ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Terminal Subang Terminal Antar Kota Antar Provinsi Terminal Tife A di Kota Subang Jawa Barat

On April 14, 2019 with No comments

Terminal Subang adalah salah satu terminal besar Tife A di wilayah Jawa Barat, yang melayani para penumpang ke berbagai tujuan. Tak hanya dalam kota atau Antar Kota Dalam Provinsi, di Terminal Subang juga tersedia armada bus yang melayani trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).
Terminal subang bus warga baru, bus kramat jati, bus damri, bus asli terminal kota subang
Terminal Subang, Terminal Tife A di Kota Subang Jawara
DOTGO.ID. Subang adalah sebuah kota yang lokasinya berada di sebelah utara Bandung. Di bagian timur, Subang berbatasan dengan Indramayu dan Majalengka, juga Sumedang di tenggara. Sementara di barat berbatasan dengan Karawang dan Purwakarta.

Di bagian utara, wilayah Subang berbatasan dengan laut Jawa, atau yang dikenal dengan sebutan wilayah Pantura (pantai utara). Karenanya, sebagian wilayah Subang di utara ini dilalui oleh Jalan Nasional I Pantura, yang merupakan salah satu ruas jalan tersibuk di dunia.

Letak wilayah Subang yang merupakan jalur perlintasan ini sangat strategis dan penting. Selain Jalan Pantura, wilayah Subang di bagian tengah adalah akses utama jalur tengah yang membelah sebagian pulau Jawa.

Pasca beroperasinya Tol Cipali (Cikopo Palimanan), Subang pun makin sering menjadi tempat transit beragam moda transportasi. Meski demikian, beberapa moda transportasi yang sebelumnya melewati wilayah Subang kini beralih ke Tol Cipali.

Untuk warga Subang sendiri, telah disediakan Terminal Subang tife A, yang berlokasi di Jalan Darmodiharjo. Terminal Subang sendiri adalah terminal besar yang menjadi akses bagi beragam transportasi angkutan umum.

Tak hanya angkot (angkutan kota) yang beroperasi di seputaran wilayah Subang atau angkutan Elf jarak menengah, di Terminal Subang juga ada banyak armada Bus Antar Kota Antar Provinsi yang melayani penumpang tujuan Jakarta, Bandung, bahkan hingga Banten.

Untuk tujuan Jakarta khususnya Terminal Kampung Rambutan, tersedia Bus PO Warga Baru. Bus Warga Baru Subang - Jakarta via Kalijati - Sadang ini beroprasi setiap hari, sejak jam 01.30 dini hari jelang subuh, hingga menjelang sore antara jam 2 - jam 3 (atau disesuaikan dengan kebutuhan).

Selain PO Warga Baru, di Terminal Subang juga tersedia armada Bus Kramat Jati AC yang melayani trayek Subang - Kampung Rambutan, dengan rute yang sama, yakni via Kalijati - Sadang.

"Ada sekitar 15 armada bus Kramat Jati yang siap melayani penumpang dari Terminal Subang - Kampung Rambutan PP. Rute dan tarifnya sama dengan Warga Baru," ujar seorang awak Bus Kramat Jati, saat ditemui di Terminal Subang.

Selain tujuan Jakarta khususnya Terminal Kampung Rambutan, tersedia juga bus tujuan Bandung, yakni Bus Damri Teminal Subang - Terminal Cicaheum Bandung. Bus Damri Subang - Bandung ini juga rutin beroperasi setiap hari.

Selain bus Warga Baru, Kramat Jari dan Damri, masih ada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang lain, yakni Bus Asli Prima tujuan Labuan Merak Banten.

Namun karena jumlah penumpang sedikit, bus Asli tujuan Labuan Merak tak rutin beroperasi. "Hanya beroperasi dua atau tiga kali dalam seminggu. Rutinnya tiap Minggu malam atau Senin pagi dini hari," ujar seorang petugas di Terminal Subang.

Selain Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), Terminal Subang juga menjadi tempat mangkal angkutan kota (angkot) yang beroperasi di seputaran wilayah kota Subang. Ada juga angkutan sejenis Elf tujuan Subang - Bandung via Lembang.

Selain menjadi akses moda transportasi, area Terminal Subang yang cukup luas ini juga sering dimanfaatkan untuk even tertentu yang melibatkan jumlah masa cukup banyak.

Setiap Minggu pagi, suasana di sekitar Terminal Subang yang bersebelahan dengan Pasar Tradisional Modern Subang ini akan sangat ramai, karena adanya bermacam kegiatan seperti senam bersama, bazaar, konser musik, atau pun kegiatan massal lainnya.
Terminal Subang Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi
Alamat Terminal Subang sendiri berlokasi di Jalan Darmodiharjo Nomor 1 Sukamelang Subang, telepone 0260 - 4242030. Lokasi Terminal Subang berdekatan dengan Pasar Tradisional Modern dan Sirkuit Gerry Mang Subang. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »