Pantai Santolo Garut, Salah Satu Tujuan Utama Wisata Pantai di Pesisir Selatan Jawa Barat

Pantai Santolo Garut, adalah salah satu pantai yang telah menjadi destinasi wisata populer di pesisir selatan Jawa Barat. Bersama beberapa kawasan wisata pantai di Jawa Barat dan Banten seperti Pangandaran, Cipatujah, pantai Carita hingga Anyer, Santolo adalah salah satu tujuan utama para wisatawan yang hendak menikmati keindahan dan dahsyatnya gelombang laut selatan. Berlokasi di kecamatan Cikelet, Pantai Santolo berjarak sekitar 80 kilo meter dari pusat kota Garut. Selain itu, Santolo juga berdekatan dengan salah satu kota kecamatan terbesar di Garut selatan yakni Pameungpeuk.
Pantai santolo garut, wisata pantai populer di pesisir laut selatan jawa barat pameungpeuk
Pantai Santolo Garut, pantai Indah di pesisir selatan Jawa Barat
DOTGO.ID. Wisata. Garut, adalah salah satu daerah kabupaten di Jawa Barat yang cukup populer karena selain sebagai daerah penghasil utama sayuran, Garut juga dikenal dengan tradisi adu ketangkasan domba yang cukup melegenda. Selain itu, letak geografis Garut yang berada di bagian tengah-selatan Jawa Barat ini juga memiliki potensi wisata yang cukup besar baik itu wisata alam maupun wisata pantai. Didominasi oleh lanskap pegunungan hingga ke pesisir selatan, tentunya Garut memiliki destinasi wisata pantai yang cukup eksotis salah satunya Pantai Santolo.

Pantai Santolo yang lokasinya hanya belasan kilo meter dari kota Pameungpeuk ini adalah salah satu wisata pantai yang menjadi tujuan utama bagi masyarakat Garut dan sekitarnya. Menjelang akhir pekan atau musim liburan, kawasan Pantai Santolo biasanya akan selalu dipenuhi oleh para pengunjung baik itu masyarakat Garut sendiri maupun para wisatawan yang datang dari berbagai daerah terutama dari seputaran Jawa Barat.

Selain sebagai kawasan wisata, Pantai Santolo juga merupakan salah satu tempat berkumpulnya nelayan tradisional yang dalam waktu mendatang akan diintegrasikan dengan perkembangan wisata Santolo yang indah tersebut. Rencananya, pemerintah setempat akan terus berupaya untuk mengembangkan kawasan Santolo sebagai daerah wisata sekaligus meningkatkan produktifitas hasil tangkapan laut para nelayan.

Saat memasuki kawasan Santolo, wisatawan memang akan melihat langsung keberadaan dermaga yang merupakan tempat bersandar perahu-perahu milik nelayan di kawasan tersebut. Selain melaut untuk menangkap ikan, para nelayan juga melayani para wisatawan yang ingin menyeberang menuju Pulau Santolo. Pualu Santolo sendiri adalah sebuah pulau yang didominasi oleh batuan karang dan hanya dibatasi oleh sebuah sungai atau laguna dari daratan utama.

Selain dermaga yang digunakan saat ini, nampak pula dermaga lama dalam kondisi rusak di sebelah selatan yang merupakan peninggalan era kolonial Belanda. Menurut seorang petugas, sebelumnya nelayan Santolo bersandar di dermaga lama yang lokasinya di pulau Santolo. Lalu pada sekitar tahun 1980-an dermaga baru dibuat dan kini dipergunakan.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai selatan yang asri, pengunjung memang harus menyeberang dan melihat langsung dari pulau Santolo. Berbeda dengan pantai yang ada di daratan utama yang selalu berombak, pantai di pulau Santolo sangat tenang karena tertahan oleh batuan karang yang jaraknya memanjang hingga beberapa ratus meter ke lepas pantai. Uniknya, selain tak berombak dasar pantai di pulau Santolo juga tak berpasir karena terdiri batuan. Bagi sebagian pengunjung, pantai di pulau Santolo ini layaknya kolam renang alam yang cukup nyaman dan aman untuk mandi atau berenang.

Bagi para wisatawan yang merasa kelelahan dan berniat untuk menginap, di kawasan ini juga disediakan pemondokan atau losmen dengan tarif yang cukup bersahabat. Tak hanya di sekitar pantai Santolo, cukup banyak pula penginapan maupun hotel yang berjejer di sepanjang jalan antara Pameungpeuk hingga kawasan pantai. Selain itu, cukup banyak pula para penjual cinderamata di area wisata pantai Santolo.

Bagi para penggemar sea food, tentunya bisa menikmati aneka hidangan ikan segar yang biasanya disajikan dengan cara dibakar. Menikmati hidangan ikan bakar yang segar sambil menikmati panorama dan deburan ombak laut selatan, tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pantai Santolo memang tempat yang ideal untuk berwisata sekaligus melepas kepenatan.

Untuk menuju kawasan Pantai Santolo, wisatawan bisa mengambil rute kota Garut-Pameungpeuk sejauh kurang lebih 88 km. Selain bisa diakses dari pusat kota Garut, Pantai Santolo juga bisa diakses dari Kabupaten Bandung baik dari Ciwidey maupun Pangalengan. Jika dari arah Ciwidey, bisa melalui jalur Cianjur Selatan via Naringgul-Rancabuaya. Jika dari arah Pangalengan, bisa dilalui melalui rute Garut Selatan atau garsela via Cisewu-Rancabuaya-Cikelet.

Berbeda dengan jalur utama kota Garut-Pameungpeuk, perjalanan menuju Santolo baik dari arah Ciwidey maupun Pangalengan ini terbilang menantang. Dikedua jalur tersebut, kondisi jalan yang cukup sempit ini akan didominasi oleh tikungan, tanjakan dan juga turunan yang terbilang cukup ekstrim. Bahkan di beberapa titik, ada jalur maut yang kerap menimbulkan kecelakaan yang sering merenggut korban salah satunya adalah Tanjakan Penganten.

Namun demikian, perjalanan menuju Pantai Santolo via Pangalengan atau Ciwidey yang cukup menantang ini akan memberi kesan tersendiri bagi yang gemar menjelajah. Meski mungkin terasa lelah karena kondisi jalan yang tak biasa, namun semua itu akan terbayar lunas karena bentang alam yang masih asri dan bahkan terkesan mistis. Garut selatan, memang dikenal memiliki bentang alam yang cukup ekstrim dan menantang.
Selain Pantai Santolo sebagai yang paling populer, tentunya wisatawan juga bisa mencoba untuk mengunjungi tempat-tempat lain di sepanjang pesisir selatan Garut seperti Pantai Sayang Heulang atau Guha Lalay (Gua Kelelawar). Terlebih, saat ini sudah ada Jalan Pantai Selatan yang merupakan jalan provinsi yang cukup mulus dan menghubungkan pesisir selatan Garut, Cianjur, hingga Sukabumi. mch/baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Pantai Santolo Garut, Salah Satu Tujuan Utama Wisata Pantai di Pesisir Selatan Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel