ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Bulan Puasa Warung Janem Tetap Buka Seperti Biasa, Meski Sedikit Lebih Sepi

On May 12, 2019 with No comments

Memasuki bulan Puasa, Warung Janem di kawasan Jalan Enem di sekitar Kecamatan Patokbeusi hingga perbatasan wilayah Sukamandi Ciasem nampak tetap buka. Meski demikian, suasana di kawasan Warung Janem (Jalan Enem) saat ini sedikit lebih sepi dari hari sebelumnya.
Janem jalan enem di jalan pantura subang patokbesi sukamandi ciasem
Kawasan Warung Janem (Jalan Enem) Patokbesi
DOTGO.ID. Jalan Pantura khususnya di sepanjang wilayah pesisir utara Subang adalah salah satu jalur sibuk, yang setiap harinya selalu ramai oleh kendaraan, terutama kendaraan truk dan angkutan berat.

Memasuki Ramadhan 2019, suasana di sekitar Jalan Pantura Subang ini nampak tak berubah. Meski ada sebagian kecil warung dan rumah makan yang tutup, namun suasana Jalan Pantura tetap ramai seperti biasanya.

Seperti di sekitar Jalan Enem atau yang lebih populer dengan sebutan Janem, di seputar kawasan ini nampak aktivitas warga berjalan seperti biasa.

Selain kendaraan yang terparkir, nampak pula deretan warung di kawasan Janem ini sebagian masih tetap buka. Meski demikian, suasana kawasan Jenem saat bulan puasa ini tak seramai hari-hari sebelumnya.

Kawasan Janem sendiri adalah sebuah kawasan yang berlokasi di bahu Jalan Pantura, dan menempati bantaran pesawahan milik PT Sang Hyang Seri, berseberangan dengan areal pesawahan BB PADI.

Kawasan Janem tersebut terdiri dari deretan warung semi permanen yang berjejer di sisi utara Jalan Pantura, di wilayah kecamatan Patokbeusi hingga menjelang perbatasan Sukamandi, di wilayah Kecamatan Ciasem.

Bagi para pengendara yang sering melintas di Jalan Pantura, kawasan warung Janem ini sendiri tentunya sudah sangat familiar, karena setiap harinya selalu ramai, terutama di malam hari.

Menurut seorang warga, warung Janem memang biasanya akan sedikit lebih sepi saat memasuki awal bulan puasa. Suasana akan kembali normal bahkan bisa lebih ramai saat akan memasuki lebaran.

"Janem agak sepi karena sebagian pelayan banyak yang pulang kampung. Biasa, kan mereka ingin menikmati bulan puasa bersama keluarga di rumah," ujar seorang warga yang enggan menyebutkan namanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, warung Janem akan kembali ramai saat menjelang lebaran. Terlebih, akan ada arus kendaraan pemudik yang melintas di Jalan Pantura, dan sebagian mungkin akan mampir di Janem.
Suasana Kawasan Janem jelang Ramadhan 2019
"Nanti dua minggu lagi mau lebaran pasti sangat ramai. Kan mereka (pelayan Janem) juga butuh uang buat lebaran di kampung. Janem pasti akan lebih ramai, karena akan ada arus mudik Lebaran." mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »