ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Restoran Simpang Raya, Sejarah Restoran Padang Dengan Banyak Cabang di Berbagai Kota di Indonesia

On April 01, 2018 with No comments

Restoran Simpang Raya, adalah salah satu restoran masakan khas Padang yang paling populer dan banyak membuka cabangnya di berbagai tempat baik di DKI Jakarta maupun beberapa kota di Jawa Barat-Banten, dan bahkan hingga kota-kota lain di pulau Jawa. Rumah makan yang dirintis oleh Alm. Muhammad Noor Datukmaharajo di kota Bukit Tinggi ini bahkan sudah membuka beberapa cabangnya hingga ke luar Pulau Jawa. 

Awal mula perkembangan Restoran Simpang Raya di luar Sumatera sendiri adalah di daerah Cipanas Cianjur, yang dirintis oleh H. Noersal Zainuddin yang merupakan saudara dari pendiri Simpang Raya yang bekerjasama dengan H. Safwi Awih selaku pemilik lahan di daerah Cipanas. Sejak itu, Simpang Raya mulai dikenal luas sebagai rumah makan khas Padang paling direkomendasikan.
Restoran simpang raya rumah makan padang paling banyak cabang di indonesia
Restoran Simpang Raya, Istana Ayam Pop
DOTGO.ID. Kuliner. Simpang Raya, adalah satu dari beberapa restoran khas Padang yang paling dikenal publik di beberapa kota besar di Indonesia. Rumah makan Minang yang kini dikelola secara profesional ini sangat mudah ditemui di berberapa tempat di DKI, Jawa Barat, Banten, sebagian Jawa bahkan hingga ke beberapa kota di kepulauan nusantara. Salah satu menu andalan dari Restoran Simpang Raya sendiri adalah Ayam Pop.

Restoran Simpang Raya adalah sebuah rumah makan yang dirintis oleh Muhammad Noor Datukmaharajo yang berdarah asli Minang. Pada akhir dekade 1970-an, Simpang Raya kemudian mencoba keberuntungan dengan membuka usaha rumah makan di daerah Puncak Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Melalui sebuah kerjasama dengan seorang pemilik lahan, Simpang Raya kemudian membuka usaha pertamanya di luar pulau Sumatera.

Setelah berjalan beberapa waktu dan mendapat sambutan cukup hangat dari masyarakat, pada tahun 1981 Simpang Raya kemudian mengembangkan usahanya di DKI Jakarta. Cabang Simpang Raya di DKI Jakarta ini dengan mudah dikenali publik karena sebelumnya cukup banyak warga DKI yang sedang berlibur di daerah Puncak dan sekitarnya yang sudah berlangganan makan di Simpang Raya Cipanas.

Sukses dengan cabang rumah makan pertama di daerah Kramat Raya, Simpang Raya lantas membuka beberapa cabang lain di DKI Jakarta seperti di Ancol dan juga di wilayah Depok tepatnya di Margonda Raya. Sejak itu, Restoran Simpang Raya terus berkembang dan banyak membuka cabang baru di seputaran Ibukota. Tak hanya di DKI Jakarta, Simpang Raya juga kemudian mengembangkan usahanya ke Ibukota Jawa Barat, yakni kota Bandung dengan membuka cabang pertama di Jalan Asia-Afrika, kemudian Jalan Ir Djuanda (Dago), Cipacing Rancaekek hingga ke Terusan Pasteur.

Tak hanya di pulau Jawa, Simpang Raya juga terus berekspansi dengan membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia hingga ke Kalimantan. Simpang Raya telah menjadi salah satu brand rumah makan Padang paling terkenal dan dianggap mewakili entitas masyarakat Minang dalam bidang kuliner. Saat ini, sangat mudah menemui keberadaan Restoran Simpang Raya di setiap sudut kota baik di DKI, Jawa Barat, Banten bahkan hingga di luar Jawa.

Saat Restoran Simpang Raya mulai sangat populer pada awal 1990-an, cukup banyak rumah makan Padang lain yang menggunakan nama dan juga logo Simpang Raya. Karenanya, pihak manajemen lantas berusaha untuk mempatenkan merk dan logo Simpang Raya agar tak disalah gunakan oleh pihak lain yang bisa berdampak buruk pada Restoran Simpang Raya yang asli. Untuk menjaga kualitas dan pelayanan, hak paten merk dan logo Simpang Raya kemudian didaftarkan ke Departemen Kehakiman.

Pada tahun 1993, Departemen Kehakiman (saat ini Departemen Hukum dan HAM) sendiri membuka kesempatan bagi para pelaku usaha untuk mempatenkan merk dagangnya. Pemilik Restoran Simpang Raya H. Noersal Zainuddin pun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan mendaftarkan hak paten nama dan logo Restoran Simpang Raya yang dikelolanya.

Di tahun yang sama, Departemen Kehakiman mengabulkan permohonan tersebut dengan mengeluarkan sertifikat hak cipta nama Restoran Simpang Raya dengan nomor pendaftaran ID000335797. Setelah merk, hak paten untuk logo Simpang Raya juga diterbitkan oleh Departemen Kehakiman dengan nomor pendaftaran 325730. Saat ini, nama Restoran Simpang Raya dengan logo Rumah Gadang dan tulisan Istana Ayam Pop di bawahnya telah dipatenkan.

Berbekal keuletan dan pelayanan terhadap para pelanggan, Restoran Simpang Raya kini telah menjelma menjadi salah satu rumah makan Padang paling populer. Bersama beberapa restoran Padang lain yang juga cukup populer diantaranya Restoran Sederhana, Restoran Simpang Raya adalah salah satu pilihan utama para penggemar kuliner atau masakan khas Minang.
Saat memasuki ke Restoran Simpang Raya, pengunjung akan langsung disapa dengan salam lalu dipersilahkan untuk memilih tempat duduk. Tak berapa lama, menu andalan Restoran Simpang Raya diantaranya ayam pop, gulai kepala ikan kakap, ayam goreng, ayam sayur, telor dadar dan perkedel, sambal hijau hingga kuliner khas Padang paling fenomenal yakni rendang daging siap disajikan. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »