ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Empal Gentong H. Apud Kuliner Cirebon Legendaris, Sejarah Cita Rasa Empal Gentong dan Empal Asem

On June 02, 2019 with No comments

Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu gerai kuliner khas kota Cirebon yang menyajikan menu kuliner Cirebon paling populer yaitu empal gentong dan empal asem. Selain itu, kedai Empal Gentong H. Apud juga menyediakan menu sate kambing muda.
Kuliner Cirebon Empal Gentong haji Apud kuliner enak nikmat di kota cirebon
Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud Cirebon
DOTGO.ID. Kuliner. Cirebon adalah salah satu kota bersejarah di Jawa Barat, karena merupakan pusat penyebaran agama Islam di masa silam. Selain itu, Cirebon juga dikenal sebagai kota wisata kuliner salah satunya Empal Gentong.

Empal gentong sendiri adalah sajian irisan daging sapi dengan kuah santan yang rasanya sangat khas. Empal gentong dengan racikan bumbu khusus ini sudah menjadi salah satu ikon kuliner Cirebon paling populer.

Saat berkunjung ke kota Cirebon, wisatawan akan bisa dengan mudah menemui rumah makan atau restoran yang menyajikan menu utama empal gentong, salah satunya kedai Empal Gentong H. Apud.

Empal Gentong H. Apud sendiri saat ini merupakan warung empal gentong paling populer di Cirebon. Selain empal gentong, tersedia juga empal asem dan sate kambing muda.

Empal Gentong Haji Apud menjadi sangat populer karena rasanya yang sangat lezat dan khas. Saat disantap, rempah dan bumbunya terasa begitu meresap ke dalam irisan daging. Kuah santannya terasa begitu menyegarkan.

Bagi para pecinta kuliner empal yang tak menyukai santan, bisa memilih menu empal asem. Bumbu empal asem dan empal gentong masih sama, hanya saja empal asem mengganti santan dengan belimbing wuluh.

Untuk mendapat cita rasa empal yang lezat, irisan daging dan bumbu Empal Gentong H. Apud dimasak secara bersamaan dalam sebuah gentong, dengan kayu akar sebagai bahan bakarnya.

Dengan proses memasak tersebut, warung Empal Gentong H. Apud yang sudah sangat populer sejak 1994 ini tetap digemari para pelanggannya. Saat ini, Empal Gentong H. Apud sudah memiliki tiga cabang di kota Cirebon.
  • Empal Gentong Haji Apud Jalan Djuanda Plered
  • Empal Gentong Haji Apud Jalan Tuparev Kota Cirebon
  • Empal Gentong Haji Apud di Kawasan Batik Trusmi
Selain empal gentong, konon menu empal asem yang tak kalah lezat ini adalah hasil kreasi dari orang tua H. Mahfudz (Apud), yang saat itu masih berjualan empal gentong.

Sebelum kuliner Empal Gentong H. Apud (2009), masyarakat di seputaran kota Cirebon sudah lebih dulu mengenal Empal Gentong Pak Kumis yang merupakan orang tua dari Mahfudz atau Haji Apud.

Saat ini, Empal Gentong Haji Apud dengan tiga cabangnya tersebut biasa menghabiskan hingga dua kuintal daging sapi, yang cara memasaknya diawasi langsung oleh H. Apud dan anak anaknya.

Empal Gentong Haji Apud termasuk empal asem dihargai sekitar Rp 25.000 per porsi, sementara untuk sate kambing muda berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 50.000-an. Tersedia juga menu khas Cirebon lainnya yaitu Nasi Lengko.
Kuliner Cirebon Empal Gentong Haji Apud, Lezat
Empal Gentong H. Apud sendiri mulai buka sejak jam 9 pagi hingga jam 9 malam, atau pukul 21.00 WIB. Saat berkunjung ke kota Cirebon, rasanya kurang afdhal jika belum makan di Empal Gentong Haji Apud. mch/bm
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »