ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Pasar Batur Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Jawa Tengah, Pasar Wisata Dieng

On June 07, 2019 with No comments

Pasar Batur Banjarnegara adalah sebuah pasar rakyat atau pasar tradisional yang cukup besar, dan berada di wilayah Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pasar Batur adalah salah satu pasar yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng.
Dataran Tinggi Dieng Pasar Batur Banjarnegara kawasan wisata Dieng Jawa tengah
Pasar Batur Banjarnegara Dataran Tinggi Dieng
DOTGO.ID. Dieng. Batur adalah sebuah daerah kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara yang lokasinya berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Batur menjadi daerah yang cukup ramai karena lokasinya yang strategis.

Selain cukup ramai karena letaknya yang strategis, di daerah ini juga terdapat sebuah pasar tradisional atau pasar rakyat yang cukup besar, yaitu Pasar Batur.

Pasar Batur sendiri menjadi salah satu pasar tradisional terbesar di kawasan Dataran Tinggi Dieng, yang menyediakan hampir seluruh kebutuhan masyarakat.

Selain kebutuhan dasar seperti sembako, di Pasar Batur juga banyak terdapat toko pakaian dan juga toko elektronik yang menjual tv, kulkas, mesin cuci, penanak nasi (maguc jar), atau pun barang elektronik lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa toko yang menjual alat komunikasi khususnya telepon seluler (hp) dari berbagai merk dan jenis. Terdapat juga beberapa rumah makan termasuk warung jajanan tradisional.

Selain sebagai pasar, di kawasan ini juga terdapat sebuah terminal kecil yang menjadi akses transportasi masyarakat sekitar. Ada angkutan sejenis bus kecil (elf), dengan trayek Pasar Batur - Dieng - Wonosobo.

Tak hanya berfungsi sebagai pasar, kawasan ini juga merupakan sentra ekonomi warga sekitar yang mayoritasnya adalah para petani. Terdapat beberapa bank, kantor pos, atm, sekolah (SMAN 1 Batur), termasuk beberapa minimarket di kawasan ini.

Aktivitas jual beli di Pasar Batur Dieng sendiri hampir berlangsung sepanjang hari, namun aktivitas pasar paling ramai adalah sejak pagi hingga selepas siang hari menjelang sore.

Bagi para wisatawan dan para pengendara yang kebetulan melintas, tentunya bisa mampir di Pasar Batur untuk membeli oleh oleh khas Dieng seperti sirup carica, keripik kentang, purwaceng, atau pun kuliner khas Dieng lainnya.

Karena masyarakat Dataran Tinggi Dieng sendiri mayoritas adalah petani, pengunjung Pasar Batur pun akan sangat mudah menemui sayuran segar mulai dari kentang, cabai, kubis, kol, wortel hingga bawang dan tomat.

Pasar Batur sendiri berada di akses utama menuju kawasan wisata Dieng, jika diakses dari arah Pekalongan Linggo Asri dan Wanayasa, maupun dari Banjarnega via Karang Kobar.
Dataran Tinggi Dieng Pasar Batur Banjarnegara
Saat berkunjung atau berwisata ke Dieng, Pasar Batur tentunya bisa dijadikan salah satu tujuan wisata, untuk bisa melihat langsung aktifitas warga di pasar tradisional khas Datarah Tinggi Dieng. mch/baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »