ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kejar Bonus, Anak Kolam Tambak Udang Vanamee di Desa Muara Blanakan Bekerja Serius

On May 16, 2019 with No comments

Anak kolam adalah sebuah istilah untuk pekerja yang melakukan perawatan secara rutin di tambak budidaya udang vanamee. Selain tekhnisi yang bertugas untuk memantau kesehatan udang dan juga kadar PH air, kolam tambak udang vanamee juga mempekerjakan seorang anak kolam.
Anak kolam pekerja tambak udang vanamee di desa muara blanakan subang
Anak kolam sedang bekerja merawat udang vanamee
DOTGO.ID. Vanamee adalah jenis udang dari daerah sub tropis yang belakangan cukup banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di daerah pesisir utara pulau Jawa, seperti di wilayah Subang Jawa Barat.

Di sepanjang pesisir utara Subang, cukup banyak petani tambak yang kini membudidayakan jenis udang vanamee tersebut. Budidaya vanamee di Subang ini banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Blanakan.

Salah satu area tambak budidaya udang vanamee di wilayah Blanakan ini banyak ditemukan di Desa Muara, yang berseberangan dengan wilayah Desa Tanjungtiga (dibatasi Kali Ciasem).

Di wilayah Desa Muara, budidaya udang vanamee ini sendiri bisa ditemukan di hampir seluruh area tambak sejak Dusun Sukaasih hingga Sindanglaut, di sekitar TPI Mina Bahari.

Menurut warga setempat, budidaya udang vanamee di Desa Muara ini memberi kontribusi yang cukup besar karena mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Selain tenaga kerja lepas saat panen (raya) udang berlangsung, budidaya udang vanamee ini sendiri memang banyak merekrut tenaga kerja tetap, untuk merawat dan mengurus kolam.

Para pekerja tambak udang vanamee ini biasa disebut anak kolam, karena memang hampir sepanjang waktu berada di tambak, untuk merawat kolam udang.

Menurut seorang anak kolam yang mengaku bernama Azhar, rutinitas anak kolam udang vaname adalah memberi makan udang mulai jam 7 pagi, jam 11 siang, jam 3 sore, dan terakhir jam 7 malam.

"Selain memberi pakan, anak kolam juga harus rajin mengangkat kotoran air. Kincir juga harus terus diawasi, jangan sampai mati," ungkap Azhar, yang juga akrab disapa Kentung.

Azhar mengaku, semua anak kolam selalu kejar bonus selain gaji bulanan, "Kalau hasil panennya bagus, anak kolam bisa dapat bonus yang lumayan besar. Makanya kami (anak kolam) selalu bekerja serius."

Menurut Azhar, usia udang menjelang panen tergolong usia krusial dan harus mendapat pengawasan extra ketat. "Kolam udang yang saya urus ini usianya 81 hari. Sekitar sepuluh hari ke depan akan dipanen, harua dipantau terus."
Tambak budidaya udang vanamee di Desa Muara Blanakan
Udang vanamee sendiri biasa dipanen saat memasuki usia minimal 100 hari. Sebelum dipanen, pengelola tambak biasanya akan melakukan parsial (penjarangan) udang, agar kondisi tambak tetap ideal. baim/mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »