ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Ganti Oli Yamaha NMAX Panduan dan Cara Servis Berkala Motor Matic Yamaha

On September 05, 2018 with 1 comment

Ganti oli Yamaha NMAX dilakukan pada 1.000 kilometer sejak pembelian pertama unit baru, lalu dilanjut pada kelipatan 4000 kilometer untuk penggantian oli berikutnya. Setelah servis dan penggantian oli pertama, maka panel instrumen NMAX akan direset agar indikator menyala secara otomatis pada setiap 4000 kilometer berikutnya.
Ganti oli mesin yamaha nmax sesuai standar yamaha
Servis berkala Yamaha NMAX 155
DOTGO.ID. Motor Plus. Waktu penggantian oli mesin Yamaha NMAX masih banyak dipertanyakan oleh para pemilik skuter matik (skutik) bongsor Yamaha tersebut. Di beberapa forum internet, pertanyaan tersebut kerap menjadi ajang diskusi. 

Sebagian besar mempertanyakan, apakah ganti oli harus mengikuti jarak tempuh kilometer (km), ataukah merujuk pada waktu pemakaian motor (hitungan bulan).

Menanggapi hal tersebut, divisi teknik Yamaha sendiri sebenarnya sudah menjelaskan secara rinci dalam buku panduan. Pemilik kendaraan pun tak perlu repot mengingat waktu penggantian oli mesin NMAX karena sudah diseting secara otomatis.

Menurut seorang mekanik di Ramarayo Yamaha Subang, penggantian oli yang dilakukan secara bersamaan dengan servis berkala di dealer resmi akan diingatkan oleh indikator yang akan menyala secara otomatis saat harus ganti oli.

"Setelah keluar dari dealer dan melakukan servis pertama pada 1.000 km, indikator di panel instrumen NMAX akan direset agar menyala tiap 4000 kilometer, sesuai dengan jadwal servis berkala NMAX. Yang penting harus servis di dealer atau perwakilan resmi Yamaha," ujarnya.

Untuk oli mesin, Yamaha NMAX sendiri sangat direkomendasikan menggunakan Yamalube Super Matic full syntethic yang memiliki spek viskositas 10W-40/SL dengan kandungan Molybdenum di dalamnya. Yamalube Super Matic dikemas dalam takaran 1 liter per botol, sesuai dengan kapasitas ruang oli mesin NMAX.

Tak hanya ganti oli, pemilik Yamaha NMAX juga akan diingatkan melalui indikator saat harus mengganti v-belt CVT. Saat memasuki 25.000 kilometer, maka indikator di panel instrumen akan otomatis menyala, tandanya pemilik NMAX harus segera mengganti v-bel CVT.
Para pemilik NMAX sendiri sangat disarankan untuk melakukan servis secara berkala di bengkel resmi mengingat kinerja beberapa bagian dari skutik bongsor ini harus dicek melalui komputer. Hal tersebut dilakukan agar kinerja mesin dan akselarasi NMAX tetap sesuai dengan standarisasi Yamaha.
Selain ganti oli, hal penting lainnya adalah mengecek kondisi busi, filter udara dan beberapa bagian penting lainnya seperti sistem injeksi dan juga bagian klep. Untuk lebih jelas, pemilik NMAX harus membaca secara seksama buku panduan yang sudah disediakan. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

kalo lagi males ke bengkel bermanfaat nih artikelnya min. jadi makin paham kapan waktu yang tepat buat ganti federal oil buat motor ane