ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Angkutan Umum Dieng Mobil Bak Terbuka Transportasi Unik Untuk Menjangkau Daerah Pedalaman di Dataran Tinggi Dieng

On January 25, 2019 with No comments

Angkutan umum di Dataran Tinggi Dieng salah satunya adakah kendaraan bak terbuka yang terdiri dari mobil pick-up dan truk kecil (engkel). Berbeda dengan angkutan umum lain di Dieng sejenis bus kecil, angkutan mobil bak terbuka ini bisa menjangkau ke daerah pedalaman dan terpencil.
Angkutan umum di dieng mobil bak terbuka wisata dieng
Angkutan mobil bak terbuka di kawasan Dataran Tinggi Dieng
DOTGO.ID. Wisata. Dieng adalah sebuah daerah dataran tinggi dan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang berlokasi di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Dieng dikenal dengan sebutan negeri di atas awan.

Selain sebagai salah satu sentra atau penghasil utama sayur mayur di Jawa, kawasan Dataran Tinggi Dieng juga sangat populer karena keberadaan tempat wisata, khususnya wisata alam.

Lanskap alam yang ada di kawasan Dieng memang terbilang sangat menawan dan menantang dengan keberadaan barisan pegunungan, jurang dan ngarai yang beberapa diantaranya cukup curam.

Meski sebagian ruas jalan yang ada di Dieng terbilang cukup curam dan ekstrim, namun suasana lalu lintas di kawasan Dieng ini cukup ramai. Selain aktivitas warga setempat, cukup banyak pula kendaraan para wisatawan yang melintas.

Untuk transportasi umum, di kawasan Dataran Tinggi Dieng ada angkutan masal sejenis bus kecil atau elf (menurut sebagian kalangan), yang melayani rute Banjarnegara Batur - Dieng Wonosobo.

Selain angkutan bus kecil, di kawasan Dieng juga ada banyak terdapat angkutan mobil bak terbuka. Mobil bak terbuka tersebut biasa dimanfaatkan warga, terutama yang bermukim di daerah pedalaman dan terpencil.

Berbeda dengan angkutan umum bus sedang yang hanya mengakses jalan utama di sepanjang Kalibening Wanayasa - Batur - Dieng hingga kota Wonosobo, angkutan bak terbuka biasa mengantar para penumpang ke pelosok pedesaan hingga ke daerah pedalaman.

Angkutan bak terbuka di Dieng biasanya terdiri dari mobil pick-up atau minibus dengan kabin belakang terbuka, dan mobil sejenis truk kecil (engkel). Pada waktu-waktu tertentu, angkutan jenis ini kerap dipenuhi oleh para penumpang.

Angkutan bak terbuka di Dieng sendiri adalah angkutan sederhana yang hanya dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari besi atau kayu. Jika sedang penuh, sebagian penumpang biasanya harus berdiri dengan bertumpu pada pegangan.

Bagi masyarakat Dieng, pemandangan tersebut tentunya adalah hal yang lumrah karena sudah menjadi pemandangan rutin sehari-hari. Namun bagi para wisatawan, angkutan bak terbuka ini terbilang cukup unik.

Karena sebagian warga Dieng bermukim di wilayah pedalaman yang tak dilewati kendaraan angkutan umum biasa, maka keberadaan mobil angkutan bak terbuka masih sangat dibutuhkan.

Masyarakat di Dataran Tinggi Dieng sendiri mayoritas adalah petani yang sebagian besar menggarap atau mengelola kebun sayur sayuran seperti kentang, kubis, kol, cabai, bawang hingga wortel. Selain sayuran, Dieng juga dikenal karena minuman khas buah carica.
Transportasi masyarakat Dieng angkutan mobil bak terbuka
Dalam bidang pariwisata, Dieng dikenal memiliki sangat banyak destinasi wisata seperti Kawah Sikidang, Sumur Jalatunda, Sikunir, Telaga Merdada, Gunung Prahu, Telaga Warna hingga Candi Dieng atau Candi Arjuna. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »