Palang Pintu Kereta Api Purwadadi, Pintu Perlintasan Kereta Api di Jalan Raya Purwadadi-Sukamandi

Pintu perlintasan kereta api Purwadadi, adalah satu dari tiga pintu perlintasan utama kereta api yang ada di wilayah kabupaten Subang, Jawa Barat. Pintu perlintasan kereta api di kecamatan Purwadadi ini bersinggungan langsung dengan salah satu jalan utama yang menghubungkan wilayah utara, tengah dan Subang bagian selatan.

Selain di Purwadadi, perlintasan kereta api utama lainnya adalah palang pintu di Pagaden yang menghubungkan wilayah Pamanukan dan pusat kota Subang, dan palang pintu di Pabuaran yang menjadi akses daerah kecamatan Patokbesi, Pabuaran dan Cipeundeuy. Selain pintu perlintasan, di kawasan ini juga ada sebuah stasiun kereta api yakni Stasiun Kereta Api Purwadadi.
Palang pintu kereta api purwadadi subang, dekat stasiun purwadadi
Palang pintu kereta api Purwadadi Subang
DOTGO.ID. Palang pintu kereta api Purwadadi, adalah sebuah portal otomatis yang menjadi peringatan bagi warga dan pengendara yang sedang melintas di jalur utama Sukamandi Ciasem-Purwadadi dan Kalijati. Saat bel berbunyi dan palang pintu mulai diturunkan, para pengendara baik roda dua, roda empat bahkan pejalan kaki harus berhenti karena dalam beberapa saat kereta api baik dari arah barat maupun timur akan segera melintas.

Setiap harinya, palang pintu kereta api di Purwadadi ini selalu ramai oleh para pengendara yang berlalu lalang baik dari arah utara yakni dari daerah Ciasem ataupun dari arah selatan yang datang dari daerah Purwadadi, Kalijati dan sekitarnya. Menjelang senja saat bubar kerja, perlintasan jalur kereta api ini akan bertambah ramai karena ribuan karyawan yang bekerja di kawasan industri di sekitar Purwadadi akan bergerak ke arah utara untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Selain ramainya kendaraan baik roda dua maupun empat, pengendara yang melintas di palang pintu kereta api Purwadadi juga harus ekstra waspada karena sesekali ada kendaraan truk berat hingga traktor yang ikut melintas. Selain truk besar yang mengangkut tebu ke pabrik gula PG Rajawali, terkadang pengendara akan berpapasan dengan traktor penggarap lahan tebu yang ukurannya lumayan besar dan lebar. Terlebih, kondisi jalan di pintu kereta api purwadadi ini juga terbilang cukup sempit.

Selain mobilitas truk besar dan traktor PG Rajawali, Jalan Raya Purwadadi-Sukamandi juga selalu ramai oleh truk angkutan berat khususnya pengangkut tanah, pasir kadang batu. Truk besar yang akan mengangkut tanah ke daerah Pantura khususnya wilayah kecamatan Ciasem, Patokbesi dan sekitarnya ini akan melalui jalan Purwadadi-Sukamandi sebagai rute utamanya.

Selain truk angkutan, kepadatan di Jalan Raya Purwadadi juga akan semakin menjadi-jadi saat bus angkutan karyawan mulai bergerak secara perlahan karena banyaknya karyawan yang turun di sepanjang perjalanan. Saat jam pulang kerja, ribuan karyawan pabrik khususnya garmen yang tak membawa kendaraan akan diangkut menggunakan bus menuju daerah utara di sekitar wilayah Ciasem, Patokbesi hingga Blanakan.

Palang pintu kereta api Purwadadi sendiri berlokasi tak jauh dari Stasiun Kereta Api Purwadadi atau hanya beberapa ratus meter dari Polsek Purwadadi. Jika dari arah utara atau arah Sukamandi Ciasem, pintu perlintasan ini berjarak sekitar 2 kilo meter dari kawasan Warung Jhon atau kurang lebih 100 meter dari PG Rajawali Subang.
Saat ini, jalan raya Purwadadi yang menghubungkan wilayah Kalijati di selatan dan daerah Ciasem di bagian utara ini terbilang cukup baik. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, mayoritas jalan di kawasan ini sudah diperbaiki dengan pengecoran. Pasca Tol Cipali beroperasi, ruas jalan di kawasan ini juga semakin ramai karena keberadaan Gerbang Tol Kalijati. mch/baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Palang Pintu Kereta Api Purwadadi, Pintu Perlintasan Kereta Api di Jalan Raya Purwadadi-Sukamandi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel