Ban Tubeless Yamaha NMAX Baru 'Wajib' Diisi Dengan Nitrogen Agar Lebih Nyaman Saat Dikendarai

Motor. Yamaha NMAX 155 CC, belakangan menjadi trend setter skuter matic (skutik) di tanah air. Skutik gambot pabrikan Yamaha ini menjadi salah satu primadona bagi para pecinta motor matic. Dengan tongkrongan khas skuter besar Eropa, NMAX sendiri memang masih terbilang jarang mengaspal di jalanan Indonesia.
Dengan nitrogen yamaha nmax lebih empuk
Nitrogen untuk ban tubeless Yamaha NMAX baru
Sementara pihak Yamaha sendiri mengaku sangat kewalahan memenuhi permintaan pasar. Demand yang cukup tinggi sementara kapasitas produksi yang terbatas, membuat para calon konsumen harus rela mengantri hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan skuter premium idamannya tersebut.

Namun demikian, meski memiliki power besar dan akselarasi terbaik di kelasnya, tetap saja ada sisi kelemahan dari Yamaha NMAX tersebut.

Adalah suspensi belakang NMAX yang banyak dikeluhkan oleh sebagain penggunanya terutama mereka yang sering melibas jalan rusak dan bergelombang khas di pedesaan Indonesia.

Bagi para pengguna yang mengutamakan kenyamanan, selain mengganti parts shockbreaker belakang dengan produk lain yang direkomendasikan, mengganti tekanan atau isi angin dengan nitrogen juga sangat dianjurkan.

Selain menjadi lebih awet karena tetap dingin meski dikendarai hingga ratusan kilometer, ban dengan isi nitrogen juga menjadi empuk dan lebih nyaman untuk dikendarai.

Mengganti isi tekanan ban untuk Yamaha NMAX yang baru keluar dari delaer juga 'wajib' hukumnya karena Yamaha sendiri konon selalu mengisi ban NMAX dengan tekanan angin yang penuh. Hal tersebut dilakukan agar ban tubeless (baca: tubles) baru NMAX bisa presisi atau ngepas dengan velg.

Untuk ukuran, seperti tertera di dalam bagasi, ban Yamaha NMAX harus diisi dengan tekanan 22 psi untuk ban depan, dan 36 psi untuk ban belakang. Ukuran tersebut berlaku untuk nitrogen ataupun angin biasa.

"Nitrogen menggunakan udara murni dengan hampir tanpa kandungan air yang membuat ban lebih awet dan lebih nyaman dikendarai. Kalau angin biasa masih banyak mengandung air dan membuat ban lebih berat apalagi kalau berkendara dalam udara panas. Intinya, nitrogen lebih nyaman dan aman," ujar seorang penjaga stand pengisian nitrogen di SPBU Warung Nangka, Ciasem, Subang, Jawa Barat.

Pria berusia 30-an tersebut juga mengatakan, sebelum diisi dengan nitrogen tekanan angin biasa yang sebelumnya ada dalam ban harus dikuras habis atau divacum. "Angin yang tersisa dalam ban harus dikuras habis untuk membuang gas dan sisa kandungan air. Setelah itu, baru kita isi nitrogen."

"Untuk hasil yang maksimal, dua bulan sekali angin (nitrogen) yang ada dalam ban harus dikuras habis dan diisi dengan yang baru," sambungnya.

Selain sangat direkomendasikan untuk kendaraan roda empat, mengganti tekanan angin dengan nitrogen juga kini menyasar para pengguna sepeda motor. Beberapa pengendara mengaku, sepedah motor dengan tekanan ban mengandung nitrogen lebih nyaman dikendarai dan mudah berakselarasi.

Setelah diganti dengan nitrogen, Yamaha NMAX geberan dotgo.id sendiri terasa lebih empuk dan nyaman saat dikendarai. Skutik gambot berkelir hitam tersebut melaju dengan mulus dan terasa sangat mudah bermanuver diantara truk-truk besar yang sedang melaju di jalan Pantura Subang.
Nitrogen sendiri memang memiliki beberapa keunggulan dari angin biasa, yang membuatnya sangat direkomendasikan untuk menjaga kenyamanan dan usia ban. Berikut ini adalah kelebihan nitrogen dari angin biasa:
  • Ban lebih awet dan tahan lama, lebih jarang menambah angin
  • Tekanan ban tetap stabil, daya cengkram di aspal lebih kuat
  • Hemat BBM, karena laju kendaraan terasa lebih enteng menggunakan ban berisi nitrogen
  • Keselamatan lebih terjamin, tidak perlu takut ban meledak di jalan
  • Ban menjadi lebih awet dan terjaga
Meski nitrogen sendiri dibanderol sedikit lebih mahal dari angin biasa, namun harga yang ditebus sangat sepadan jika pengendara ingin mendapat kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Ban Tubeless Yamaha NMAX Baru 'Wajib' Diisi Dengan Nitrogen Agar Lebih Nyaman Saat Dikendarai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel