ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Deretan Bus Penguasa Jalan Pantura yang Selalu Melaju Kencang dengan Knalpot dan Klakson Menggelegar

On May 12, 2019 with No comments

Bus trayek Cirebon - Jakarta, Cirebon - Merak, Kuningan - Jakarta, atau Kuningan - Merak, dikenal sebagai bus penguasa Jalan Pantura khususnya di wilayah Jawa Barat. Bus-bus yang bermarkas di Kuningan dan Cirebon tersebut dikenal sebagai "Sang Raja" di Jalan Pantura Jawa Barat.
Bus cepat pantura bus luragung, sahabat, bhineka, setia negara, maddona dan warga baru
Bus Pantura Kuningan - Cirebon Tujuan Jakarta - Merak
DOTGO.ID. Trans. Jalan Pantura (pantai utara) Jawa adalah salah satu ruas jalan tersibuk di Indonesia bahkan dunia, karena ruas Jalan Nasional I tersebut selalu ramai oleh kendaraan terutama oleh truk angkutan berat.

Jalan Pantura sendiri tak pernah sepi karena merupakan akses utama ekonomi di pulau Jawa. Jalan Pantura menghubungkan ujung barat Jawa di Banten, hingga bagian paling timur di Banyuwangi.

Selain didominasi oleh angkutan berat, Jalan Pantura juga menjadi pilihan utama bagi Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Sebagian Bus AKAP ini masih memilih Jalan Pantura ketimbang Jalan Tol Trans Jawa.

Keberadaan Bus AKAP ini sendiri memang masih sangat dibutuhkan oleh sebagian masyarakat, yang bermukim di sekitar wilayah Pantura. Karenanya, tak semua bus masuk jalan tol Trans Jawa, termasuk Tol Cipali.

Sebagian bus yang masih nampak melalui Jalan Pantura tersebut adalah bus trayek Jakarta - Cirebon, Kuningan - Jakarta, Cirebon - Merak, atau Kuningan - Merak, baik AC maupun non AC. Bus lainnya adalah jurusan Pagaden - Kampung Rambutam via Pamanukan.

Selain bus-bus tersebut, masih nampak pula bus asal Jawa Tengah seperti Dedy Jaya dan Menara Jaya dengan trayek Pekalongan -Tegal - Jakarta, dan atau sebaliknya.

Bagi masyarakat Jawa Barat yang tinggal di sekitar pesisir utara, tentunya sangat mengenal eksistensi dari bus- bus asal Kuningan dan Cirebon tersebut.

Selain memang masih sangat dibutuhkan, reputasi dari bus asal Kuningan dan Cirebon juga memang patut diperhitungkan. Konon, bus-bus tersebut selalu melaju kencang, hingga waktu tempuh pun menjadi lebih cepat.

Bus-bus asal Kuningan dan Cirebon ini dikenal sebagai penguasa atau Raja Jalan Pantura di pesisir Jawa Barat, karena memang selalu melaju kencang dengan ciri khasnya yaitu knalpot dan klakson yang menggelegar.

Beberapa PO bus asal Cirebon dan Kuningan yang sangat legendaris di Jalur Pantura tersebut adalah bus Luragung, Sahabat, Bhineka, Setia Negara, Maddona, dan Warga Baru.

Trayek dari bus-bus tersebut adalah Kuningan - Jakarta, Cirebon-Jakarta, Cirebon - Merak, atau Kuningan - Merak dan Pagaden - Rambutan. Saat ini, sebagian dari bus tersebut sudah melalui Tol Cipali (Cikopo - Palimanan).

Selain dikenal karena sering ngebut, keunikan lain dari bus ini adalah adanya tawar menawar ongkos bus, antara penumpang dan kondektur bus. Jika bisa menawar, konon penumpang akan bisa membayar ongkos sedikit lebih murah.
Penguasa Pantura Bus Kuningan - Cirebon - Jakarta -Merak
Keunikan lain dari bus-bus ini adalah banyaknya para pedagang asongan, yang sering turun naik bersamaan dengan para penumpang. Yang lebih unik, di atas bus ini juga banyak para pengamen dan Ceroke (cewek karaoke). mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »