ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Masih Gratis, Inilah Kondisi Tol Trans Jawa Test Drive Trans Jawa dari Gerbang Tol Batang-Pekalongan

On January 17, 2019 with No comments

Tol Trans Jawa yang diresmikan pada Desember 2018 diantaranya adalah ruas Tol Pemalang-Batang (Pematang), Tol Batang-Semarang, Tol Salatiga-Kartasura, dan Tol Winangun Kertosono. Sejak pertama diresmikan hingga awal Januari 2019, beberapa ruas tol tersebut masih gratis.
Tol Trans Jawa Test Drive Gerbang Tol Batang-Pekalongan Jateng
DOTGO.ID. Test Drive. Jalan Tol Trans Jawa adalah ruas jalan yang membelah bagian tengah pulau Jawa dan menghubungkan wilayah paling timur di Banyuwangi, hingga Merak di ujung barat pulau Jawa.

Tol Trans Jawa juga menghubungkan pulau Jawa dengan Sumatera, karena langsung tersambung dengan akses Tol Jakarta-Merak yang merupakan akses menuju pelabuhan Merak-Bakauheuni.

Hingga awal Januari 2019, beberapa ruas tol yang baru saja diresmikan ini masih gratis untuk dilalalui. Seluruh kendaraan dari berbagai jenis (golongan) pun tak perlu membayar saat mengakses salah satu ruas tol tersebut.

Seperti ruas Tol Pemalang - Batang atau yang disebut juga Tol Pematang yang membentang sepanjang 39,2 kilometer. Ruas tol yang menghubungkan wilayah Pemalang, Pekalongan dan Batang ini masih gratis.

Setiap kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Pemalang dan Keluar di Gerbang Tol Batang atau sebaliknya, masih gratis. Meski demikian, pengendara harus tetap melakukan transaksi pindai kartu e-tol baik di gerbang masuk maupun keluar.

Diresmikannya ruas Tol Trans Jawa salah satunya ruas Pemalang - Batang ini juga tentunya menarik perhatian banyak pengendara yang ingin mencoba dan merasakan ruas tol baru tersebut.

Masih gratisnya ruas Tol Pemalang - Batang juga tampaknya cukup menarik minat para pengemudi kendaraan truk besar yang selama ini selalu melewati jalan Pantura. Karenanya, kondisi Tol Pemalang - Batang pun ramai oleh kendaraan angkutan berat.

Dengan beroperasinya ruas tol tersebut, jarak tempuh dari wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat ke wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur menjadi lebih singkat.

Menurut seorang pengendara yang ditemui di Rest Area KM 294 Tegal, keberadaan Tol Trans Jawa tentunya memberi pilihan terutama bagi mereka yang menginginkan efisiensi waktu.

"Kalau mau cepat ya memang harus lewat tol, tapi kan bayar (tarif) tol-nya lumayan mahal. Bagi yang tidak diburu-buru waktu tentu bisa memilih jalan Pantura, karena gratis."

Dari pantauan langsung di lokasi, Tol Trans Jawa ruas Pemalang-Batang sendiri cukup mulus dengan lapisan aspal yang cukup halus. Karena masih relatif sepi, kendaraan pun bisa dipacu dengan kecepatan maksimal.

Tol Trans Jawa sendiri mulai dibangun sejak 2007 di masa Presiden SBY. Pembangunan Tol Trans Jawa sendiri memakan waktu cukup lama karena proses pembebasan lahan. Selain Trans Jawa, Presiden SBY juga menandatangani Perpres pembangunan Tol Trans Sumatera.
Menjajal Jalan Tol Trans Jawa Test Drive Tol Pemalang-Batang
Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 616,1 kilo meter yang terdiri dari 9 ruas (seksi) tol ini kemudian dilanjut di era Presiden Jokowi, hingga akhirnya bisa beroperasi seperti saat ini. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »