ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Baru Ada Satu SPBU di Rest Area 379 Batang, Waspadai Isi BBM Saat Melintas di Tol Trans Jawa Tegal-Semarang atau Sebaliknya

On February 17, 2019 with No comments

Rest area dan SPBU Tol Trans Jawa khususnya di ruas Tol Tegal - Pemalang, Pemalang - Batang dan Batang, Kendal, Semarang masih belum sepenuhnya berfungsi, karena masih dalam tahap penyelesaian. Pengendara harus waspada dan mengsisi penuh tangki BBM sebelum melintas di jalur tol tersebut.
Rest area dan pom bensin tol semaran tegal trans jawa belum berfungsi sepenuhnya
Rest Area Tol Trans Jawa Tegal-Semarang masih belum beroperasi 100 persen
DOTGO.ID. Semarang. Jalan Tol Trans Jawa yang membelah bagian tengah pulau Jawa dan membentang dari ujung Barat di Banten hingga Banyuwangi di bagian timur, telah sepenuhnya dioperasikan. Secara resmi, ruas tol ini sudah bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan.

Meski demikian, masih cukup banyak kekurangan terutama fasilitas penunjang jalan tol seperti rest area atau tempat istirahat, dan juga SPBU atau stasiun pengisian bahan bakar umum yang disebut juga pom bensin.

Hingga pertengahan Februari 2019, di beberapa ruas Tol Trans Jawa khususnya jalur Tegal -Pemalang, Pemalang - Batang, dan Batang Kendal Semarang atau sebaliknya, fasilitas berupa rest area belum sepenuhnya berfungsi.

Selain itu, masih sangat minim SPBU atau tempat mengisi BBM di sepanjang ruas tol tersebut, karena memang sebagian besar rest area yang ada masih dalam tahap penyelesaian. Beberapa rest area nampak masih ditutup dan belum bisa diakses.

Karenanya, pengendara diharap waspada dan dihimbau untuk selalu memperhatikan isi tangki BBM saat melintas di jalur tersebut. Isi penuh BBM sebelum melintas di jalur Tegal, Pemalang, Batang dan Semarang atau sebaliknya.

Jika dari arah barat, pengguna Tol Trans Jawa sebaiknya mengisi BBM di Rest Area Cirebon atau di rest area pertama di wilayah Brebes Jawa Tengah, karena di rest area (Brebes) berikutnya tak lagi tersedia SPBU atau pom bensin.

Saat memasuki ruas Pemalang, Batang hingga Semarang, kondisi ruas Tol Trans Jawa sangat minim rest area dan bahkan nampak cukup sepi dan gelap (saat malam) karena minimnya peneranagan atau lampu jalan.

Selain harus waspada karena kondisi yang sangat gelap saat malam hari, pengguna jalan Tol Trans Jawa juga harus hati-hati karena masih banyak perbaikan jalan yang menutup satu ruas tol di beberapa titik di sepanjang jalur tersebut.

Karena jarak tempuh dari Tegal hingga Semarang atau sebaliknya lumayan jauh, pengendara pun harus selalu memantau kondisi tangki BBM agar tak kehabisan bensin di tengah jalan. Terlebih, suasana ruas tol tersebut juga lumayan sepi, terutama saat malam hari.

Pengguna jalan Tol Trans Jawa dari arah Tegal menuju Semarang baru bisa mengsisi BBM di Rest Area 379 Batang, di sekitar perbatasan antara Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Meski demikian, SPBU di Rest Area 379 Batang ini juga masih belum sepenuhnya berfungsi. Meski pihak Pertamina sendiri sudah menyediakan BBM, namun mesin pompa BBM belum 100 persen dioperasikan.

Pegawai SPBU di Rest Area 379 Batang ini akan langsung menuangkan BBM dari jeriken ke dalam tangki BBM. Harga BBM per liter tetap sama karena meski dalam kemasan jeriken, tetapi BBM tersebut didistribusikan langsung oleh Pertamina.

Sebaliknya, para pengguna Tol Trans Jawa dari arah Semarang (Gerbang Tol Krapyak) menuju Tegal harus lebih ekstra waspada karena rest area di sepanjang ruas tol tersebut masih ditutup dan belum berfungsi. Beberapa rest area yang ada nampak masih dalam tahap finishing (penyelesaian).
SPBU di Rest Area KM 379 Batang masih belum berfungsi sepenuhnya
Para pengguna tol yang berkendara dari arah Semarang menuju Tegal baru akan menemui rest area di kilo meter 294 Tegal, itu juga masih belum dilengkapi fasilitas SPBU atau tempat pengsisian bahan bakar (pom bensin). mch/bam
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »