Waspadai Daerah Rawan Kecelakaan di Jalan Pantura Subang, Kawasan Janem Salah Satunya

Jalan Pantura Subang, adalah salah satu ruas jalan yang terbilang rawan dan kerap menyebabkan kecelakaan. Selain karena faktor kelalaian atau human error, penyebab kecelakaan juga dipicu oleh kondisi jalan yang menikung atau masih adanya jalan yang berlubang di beberapa titik. 

Salah satu daerah rawan kecelakaan di Pantura Subang adalah di sekitar Jalan Enam atau yang lebih dikenal kawasan Janem. 

Selain Janem, ada beberapa titik di sekitarnya yang juga cukup rawan yakni sekitar Kecamatan Patokbesi, Jembatan Ciberes, Gempolsari dan Rawagebang.
Janem salah satu daerah rawan kecelakaan di Pantura Subang
DOTGO.ID. Jalan Pantai Utara (Pantura) merupakan Jalan Nasional I yang menjadi urat nadi dan akses terpenting di pulau Jawa. 

Jalan yang membentang di sepanjang pesisir utara dari ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa ini adalah salah satu jalur tersibuk dan terpadat di dunia. 

Jalan Pantura juga disebut jalur tengkorak atau jalur maut karena seringnya kecelakaan fatal yang terjadi di sepanjang ruas jalan ini.

Di Jawa Barat, salah satu ruas jalan yang terbilang cukup rawan adalah Jalan Pantura Subang. 

Di jalan yang memanjang beberapa puluh kilometer sejak perbatasan Karawang-Subang di sekitar Cikalong hingga perbatasan Indramayu di Kali Sewo ini terbilang sering terjadi kecelakaan yang beberapa diantaranya cukup fatal hingga menyebabkan korban meninggal.

Menurut data yang dirilis oleh Kepolisian, beberapa ruas jalan yang cukup sering menelan korban ini berada di wilayah Kecamatan Patokbeusi, Subang. 

Salah satunya adalah Jalan Enam atau yang lebih populer dengan sebutan Janem. Kawasan Jalan Enam atau Janem ini berada di sepanjang areal pesawahan dan terpisah dengan area pemukiman warga. 

Saat malam hari, kawasan Janem yang memang minim penerangan ini akan nampak gelap hingga pengendara terutama kendaraan roda dua harus lebih waspada. 

Hampir tak ada penerangan di kawasan Janem selain hanya lampu remang-remang yang berasal dari deretan Warung Janem yang berjejer di sepanjang sisi kiri kawasan jalan ini.

Selain kawasan Janem, ada beberapa titik ruas jalan di wilayah Patokbeusi yang harus diwaspadai oleh para pengendara khususnya kendaraan roda dua atau motor. 

Selain karena faktor human error yang mungkin saja disebebkan oleh kelelahan, kondisi jalan yang menikung, perbedaan tinggi jalan (karena bekas tambalan) dan atau masih adanya jalan yang rusak dan berlubang juga turut berpengaruh.

Selepas melewati wilayah perbatasan Karawang-Subang dan memasuki wilayah Kecamatan Patokbeusi, pengendara dihimbau untuk selalu berhati-hati. 

Cukup banyak faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan jika pengendara kurang waspada. 

Jika merasa lelah saat berkendara, sebaiknya menepi atau singgah di warung-warung yang berjejer di sepanjang kawasan Cibanggala hingga Janem di perbatasan Patokbesi - Sukamandi.

Menjelang Mudik Lebaran tahun 2018, pemerintah sendiri sedang melakukan upaya perbaikan diantaranya dengan mengaspal ulang, menambal jalan berlubang juga mengecat marka dan jalur pemisah jalan.
Daerah Rawan Kecelakaan di Jalan Pantura Subang Jabar
Meski Tol Cipali sudah beroperasi, namun Jalan Pantura diprediksi masih akan tetap dipadati oleh kendaraan pemudik khususnya roda dua atau motor. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Waspadai Daerah Rawan Kecelakaan di Jalan Pantura Subang, Kawasan Janem Salah Satunya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel