ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Rumbah Darinih Indramayu Kuliner Rumbah Pecel Enak dan Murah di Eretan Kandanghaur

On March 11, 2019 with No comments

Rumbah Darinih adalah salah satu kuliner khas Indramayu yang sudah sangat populer dan dikenal luas oleh masyarakat. Rumbah yang merupakan kuliner khas masyarakat pesisir utara Jawa Barat ini serupa dengan pecel, atau hampir mirip dengan gado-gado jika di Jakarta.
Kuliner indramayu rumbah darinih tempat makan pecel enak di indramayu
Rumbah Darinih kuliner rumbah pecel populer di Indramayu
DOTGO.ID. Kuliner. Rumbah adalah salah satu kuliner khas pesisir utara Jawa Barat yang dikenal luas oleh masyarakat di wilayah Cirebon, Indramayu, Subang hingga sebagian Karawang. Selain biasa disajikan bersama nasi atau lontong, rumbah juga cukup nikmat saat disantap langsung.

Di Indramayu tepatnya di Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur, ada sebuah warung rumbah yang sudah sangat populer, yakni Rumbah Darinih. Rumbah Darinih sendiri sangat populer karena rasa sambalnya yang cukup nikmat.

Seperti halnya kuliner rumbah yang lain, Rumbah Darinih Eretan juga terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, kangkung, tauge atau jenis sayuran lain, yang dimasak hingga matang.

Beberapa jenis sayuran yang sudah dimasak ini lalu disiram dengan bumbu rumbah racikan Ibu Darinih, yang rasa pedasnya cukup kuat dan nikmat. Bumbu Rumbah Darinih sendiri diberi campuran air pindang, atau petis menurut masyarakat sekitar.

Karenanya, selain memiliki cita rasa pedas yang cukup kuat, bumbu Rumbah Darinih juga terasa lebih nikmat. Rumbah Darinih sangat nikmat saat disantap bersama lontong dan gorengan, atau kerupuk sebagai tambahan.

Selain rumbah sayuran, warung Rumbah Darinih juga menyediakan rumbah sohun, yaitu sejenis mie putih, yang tentu saja rasanya tak kalah nikmat dengan rumbah kangkung atau kacang.

Selain rumbah, warung Darinih juga menyediakan aneka macam gorengan seperti bakwan atau bala-bala, tempe, tahu, peyek, aneka jenis kerupuk, dan juga jajanan khas Indramayu lainnya.

Tak hanya warga Eretan dan seputaran Indramyu lainnya, Rumbah Darinih juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat dari luar Indramayu, khususnya para pengendara yang sering melintas di Jalan Pantura Indramayu Jawa Barat.

Tak hanya itu, Rumbah Darinih juga dikenal luas hingga ke mancanegara khsusnya ke Hongkong dan Taiwan, yang mana cukup banyak buruh migran asal Indramayu yang bekerja di kedua negara tersebut.

Cukup banyak para buruh migran khusunya para Tenaga Kerja Wanita asal Indramayu yang memesan sambal Rumbah Darinih, agar dikirim ke negara tempat mereka bekerja. Karenanya, Rumbah Darinih sudah dianggap sebagai salah satu ikon kuliner Indramayu.

Harga Rumbah Darinih sendiri sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 per porsi (Maret 2019). Sementara untuk gorengan, harganya berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000. Selain langsung disantap ditempat, cukup banyak pula pelanggan yang membungkus dan membawa Rumbah Darinih ke rumah.

Lokasi warung Rumbah Darini sendiri cukup mudah dijangkau karena meski sedikit masuk ke dalam, namun bisa diakses oleh roda empat (mobil). Rumbah Darinih berlokasi di belakang Kantor Desa Eretan Kulon (sebelum TPI Mina Bahari Eretan).
Rumbah Darinih kuliner Indramayu populer di Eretan Kandanghaur
Jika dari arah Jakarta atau arah barat, bisa langsung belok kiri dan masuk ke jalan kecil di samping Kantor Desa Eretan Kulon. Jika dari arah timur, lokasi warung Rumbah Darinih berada di seberang kanan jalan. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »