ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Ganti Oli Transmisi NMAX Oli Gardan Yamaha, Panduan Ganti Oli Transmisi Pada Sistem CVT Motor Matik

On February 01, 2019 with No comments

Ganti oli gardan atau oli transmisi Yamaha NMAX dan juga motor jenis skuter matik lainnya berbeda dengan ganti oli mesin. Waktu penggantian oli gardan atau oli transmisi NMAX termasuk motor matik lain adalah saat memasuki penggantian oli mesin yang kedua. Oli transmisi juga harganya lebih murah dari oli mesin.
Ganti oli transmisi yamaha nmax harga oli gardan dan oli mesin nmax
Panduan ganti oli transmisi atau oli gardan Yamaha NMAX
Oli transmisi Yamaha NMAX berfungsi untuk melumasi bagian gear, agar kondisinya selalu terjaga saat berputar menggerakan CVT (Continuously Variable Transmission) atau sistem transmisi pada motor jenis skuter matik (skutik).

Posisi atau tempat oli gardan NMAX sendiri berada di belakang sistem CVT, karena memang berfungsi untuk melakukan pelumasan pada sistem transmisi motor matik sejenis NMAX, Mio, Vario, Beat atau jenis motor matik lainnya.

Berbeda dengan oli mesin yang kondisinya lebih panas karena berada di box mesin, oli gardan atau oli transmisi ini kondidinya lebih sejuk, karena hanya melumasi bagian gear, saat berputar menggerakan sistem CVT.

Meski demikian, oli transmisi Yamaha NMAX juga harus tetap diperhatikan agar kondisinya selalu terjaga dan mampu melumasi sistem transmisi dengan baik. Jika sering telat mengganti oli gardan, bisa saja bagian gear mengalami aus.

Secara tekhnis, oli gardan pada motor matik termasuk skutik bongsor Yamaha NMAX harus diganti setelah oli mesin diganti sebanyak dua kali. Hal tersebut harus dilakukan untuk menjaga kinerja sistem transmisi tetap berjalan baik.

Jika pada penggantian oli mesin pertama oli gardan juga diganti, maka saat penggantian oli mesin kedua oli gardan tidak perlu diganti. Oli gardan atau oli transmisi baru harus diganti saat ganti oli mesin yang ketiga, dan begitu seterusnya.

"Kalau ganti oli mesin untuk Yamaha NMAX itu setiap 4000 kilometer, kalau oli transmisi diganti dua kali lipatnya. Sebaiknya waktu penggantian oli gardan juga bersamaan dengan (servis) ganti oli mesin NMAX," ujar seorang mekanik Yamaha Ramarayo di Subang.

Lebih lanjut ia menyebutkan, cukup banyak pemilik motor matik yang sering lupa mengganti oli transmisi, padahal fungsinya juga cukup vital. Oli transmisi berfungsi melumasi komponen yang saling bergesekan dalam sistem transmisi motor matik termasuk Namax.

"Patokan standar adalah dua kali ganti oli mesin, satu kali ganti oli transmisi (oli gardan). Kalau telat, gear penggerak CVT di Yamaha NMAX bisa aus. Kalau sudah aus biaya perbaikannya lumayan mahal."

Ruang atau chamber oli transmisi NMAX sendiri berkapasitas 150 mililiter (ml), dan posisinya berada di belakang sistem CVT. Untuk hasil lebih baik, beberapa mekanik menyarankan oli gardan transmisi NMAX bisa ditambah menjadi 250 ml hingga 300 ml.

Selain oli gardan atau oli transmisi Yamaha NMAX, komponen lain di motor matik yang butuh perhatian khusus adalah CVT khususnya bagian V-Belt, yang fungsinya adalah untuk memutar transmisi. V-belt juga butuh perhatian khusus agar kinerja motor tetap prima dan terjaga.

Untuk Yamaha NMAX, sudah ada fitur pengingat kapan waktunya untuk mengganti v-belt, di bagian panel speedo meter. Meski demikian, dalam kondisi tertentu v-belt juga bisa saja mengalami aus meski instrumen peringatan belum menyala di panel speedo meter NMAX.

Meski secara kasat mata v-belt Yamaha NMAX masih bagus, namun disarankan diganti jika sudah memasuki angka 25 ribu atau 30 ribu kilometer. Bisa saja v-belt yang terlihat masih bagus sudah retak dibagian dalam.
V-belt Yamaha NMAX dan jenis motor matik lainnya harus betul-betul diperhatikan, terutama oleh para pemilik kendaraan di Jakarta dan kota besar lainnya. Karena saat dikendarai, v-belt akan tetap berputar meski motor dalam kondisi diam terjebak kemacetan.
Waktu ganti oli gardan/oli transmisi matik Yamaha NMAX
Oli gardan atau oli transmisi Yamaha NMAX sendiri cukup murah, empat kali lebih murah dari harga oli mesin. Harga oli mesin NMAX (Yamalube) berada di kisaran harga Rp 60.000-an, oli gardan sekitar 15.000-an (update Januari 2019).
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »