ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Arung Jeram Situ Cileunca Rafting Pangalengan Wisata Tantangan Alam di Bandung Selatan

On December 30, 2018 with No comments

Arung jeram Situ Cileunca adalah salah satu wisata olahraga alam terbuka yang cukup populer di Bandung selatan tepatnya di wilayah Kecamatan Pangalengan. Arung jeram atau Rafting Situ Cileunca dengan menyusuri sungai Palayangan ini kerap menjadi tujuan utama wisata keluarga.
Rafting cileunca ajung jeram di sungai palayangan dengan jeram dan arus air kuat yang menantang
Arung jeram Situ Cileunca rafting Pangalengan Bandung
DOTGO.IDL Wisata. Rafting Situ Cileunca adalah sarana wisata yang dipadukan dengan olahraga air, yaitu arung jeram atau rafting dengan menyusuri Sungai Palayangan yang memiliki jeram atau riam (berarus kuat), dengan bebatuan dan tebing curam di beberapa titiknya.

Situ Cileunca sendiri adalah sebuah situ atau danau yang di bawahnya mengalir Sungai Palayangan dengan bebatuan alami dan juga memiliki arus yang cukup deras. Sungai Palayangan yang cukup menantang ini kerap dijadikan sebagai tempat arung jeram.

Arung jeram atau rafting sendiri dikenal sebagai salah satu wisata olahraga air dengan media berupa perahu karet, kano atau kayak lengkap dengan dayungnya. Arung jeram dilakukan di sebuah sungai yang berarus kuat dan juga memiliki jalur yang cukup menantang.

Sebelum melakukan arung jeram di sungai Palayangan, wisatawan akan menaiki perahu karet yang sudah disediakan instruktur, lalu wisatawam diajak menyeberangi Situ Cileunca menuju sungai Palayangan.

Menaiki perahu karet menyusuri situ atau danau Cileunca yang memilikil lanskap menawan ini juga tentunya menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan. Terlebih, instruktur juga sangat ramah dan kerap mengeluarkan candaan yang konyol.

Setelah beberapa lama menyusuri situ, wisatawan akan naik, lalu diajak turun masuk ke dalam sungai Palayangan. Saat itulah keseruan wisata olahraga arung jeram atau rafting dimulai. 

Selain trek menantang berupa bebetuan dan juga jalurnya yang berliku dengan arus yang cukup deras, di beberapa titik juga terdapat riam atau jeram yang menyerupai air terjun kecil yang cukup menantang dan memacu adrenalin.

Menurut seorang wisatawan asal Karawang yang mengaku bernama M. Alwy, ia dan keluarga datang ke Situ Cileunca untuk ikut arung jeram bersama rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, saat libur bersama Desember 2018 kemarin.

"Arung jeram sungai Palayangan cukup menantang tapi sangat menyenangkan. Jalurnya menantang tapi sangat aman terutama untuk pemula seperti saya dan keluarga. Pemandangan di Situ Cileunca juga sangat bagus, udaranya sejuk."

Menurut seorang instruktur, wisata tantangan arung jeram di Situ Cileunca di sungai Palayangan akan memberikan pengalaman mengesankan bagi wisatawan. Wisatawan tinggal duduk manis dan mengikuti arahan instruktur terutama saat melintas di jalur-jalur tertentu.

Selain arung jeram atau rafting, Situ Ciluenca dengan latar Gunung Wayang ini sendiri kerap dijadikan ajang out bond karena suasananya yang sangat mendukung. Ada cukup banyak permainan (fun game) yang disediakan untuk para wisatawan.

Selain itu, disediakan juga pemondokan di tengah situ bagi para wisatawan yang berniat menginap di Situ Cileunca, tentunya dengan tarif yang cukup terjangkau. Jika enggan mencari hotel di sekitar Pangalengan, wisatawan bisa memanfaatkan vila atau pemondokan yang ada di Situ Cileunca.

Lokasi Situ Cileunca sendiri sangat mudah dijangkau karena berada di sisi jalan lintas utama Bandung-Garut bagian selatan. Situ Cileunca hanya beberapa kilometer setelah Pasar Pangalengan, yang terkenal sebagai salah satu sentra penghasil susu sapi segar dan sayur-sayuran.
Arung jeram sungai Palayangan wisatawan seberangi Situ Cileunca
Bagi yang ingin berwisata ke Situ Cileunca dan berniat ikut wisata tantangan arung jeram, bisa datang langsung ke lokasi atau juga melakukan reservasi, salah satunya ke Gravity Adventure yang bisa dihubungi di nomor whatsap 0812 1472 3240 atau 0878 0842 1624. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »