Terminal Cikampek yang Legendaris di Jawa Barat, Jadwal Keberangkatan dan Tarif Bus Dari Terminal Cikampek

Terminal Cikampek adalah terminal Tipe A yang sebelumnya menjadi salah satu terminal paling sibuk di Jawa Barat. Sebelum Tol Jakarta-Cikampek beroperasi, Terminal Cikampek yang berlokasi di akses Jalan Nasional I atau Jalan Pantura ini selalu disinggahi oleh banyak armada bus dari Jawa yang hendak menuju Jakarta atau sebaliknya.
Terminal cikampek jadwal keberangkatan dan tarif ongkos bus angkutan
Terminal Cikampek, Karawang, Jawa Barat
DOTGO.ID. Transportasi. Cikampek adalah sebuah kota kcamatan di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Cikampek yang berada persis di Jalan Nasional I (Jalan Pantura) ini menjadi salah satu kota tersibuk di Jawa Barat, karena lokasinya yang berada di jalur utama di perlintasan pesisir utara Jawa.

Dalam bidang transportasi, Cikampek merupakan daerah paling strategis karena menghubungkan wilayah barat, tengah dan timur pulau Jawa dengan wilayah Jakarta. Selain itu, Cikampek juga menjadi akses utama menuju Ibukota Jawa Barat, yakni Bandung.

Karenanya, di Cikampek sudah sejak lama ada sebuah terminal yang cukup dikenal yakni Terminal Cikampek. Meski tak terlalu besar, Terminal Cikampek adalah Terminal Tipe A, yang merupakan sebuah terminal utama.

Berbeda dengan Terminal Tipe B dan C, Terminal Tipe A sejatinya adalah terminal besar yang berfungsi sebagai tempat mangkal dan pemberhentian atau transit bagi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Terminal Cikampek adalah satu dari beberapa Terminal Tipe A yang ada di Jawa Barat..

Meski berstatus terminal A, namun kondisi Terminal Cikampek saat ini jauh dari kesan memadai seperti halnya terminal Tipe A di daerah lain. Terminal yang mulai beroperasi sejak diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Solihin GP pada 1974 ini sudah terlihat kurang memadai dan butuh segera untuk dikembangkan.

Selain bangunan kantor terminal, shelter yang merupakan area atau tempat tunggu untuk para penumpang pun terlihat sudah kurang layak. Sejak pertama kali beroperasi, shelter penumpang Terminal Cikampek ini memang belum pernah berubah dan hanya mendapat perawatan.

Kondisi Terminal Cikampek saat ini tentunya sangat kontras dengan kondisi beberapa puluh tahun sebelumnya, saat Tol Jakarta-Cikampek belum beroperasi. Saat kendaraan dari arah Jawa menuju Jakarta dan sebaliknya masih melalui Jalan Pantura, Terminal Cikampek merupakan terminal tersibuk di Jawa Barat.

Terlebih, Terminal Cikampek juga berada di jalur perlintasan menuju arah Purwakarta dan Bandung. Sejak beroperasinya Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipularang (Cikopo Padalarang), kondisi Terminal Cikampek pun mulai berubah.

Namun demikian, Terminal Cikampek masih tetap menampakan aktivitasnya karena masih menjadi terminal utama bagi sebagian warga yang hendak bepergian ke Jakarta dan beberapa kota di Jawa Barat. Jumlah penumpang di terminal ini pun masih cukup signifikan terutama pada hari senin.

Menurut seorang petugas, Terminal Cikampek yang berlokasi di daerah perlintasan Karawang, Purwakarta dan Subang ini memiliki potensi yang cukup besar karena berada di posisi segitiga atau perlintasan antara Purwakarta, Pantura Subang, dan Karawang.

Saat ini, di Terminal Cikampek sendiri terdapat sekitar 40 armada bus yang melayani para penumpang dengan tujuan Jakarta dan juga beberapa kota di Jawa Barat.

Selain Bus AKAP Warga Baru (termasuk Walet Biru), Bus Agra Mas, dan bus sedang yang melayani trayek Cikampek-Tasik, ada juga angkutan sejenis travel.

Bus Warga Baru dan Walet Biru sendiri melayani penumpang dengan tujuan Jakarta yaitu ke Terminal Tanjung Priok, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Kalideres. Para penumpang dengan tujuan Priok, Rambutan dan Kalideres ini jumlahnya terhitung paling banyak dibanding penumpang ke tempat lain.

Selain Warga Baru, ada juga Bus Agra Mas (Giri Indah) yang juga melayani rute Cikampek-Kampung Rambutan via Cikopo, dan Cikampek-Tanjung Priok via Cikopo.

Sementara bus (kecil) Budiman melayani trayek Cikampek-Tasikmalaya yang juga bisa dimanfaatkan oleh para penumpang dengan tujuan Sumedang dan Garut (via Wadoo) yang berada di jalur perlintasannya. Ada juga angkutan sejenis travel rute Cikampek-Bekasi yaitu Trans Bekasi.

Jadwal keberangkatan bus dari Terminal Cikampek sendiri dimulai sejak pukul 02.00 WIB pagi dini hari. Bus pertama akan langsung melayai penumpang yang sebagiannya adalah para pekerja dan pedagang.

Pada hari senin, jumlah penumpang dengan tujuan Jakarta di Termnal Cikampek bisa mencapai 900 orang lebih. Sementara jumlah penumpang di luar hari senin rata-rata mencapai 300-350 orang per hari.

Tarif atau ongkos bus dari Terminal Cikampek hingga Agustus 2018 sendiri berkisar antara Rp15.000 hingga Rp 50.000 tergantung jarak atau kota tujuan. Berikut ini adalah tarif bus dari Terminal Cikampek:
  • Warga Baru CKP-Rambutan via Cikopo Rp 15.000/AC Rp 20.000
  • Warga Baru CKP-Priok via Cikopo Rp 15.000/AC Rp 20.000
  • Warga Baru CKP-Kalideres via KRW Barat Rp 30.000
  • Agra Mas CKP-Rambutan via Cikopo Rp 15.000
  • Agra Mas CKP-Priok via Cikopo Rp 15.000
  • Trans Bekasi CKP-Bekasi Rp 13.000 (AKDP)
  • Budiman CKP-Tasik Rp 50.000 (AKDP)
Kabarna, Terminal Cikampek yang kini berada di bawah Kementerian tersebut rencananya akan direvitalisasi tahun depan. Revitalisasi Terminal Cikampek memang sangat dibutuhkan mengingat fungsinya sebagai terminal Tipe A. 

Sayangnya, akses masuk ke Terminal Cikampek yang juga menjadi akses ke Pasar Cikampek ini terlihat semerawut. Karena lokasinya yang bersebelahan dengan pasar, membuat lingkungan sekitar terminal kerap dipenuhi sampah.
Pada saat-saat tertentu, akses masuk ke Terminal Cikampek bahkan sering terhalang oleh para pedagang yang berjualan di sisi jalan. Calon penumpang harus berjalan sejauh 200 meter karena angkutan dari arah Sukaseuri terhambat saat masuk ke terminal. mch/baim
Soeara Rakjat Pecinta Seni, Budaya, dan Wisata

0 Response to "Terminal Cikampek yang Legendaris di Jawa Barat, Jadwal Keberangkatan dan Tarif Bus Dari Terminal Cikampek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel