ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Islamic Center Indramayu Masjid Syekh Abdul Manan Pusat Kegiatan dan Syiar Islam Megah di Jawa Barat

On July 09, 2019 with No comments

Islamic Center Indramayu adalah pusat kegiatan dakwah dan syiar Islam di Kota Indramayu, Jawa Barat. Masjid Syekh Abdul Manan Islamic Center Indramayu saat ini diyakini sebagai pusat kegiatan Islam paling megah di wilayah Jabar III, yeng meliputi Indramayu, Cirebon dan Kuningan.
Masjid Syeh abdul Manan Islamic Center Indramayu Masjid paling indah dan megah di pantura Jawa Barat
Islamic Center Indramayu Simpang Lima Pekandangan
DOTGO.ID. Islam. Indramayu adalah sebuah kota yang berada di daerah pesisir utara Jawa Barat. Indramayu dikenal sebagai salah satu kota penghasil mangga dan industri perikanan terbesar di Jawa Barat.

Kota Indramayu yang didìrikan oleh Raden Arya Wiralodra pada akhir tahun 1500-an ini makin dikenal setelah Islamic Center Indramayu (yang baru) diresmikan pada awal Bulan Ramadhan 2018 lalu.

Islamic Center Indramayu yang berada di Simpang Lima atau dikenal juga kawasan Bundaran Mangga Kota Indramayu ini menghabiskan biaya total sekitar Rp 40 miliar, yang berasal dari APBD Pemkab Indramayu.

Islamic Center Indramayu sendiri memiliki luas lahan total sekitar 6.600 meter per segi, dengan 3000 meter diantaranya digunakan untuk bangunan Islamic Center termasuk masjid yang kini berdiri sangat megah.

Masjid Syekh Abdul Manan Islamic Center Indramayu yang sangat indah ini memiliki ciri arsitektur khas Timur Tengah yang kental. Meski didesain dengan konsep bangunan modern, namun kesan gaya masjid klasik masih tetap dipertahankan.

Masjid Islamic Center Indramayu memiliki 4 buah menara yang menjulang tinggi sekitar 100 meter ke angkasa. Selain menara, masjid ini juga memiliki 3 kubah besar yang terlihat megah.

Interior di bagian dalam masjid yang biasa digunakan untuk shalat dihiasi dengan kaligrafi yang didominasi warna emas. Bagian dalam masjid ini terdiri dari dua lantai ruangan ber-AC.

Masjid Islamic Center Indramayu memiliki panjang sekitar 90 meter dan lebarnya mencapai 70 meter. Masjid Syekh Abdul Manan Islamic Center Indramyu juga memiliki ruang terbuka yang luas, dengan alas permadani hijau menyerupai rumput buatan.

Islamic Center Indramayu ini juga memiliki lahan parkir yang luas dan mampu menampung banyak kendaraan milik jamaah. Selain luas, di area parkir juga dibangun beberapa taman air mancur yang indah.

Masjid Islamic Center Indramayu akan nampak semakin megah dan indah saat malam hari, karena ada ratusan lampu LED yang sangat terang. Menurut beberapa jamaah, suasananya terasa mirip dengan masjid di Madinah.

Islamic Center Indramayu yang diresmikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan ini menjadi salah satu bangunan paling megah di wilayah pesisir utara (Pantura) Jawa Barat.

Masjid di Islamic Center Indramayu ini sendiri memiliki nama resmi yaitu Masjid Syekh Abdul Manan, yang diambil dari nama seorang ulama besar Kota Mangga Indramayu pada era 1800-an.

Syeh Abdul Manan yang banyak meninggalkan catatan berupa kitab kajian Islam ini tinggal di sekitar Kelurahan Paoman Kota Indramayu. Hingga kini, rumah bekas Syekh Abdul Manan masih tetap berdiri kokoh.

Karena dianggap berjasa terhadap syiar Islam di Indramayu, nama Syekh Abdul Manan pun akhirnya diabadikan menjadi nama Masjid di Islamic Center Indramayu yang baru.
Masjid Syeh Abdul Manan Islamic Center Indramayu
Islamic Center Indramayu sendiri berlokasi di Simpang Lima atau Bundaran Mangga Kota Indramayu, tepatnya di Jalan Seokarno - Hatta Nomor 1 Pekandangan telepon (0234) 274868. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »