Macet Jalan Purwadadi Subang Saat Masuk Jam Kerja Pabrik Industri Garment, Tanda Ekonomi Makin Berkembang?

Macet pabrik garmen Purwadadi Subang adalah rutinitas harian yang sudah biasa berlangsung saat masuk jam kerja, atau pun saat jam pulang kerja. Tak hanya di Jalan Purwadadi - Kalijati Subang, suasana tak kalah ramai dan kadang lebih macet juga terjadi di Jalan Subang - Cipaku Cibogo di sekitar PT Taekwang.
Jalan Purwadadi Subang Macet saat jam masuk kerja karyawan buruh pabrik
DOTGO.ID. Purwadadi. Macet saat masuk jam kerja pabrik khususnya industri garment di sekitar wilayah Purwadadi Subang adalah hal biasa yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Setiap harinya, puluhan ribu pekerja (buruh) yang didominasi oleh kaum perempuan ini akan berbondong bondong menuju pabrik atau industri tempat mereka bekerja di sekitar Jalan Raya Purwadadi - Kalijati Subang, Jawa Barat.

Selain buruh pabrik di Purwadadi yang mayoritas biasa memakai roda dua (motor), sebagian juga biasa menggunakan jasa mobil carteran termasuk bak terbuka, dan juga bus karyawan yang disediakan oleh pabrik tempat mereka bekerja.

Karenanya, suasana di Jalan Raya Purwadadi - Kalijati ini sangat ramai sejak mulai jam 05.00 pagi. Suasana akan kembali normal saat semua buruh pekerja pabrik sudah masuk dan mulai bekerja.

Keramaian di sepanjang Jalan Purwadadi - Kalijati Subang ini akan kembali terjadi saat memasuki jam istirahat siang, saat ribuan kaum wanita keluar beristirahat dan bersantap (makan) siang.

Hampir di sepanjang ruas Jalan Purwadadi ini akan dipenuhi oleh kaum pekerja yang berlalu lalang untuk menuju warung makan atau pun gerai kaki lima yang menyediakan makanan dan minuman.

Pada sekitar pukul 13.00 WIB atau jam 1 siang, suasana keramaian dan lalu lintas akan kembali normal karena sebagian besar buruh pabrik di Purwadadi Subang ini sudah kembali masuk bekerja.

Keramaian dan lalu lintas akan kembali padat saat masuk jam pulang kerja pada sekitar pukul 17.00 WIB atau jam 5 sore. Saat jam pulang kerja pabrik, suasana di Jalan Raya Purwadadi ini akan jauh lebih ramai, dan bahkan kadang macet cukup parah.

Saat jam masuk kerja, para buruh dan karyawan akan langsung masuk pabrik, pun begitu dengan para pengentar (biasanya suami, saudara atau ayah) yang akan langsung pulang.

Namun saat jam pulang kerja, para penjemput biasanya akan datang lebih awal lalu menunggu di sekitar kawasan pabrik. Karenanya, lalu lintas di sekitar area pabrik kadang macet cukup parah.

Pada saat-saat tertentu, antrian roda dua (motor) penjemput akan mengulur panjang, karena saking banyaknya para suami yang sedang menunggu isteri tercinta keluar dari pabrik.

Terlebih, di sepanjang ruas Jalan Purwadadi yang menjadi akses utama menuju wilayah Ciasem Sukamandi dan Kalijati ini sendiri memang ada cukup banyak pabrik dengan ribuan buruh pekerjanya.

Pabrik tersebut di antaranya adalah PT Willbes Global, PT Handsome, Buma Appareal dan puluhan pabrik lain, termasuk beberapa pabrik selain industri garment.

Meski dianggap sebagai penyebab kemacetan oleh sebagian orang, namun geliat pabrik dan industri di wilayah Kecamatan Purwadadi Subang ini justeru memberi dampak ekonomi yang sangat signifikan.
Macet di Jalan Purwadadi Saat Masuk Jam Kerja Pabrik
Karena keberadaan pabrik dan atau industri tersebut, taraf ekonomi sebagian warga Subang kini bisa lebih berkembang? Puluhan ribu buruh yang bekerja pun sebagian di antaranya adalah tulang punggung ekonomi bagi keluarganya. baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Macet Jalan Purwadadi Subang Saat Masuk Jam Kerja Pabrik Industri Garment, Tanda Ekonomi Makin Berkembang?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel