ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kuliner Simpang Lima Semarang Nasi Ayam Bu Sami Pojok Matahari Enak dan Murah Harganya

On February 16, 2019 with No comments

Nasi Ayam Bu Sami adalah salah satu kuliner khas Simpang Lima kota Semarang, Jawa Tengah. Nasi ayam Simpang Lima adalah nasi liwet dengan lauk utama berupa opor ayam (kampung), telur pindang, krecek dan tahu. Sepintas, cara penyajian Nasi Ayam Semarang ini mirip dengan Nasi Gudeg Jogjakarta.
Tempat makan enak dan murah di semarang nasi ayam bu sami simpang lima semarang
Nasi Ayam Bu Sami Simpang Lima Semarang enak dan murah harganya
DOTGO.ID. Kuliner. Simpang Lima kota Semarang adalah sebuah kawasan strategis di pusat kota, di jalur (jalan) nasional. Simpang Lima atau dikenal juga Lapangan Pancasila ini adalah sebuah persimpangan paling penting di kota Semarang.

Simpang Lima kota Semarang menjadi salah satu akses vital karena menghubungkan lima ruas jalan paling penting di kota Semarang, yakni Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Karena menjadi pusat perlintasan, tak heran jika di sekitar kawasan Simpang Lima kota Semarang banyak berdiri bangunan penting seperti perkantoran, pusat perbelanjaan hingga hotel dan bank.

Selain kerap dimanfaatkan oleh warga sekitar maupaun para wisatawan dari luar daerah untuk bersantai, kawasan Simpang Lima Semarang juga dikenal karena keberadaan wisata kulinernya.

Hampir di setiap sudut kawasan Simpang Lima kota Semarang akan dengan mudah ditemui para penjual makanan dan minuman. Kuliner Simpang Lima Semarang sendiri akan semakin ramai saat memasuki malam hari.

Salah satu kuliner Simpang Lima Semarang paling populer adalah Nasi Ayam Bu Sami yang berada di salah satu sudut atau pojok Matahari Mall Simpang Lima. Setiap malam, Nasi Ayam Bu Sami selalu ramai pembeli.

Seperti nasi ayam khas Semarang dan juga beberapa daerah lain di Jawa Tengah, Nasi Ayam Bu Sami juga terdiri dari nasi liwet, opor ayam, pindang telur (dibelah dua), krecek (kulit sapi) dan beberapa bahan tambahan seperti tahu dan tempe.

Selain itu, pengunjung juga bisa memilih lauk tambahan seperti sate daging, ayam goreng, sate telur puyuh, sate jeroan, babat, hingga ceker dan kepala ayam. Ada juga aneka jenis gorengan sebagai lauk tambahan atau untuk cemilan.

Nasi Ayam Bu Sami sendiri mulai buka pada pukul 23.00 WIB atau jam 11 malam, dan tutup pada jam 6 pagi. Nasi Ayam Bu Sami adalah salah satu kuliner khas di Simpang Lima Semarang yang tak pernah sepi pengunjung.

Menurut beberapa pengunjung, mereka selalu menyempatkan diri ke Simpang Lima dan makan di lapak Nasi Ayam Bu Sami tiap kali berkunjung ataupun hanya sekedar singgah di Semarang.

"Nasi liwet opor ayam di sini (Bu Sami) sangat enak, keluarga kami sudah sejak lama berlangganan. Harganya juga murah," ujar Bobby, seorang pengunjung asal Subang, Jawa Barat.

Popularitas Nasi Ayam Bu Sami (pojok Matahari Mall) Simpang Lima Semarang sendiri sudah sangat melegenda karena lapak nasi ayam khas Semarangan ini sudah buka sejak tahun 1975. Nasi Ayam Bu Sami juga tak membuka cabang di tempat lain.

Nasi Ayam Bu Sami Simpang Lima kota Semarang juga menerima pesanan dari para pelanggan, dan bisa dihubungi di nomor telepon  0813 2655 9966 atau 0813 2525 8885. Harga Nasi Ayam Bu Sami komplit per porsi berkisar Rp 20.000-an.

Simpang Lima Semarang atau Lapangan Pancasila ini mulai difungsikan pada sekitar tahun 1969. Sebelumnya alun-alun kota Semarang berada di Kauman. Karena kawasan Kauman makin ramai dan beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan, alun-alun pun lantas dipindah ke Simpang Lima.
Kuliner Simpang Lima Semarang Nasi Ayam Bu Sami Pojok Matahari
Simpang Lima Semarang sendiri saat ini sudah menjadi ikon paling populer kota Semarang. Simpang Lima Semarang juga dikenal sebagai area kuliner favorit, dengan ikon kulinernya Nasi Ayak Bu Sami Pojok Matahari. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »