Provinsi Jawa Timur:
  • Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang berada di bagain paling timur Pulau Jawa, dan beribukota di Kota Surabaya. Populasi penduduk Jawa Timur sendiri sekitar 39 juta jiwa, yang tersebar di 9 kota, dan 29 kabupaten.
  • Kode telepon wilayah Jawa Timur adalah 031 (Surabaya), dan 0321 sampai dengan 0358. Tanda nomor kendaraan di Jawa Timur adalah L, N, M, W, S, AG, AE, dan P.
Daerah Istimewa Yogyakarta:
  • Yogyakarta adalah sebuah daerah yang memiliki status khusus dan istimewa. Berbeda dengan daerah provinsi lain di Indonesia, Yogyakarta dipimpin oleh Sultan yang juga sekaligus sebagai gubernur. Jabatan Sultan Yogya sendiri berlangsung secara turun temurun.
  • Pasca Indonesia merdeka, Kesultanan Yogyakarta yang saat itu masih menjadi negara (kesultanan) berdaulat lantas memilih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan status khusus sebagai daerah istimewa seperti saat ini.
  • Populasi penduduk Yogyakarta yang tersebar di wilayah Kota Yogya dan 4 wilayah kabupaten ini berjumlah sekitar 3,7 juta jiwa. Tanda nomor kendaraan di Yogya adalah AB, sementara kode teleponnya adalah 0274.
Selain enam provinsi tersebut di atas, sudah cukup lama terdengar adanya wacana pembentukan provinsi baru salah satunya di Jawa Barat khususnya di daerah pesisir utara seperti Cirebon, Indramayu, Subang dan Karawang hingga Kuningan. baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Daftar Provinsi di Pulau Jawa Nama Ibukota, Luas Wilayah dan Populasi Penduduknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel