ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Rest Area Tol Cipali Tidak Semua Menyediakan BBM, Daftar Lengkap Rest Area dan SPBU di Tol Cipali Cikopo-Palimanan

On March 31, 2019 with No comments

Rest Area Tol Cipali (Cikopo - Palimanan) tidak semua dilengkapi dengan SPBU atau pom bensin. Dari beberapa rest area yang ada, saat ini hanya empat Rest Area tife A dengan fasilitas lengkap termasuk SPBU, diantaranya Rest Area 102 Subang dan 166 Majalengka (dari arah Cikopo), dan Rest Area 164 Majelngka serta Rest Area 101 Subang, jika dari arah Palimanan.
Daftar rest area tempat istirahat di jalan tol cipali cikopo palimanan
Rest Area/tempat istirahat di Jalan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan)
DOTGO.ID. Jalan Tol Cipali (Cikopo - Palimanan) adalah salah satu ruas tol yang menjadi bagian atau terintegrasi dengan Tol Trans Jawa. Tol Cipali membentang sepanjang 116 kilometer atau sekitar 72 mil, sejak Cikopo Purwakarta hingga Palimanan Cirebon.

Meski pada hari biasa ruas Tol Cipali terbilang cukup sepi, namun jalan Tol Cikopo - Palimanan ini biasanya cukup ramai dan kadang padat saat memasuki akhir pekan (week end) dan atau musim liburan.

Karenanya, rest area yang ada di sepanjang ruas Tol Cipali ini juga akan berbeda suasana, antara hari biasa (hari kerja) dengan hari libur. Saat memasuki week end dan musim liburan terlebih lebaran, suasana rest area di Tol Cipali akan lebih ramai dan sering penuh oleh kendaraan.

Ruas Tol Cipali sendiri memiliki beberapa rest area dan juga parking bay sebagai rest area cadangan. Ada empat rest area dari arah Cikopo menuju Palimanan, begitu juga sebaliknya, dari Palimanan menuju Cikopo.

Karena tidak semua rest area yang ada di Tol Cipali ini dilengkapi dengan SPBU, para pengguna tol pun disarankan untuk mengisi BBM secukupnya, sesuai dengan jarak tempuh atau tujuan masing-masing.

Berikut ini adalah rest area dan SPBU Tol Cipali dari arah Cikopo Purwakarta menuju Palimanan Cirebon, yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat istirahat, sekaligus juga mengisi BBM.

Rest Area KM 86 Purwakarta:
  • Rest area ini berlokasi di KM 86, beberapa kilo meter sebelum memasuki wilayah Subang. Rest Area KM 86 ini adalah rest area tife B, yang dilengkapi dengan masjid atau mushola, toilet, restoran atau rumah makan, juga minimarket (bisa top up e-tol). Meski demikian rest area KM 86 ini tidak memiliki fasilitas SPBU atau pom bensin.
Rest Area KM 102 Kalijati Subang:
  • Rest Area KM 102 Subang adalah rest area tife A dengan fasilitas lengkap dan juga cukup luas. Selain mampu menampung hingga 1.500 kendaraan, Rest Area KM 102 juga dilengkapi dengan bermacam fasilitas seperti masjid, restoran dan rumah makan, angkringan, sejumlah mini market, beberapa blok toilet, sekaligus SPBU atau pom bensin, hingga pengsisin nitrogen untuk ban kendaraan. Karena beragam fasilitas tersebut, hampir tak pernah ada antrian di toilet atau pun penumpukan kendaraan.
Rest Area KM 130 Cikedung akses Indramayu:
  • Rest Area KM 130 atau disebut juga Rest Area Cikedung (karena menjadi akses menuju Cikedung dan Indramayu) ini adalah rest area tife B yang tak terlalu luas dan tak dilengkapi dengan SPBU atau pom bensin. Meski demikian, ada banyak fasilitas yang bisa dumanfaatkan oleh para pengendara seperti masjid, mini market, restoran dan rumah makan, hingga toilet atau WC. Saat musim mudik atau liburan, Rest Area KM 130 ini juga sering penuh.
Rest Area KM 166 Majalengka - Sumberjaya:
  • Seperti halnya Rest Area 102 Subang, Rest Area Cipali KM 166 adalah rest area tife A, dengan fasilitas cukup lengkap. Selain masjid, rumah makan, mini market, dan toilet, pengendara juga bisa mengisi BBM di SPBU atau pom bensin yang ada di rest area ini. Rest Area KM 166 Majalengka ini adalah tempat istirahat terakhir di ruas Tol Cipali, sebelum Gerbang Tol Palimanan menuju Kanci
Seperti halnya dari arah Cikopo menuju Palimanan, dari arah sebaliknya yakni dari Palimanan menuju Cikopo juga terdapat beberapa rest area yang titiknya hampir sama, atau lokasinya berdekatan (berseberangan). Berikut ini rest area dari arah Palimanan menuju Cikopo.

Rest Area KM 164 Majalengka (Jatiwangi):
  • Rest Area KM 164 masuk ke dalam wilayah Majalengka, persisnya di Jatiwangi. Rest area ini bisa diakses setelah memasuki GT Palimanan dan melewati GT Sumberjaya Majalengka. Rest Area KM 164 adalah tempat istirahat tife A dengan fasilitas lengkap seperti SPBU atau pom bensin, restoran dan rumah makan, masjid, mini market, ATM, hingga fasilitas toilet dan area parkir yang cukup luas.
Rest Area KM 130 Cikedung Indramayu:
  • Seperti Rest Area 130 dari arah Cikopo yang ada di seberangnya, Rest Area 130 Cikedung dari arah Palimanan ini juga tidak dilengkapi fasilitas SPBU atau pom bensin untuk mengisi BBM. Meski demikian, rest area ini tetap direkomendasikan untuk dijadikan tempat istirahat, karena dilengkapi fasilitas berupa masjid, restoran dan rumah makan, mini market, hingga toilet dan area parkir.
Rest Area KM 101 Subang:
  • Rest Area KM 101 Subang dari arah Palimanan ini adalah rest area tife A yang cukup luas, dan juga dilengkapi dengan SPBU atau pom bensin. Rest Area KM 101 dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti Masjid Martowijoyo, restoran dan rumah makan yang jumlahnya cukup banyak, beberapa mini market, ATM, toliet, dan juga area parkir luas yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat saat merasa lelah atau mengantuk.
Rest Area KM 86 Purwakarta:
  • Rest Area KM 86 Tol Cipali adalah rest area tife B yang tak terlalu besar dan tak dilengkapi fasilitas SPBU atau pom bensin. Meski demikian, rest area ini bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Ada fasilitas berupa mushola, rumah makan, mini market dan toilet.
Karena tidak semua rest area menyediakan BBM, para pengendara pun dihimbau untuk mengisi BBM di rest area yang menyediakan fasilitas SPBU seperti di KM 102 dan KM 166 dari Cikopo ke Palimanan, atau KM 164 dan 101 jika dari Palimanan menuju Cikopo.
Rest Area Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) KM 164 Majalengka
"Sering ada mobil kehabisan bensin, lalu kami carikan bensin pake jeriken di luar. Mereka menganggap semua rest area di Tol Cipali dilengkapi SPBU, makanya suka habis karena tak langsung mampir di rest area yang ada SPBU-nya," ujar seorang petugas Satuan Pengaman (Satpam) di Rest Area KM 130. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »