Leasing: Libur Cicilan Masih Belum Berlaku, Harus Tetap Bayar Angsuran Saat Jatuh Tempo

Angsuran (cicilan) kredit kendaraan terutama roda dua (motor) disebut akan mendapat relaksasi (penundaan) selama setahun, akibat merebaknya wabah virus corona COVID-19. Namun kabarnya, libur cicilan khususnya bagi ojek online tersebut masih belum berlaku.
Penundaan Angsuran dan Penurunan Bunga Kredit Motor belum berlaku
Program Penundaan Cicilan Masih Belum ada Aturan
Finance. Pelaku transportasi online khusunya ojek online (ojol) dikabarkan mengeluh karena program relaksasi (penundaan) angsuran atau cicilan kredit kendaraan ditolak oleh pihak leasing (perusahaan pembiayaan).

Seperti diberitakan detik.com, ada beberapa orang ojek online yang mengeluh karena ditolak oleh pihak leasing saat mengajukan penundaan cicilan.

Padahal dalam pidatonya, Presiden Jokowi dengan jelas menyebut bahwa pelaku transportasi online yang sedang nyicil motor dan mobil, petani yang sedang kredit traktor, nelayan yang sedang kredit perahu, dan juga UMKM akan mendapat keringanan berupa penundaan cicilan selama satu tahun.

Selain relaksasi atau penundaan cicilan, dalam pidatonya Presiden Joko Widodo juga menegaskan, debt kolektor yang mewakili pihak leasing dilarang untuk menagih dan mendatangi rumah para debitur.

Menyikapi persoalan tersebut,  Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menyebutkan, pihaknya bukan menolak, akan tetapi masih menunggu aturan turunan dari program penangguhan cicilan tersebut.

Menurut Suwandi, pihaknya masih menunggu aturan dan juga apa saja yang harus dilakukan terkait program restrukturisasi tersebut. "Masih menunggu dari OJK terkait (aturan) apa saja yang harus kami jalankan," ujar Suwandi kepada detik.com.

Selain masih menunngu aturan jelas dari OJK, Suwandi juga menyebut pihak leasing memiliki penilaian objektif, hingga bisa saja pengajuan (libur) penundaan cicilan tersebut ditolak, karena debitur dianggap tetap mampu bayar angsuran.

Secara kebetulan, admin sendiri masih memiliki sisa kewajiban (cicilan) beberapa bulan di Adira Finance cabang Pamanukan Subang.

Saat dihubungi, salah satu karyawan Adira Finance Pamanukan langsung mengirim berita pengumuman melalui pesan whatsap.
  • Pelanggan Adira Finance yang terhormat, terkait pengumuman pemerintah tentang program keringanan angsuran bagi pelanggan yang terdampak COVID-19, saat ini kami sedang berkoordinasi dengan asosiasi dan OJK untuk petunjuk dan pelaksanaan program tersebut. 
  • Program tersebut hanya akan berlaku bagi pelanggan yang memenuhi syarat sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari OJK. Sebelum adanya petunjuk pelaksanaan tersebut, mohon agar tetap melakukan pembayaran angsuran sesuai tanggal jatuh tempo yang berlaku. Salam Sahabat.
Begitulah bunyi pengumuman resmi dari manajemen Adira Finance yang kami terima dari salah satu karyawan Adira Pamanukan Subang, Jawa Barat.
Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat
Dan karena hingga kini petunjuk pelaksanaan (juklak) dari program penangguhan cicilan masih belum resmi dikeluarkan oleh OJK, maka para debitur masih tetap diwajibkan untuk bayar cicilan. baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Leasing: Libur Cicilan Masih Belum Berlaku, Harus Tetap Bayar Angsuran Saat Jatuh Tempo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel