ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Air Tebu Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan Asal Tidak Diminum Berlebihan, Khasiat dan Efek Samping Air tebu

On May 10, 2019 with No comments

Air tebu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, agar selalu segar dan bugar saat beraktifitas. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air perasan batang tebu memang sudah terbukti secara klinis mampu memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Air tebu bermanfaat untuk kesehatan jika diminum secara teratur
Khasiat dan manfaat air tebu untuk kesehatan tubuh
DOTGO.ID. Sehat. Tebu adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak kandungan air. Selain sebagai bahan baku gula, air tebu yang rasanya manis ini juga ternyata memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Karena memiliki banyak kandungan sukrosa, air tebu teruji secara klinis bisa membantu menambah daya tahan dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Air tebu diyakini bisa membuat organ penting seperti jantung, lambung, ginjal, hingga mata agar menjadi lebih sehat.

Menurut beberapa jurnal kesehatan populer, berdasar pada hasil penelitian para ahli kesehatan, air atau jus tebu diyakini memiliki banyak kandungan berkhasiat yang kaya manfaat. Berikut ini adalah beberapa khasiat air tebu.

Mengindari dehidrasi (kurang cairan) pada tubuh:
  • Di negara tropis seperti Indonesia yang beriklim panas, tubuh manusia akan mudah kehilangan banyak cairan, terutama saat berkeringat. Dengan mengkonsumsi air tebu, tubuh pun akan terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan) yang berlebihan. Dengan air tebu, tubuh akan terasa lebih bugar saat cuaca terasa panas.
Membantu kesehatan kulit:
  • Karena banyak mengandung asam alfa hidroksi terutama asam glikolat, yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan pada kulit, air tebu sangat baik jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Selain bisa menghindari infeksi dan peradangan kulit, air tebu juga memiliki khasiat untuk mengurangi atau menyamarkan bekas luka, noda dan kerutan, serta perubahan warna kulit, bahkan meminimalisir tanda penuaan pada kulit.
Meningkatkan stamina dan energi tubuh:
  • Kandungan gula alami yang terdapat dalam air jus tebu memberi manfaat sebagai penyuplai energi pada tubuh, yang akan membantu menambah stamina dalam beraktivitas. Air tebu mampu menghindari dehidrasi tubuh hingga tubuh pun tak gampang lelah saat beraktivitas. Kandungan gula alami pada air tebu adalah pasokan gula (kalori) yang tinggi, namun sehat jika dikonsumsi secara teratur.
Menetralisir stres dan sulit tidur:
  • Bagi para penderita insomnia atau gangguan sulit tidur, air tebu yang kaya akan kandungan magnesium, triptofan dan asam amino ini bisa menjadi solusi tepat. Jika dikonsumsi secara teratur, air tebu yang rasanya sangat menyegarkan ini mampu mencegah stres, hingga membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dengan kondisi tubuh yang lebih rileks, gangguan sulit tidur pun bisa teratasi.
Menyegarkan rongga mulut dan pernapasan:
  • Air tebu kaya akan kandungan fosfor dan kalsium yang sangat berguna untuk melindungi gigi. Karenanya, air tebu yang berkhasiat ini juga sering dijadikan sebagai obat atau ramuan rumahan untuk mencegah bau mulut dan kerusakan gigi. Dengan rutin minum air tebu secara teratur, bau mulut bisa dihindari. Pernafasan menjadi lebih segat dan fresh.
Mencegah pembentukan batu ginjal:
  • Penyakit batu ginjal adalah sebuah kondisi yang sering terjadi karena tubuh kerap mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan (akibat kurang minum). Dengan minum air tebu secara rutin dan teratur, resiko batu ginjal bisa dihindari, karena air tebu mampu membantu proses pelarutan batu ginjal.
Menjaga kesehatan tulang:
  • Minum air tebu secara rutin dan teratur akan bisa menambah kadar zat besi, magnesium, mangan, kalium, dan kalsium yang merupakan zat penting dalam tubuh untuk membentuk dan mempertahankan tulang. Resiko osteoporosis (tulang keropos) bisa dihindari dengan minum air tebu secara teratur, sebanyak satu gelas dalam sehari.
Sangat baik untuk ibu hamil:
  • Air tebu dengan indeka glikemik rendah ini akan bisa menambah energi pada ibu hamil, juga meminimalisir gejala mual saat pagi hari. Air tebu juga sangat berkhasiat untuk metabolisme tubuh dan memperlancar pencernaan. Selain bisa memperkuat sistem kekebalan, air tebu mampu mengurangi resiko sembelit yang sering dialami ibu hamil.
Kekebalan pada tubuh (sistem imun):
  • Minum air tebu yang banyak mengandung sukrosa (gula alami) bisa meningkatkan sistim kekebalan pada tubuh, yang akan berdampak langsung pada stamina dan kekuatan tubuh saat beraktifitas. Karenanya, air tebu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung, mata, ginjal, hingga organ vital jantung.
Memcegah influenza dan radang tenggorokan:
  • Minum air tebu secara teratur satu gelas dalam sehari, akan bisa menghindari resiko sakit atau radang pada tenggorokan, pilek, hingga sakit influenza atau gejala flu termasuk sering bersin. Saat terpapar udara panas, air tebu sangat disarankan untuk menyegarkan tubuh.
Menurunkan kolesterol dan tekanan darah:
  • Ketegangan pada arteri dan pembuluh darah bisa dikurangi dengan mengkonsumi air tebu secara rutin. Selain mampu meminimalisir resiko tekanan darah tinggi (hypertensi), air juga mampu menjaga kemungkinan kolesterol tinggi, stroke, serangan jantung, hingga resiko aterosklerosis.
Dengan ragam manfaat seperti yang tersebut di atas, tentunya air tebu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur. Terlebih, air tebu juga tergolong murah dan sangat mudah didapat.
Air tebu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
Meski demikian, air tebu tidak boleh diminum berlebihan dan melebihi batas takaran, yaitu satu gelas satu hari. Akan ada efek samping negatif seperti mual, pusing dan gejala sulit tidur, jika minum air tebu terlalu banyak. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »