ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Tape Ketan Oleh-oleh Khas Kuningan Wisata Kuliner Tahu Susu Kuningan Jawa Barat

On January 22, 2019 with No comments

Oleh-oleh khas Kuningan salah satunya adalah tapai (baca tape) ketan yang dibungkus daun jambu lalu dikemas dalam ember berukuran sedang. Tape ketan Kuningan asli memiliki cita rasa manis dan juga sangat menyegarkan.
Oleh oleh kuningan tape ketan dan tahu susu tamiang sari khas kuningan
Kuliner Kuningan tape beras ketan, oleh-oleh khas Kuningan
DOTGO.ID. Kuliner. Kuningan adalah sebuah daerah kabupaten yang berlokasi di sebelah timur wilayah Jawa Barat dan berbatasan dengan Cirebon di utara, Ciamis di selatan, Sumedang dan Majalengka di barat dan Brebes di timur.

Kabupaten Kuningan sendiri mayoritas wilayahnya berada di daerah ketinggian, di sekitar Gunung Ciremai. Selain memiliki banyak tempat wisata populer, Kuningan juga dikenal memiliki ragam kuliner diantaranya tape ketan dan tahu susu.

Tape beras ketan Kuningan sendiri sudah sangat populer dan dianggap sebagai kuliner wajib, juga sebagai oleh-oleh khas Kuningan. Belum lengkap rasanya mengunjungi Kuningan jika pulang tak membawa tape ketan.

Karena sudah menjadi ikon kuliner paling populer di Kuningan, tape ketan berbungkus daun jambu khas Kuningan ini sangat mudah ditemui. Hampir di setiap sudut kota bahkan di pinggir jalan tape ketan Kuningan bisa dengan mudah didapatkan.

Sejak dari pusat kota Kuningan hingga ke daerah perbatasan, tape beras ketan juga tahu susu Kuningan bisa didapat dengan mudah. Tak hanya di pusat oleh-oleh, tape ketan juga biasa dijajakan di pinggir jalan.

Selain cita rasanya, keunikan tape ketan Kuningan adalah cara pengemasan yang terbilang berbeda dengan tape ketan dari daerah lain. Tape ketan Kuningan sendiri berukuran lebih kecil karena dibungkus dengan daun jambu.

Bungkusan tape ketan Kuningan dari daun jambu ini lalu dimasukan ke dalam ember berukuran sedang, yang bisa langsung dibeli dan dibawa pulang oleh para wisatawan.

Saat ini, cukup banyak industri rumahan yang memproduksi tape ketan lalu dijual ke berbagai tempat khususnya sentra atau pusat oleh-oleh khas Kuningan, Jawa Barat.

Sebelum membeli tape ketan Kuningan, wisatawam disarankan untuk mencicipi terlebih dahulu agar bisa mengetahui secara pasti rasa dan kualitasnya. Tape ketan oleh-oleh khas Kuningan sendiri dijual dengan harga yang relatif terjangkau.
Oleh-oleh khas Kuningan tape ketan daun jambu dan tahu susu
Selain tape ketan, wisata kuliner Kuningan lain yang tak kalah populer adalah tahu susu. Cukup banyak pula penjual tahu susu di sepanjang jalan lintas Kuningan, yang juga menjual tape ketan. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »