ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kakap Putih Ikan Pelak Komoditas Perikanan di Pantai Muara Ciasem Blanakan Subang

On July 29, 2019 with No comments

Kakap Putih atau Ikan Pelak adalah salah satu jenis komoditas ikan yang banyak dijual di wilayah pantai utara (Pantura) Subang di wilayah Kecamatan Blanakan, tepatnya di Desa Muara Ciasem. Di Desa Muara, ada beberapa depo ikan yang secara khusus menjual ikan kakap putih atau pelak.
Depot Kakap Putih Ikan Pelak di Pantai Blanakan Subang Desa Muara Ciasem
Kakap Putih/Pelak Komoditas Ikan Blanakan Subang
DOTGO.ID. Budidaya. Kakap putih (pelak) adalah jenis ikan yang tergolong dalam organisme Euryhaline karena mampu hidup diperairan laut dengan kadar garam tinggi, meski pun habitat utama kakap putih berada di air tawar dan payau.

Ikan kakap putih masuk dalam kelompok ikan katadromus, yaitu jenis ikan yang berkembang di air tawar dan payau seperti tambak dan muara sungai, lalu akan kawin dan beranak pinak di perairan laut (lepas pantai).

Kakap putih atau ikan pelak ini adalah jenis ikan berpindah, yaitu dari daerah sungai berair payau hingga tawar, ke wilayah perairan laut yang memiliki kadar garam tinggi, dan begitu juga sebaliknya.

Selain berkembang biak secara alami, kakap putih ini juga menjadi salah satu jenis ikan yang bisa dibudidayakan atau diternakan baik itu di tambak air payau hingga air asin (laut).

Kakap putih yang hidup di sekitar muara sungai dan perairan laut (pantai) ini memiliki banyak nama dan penyebutan yang berbeda. Bagi sebagian besar warga nelayan di pulau Jawa, kakap putih ini dikenal dengan sebutan ikan pelak.

Di banyak daerah di Indonesia, kakap putih memiliki banyak nama seperti ikan dubit tekong (Madura), talungar (Sulawesi), ikan petakan, ikan cabik, ikan kaca kaca hingga ikan pica pica.

Ikan kakap putih atau pelak yang memiliki kandungan gizi dan protein yang sangat baik ini adalah salah satu jenis ikan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia.

Karenanya, ikan kakap putih pelak ini memiliki harga jual yang lumayan lebih tinggi dari jenis ikan lain. Permintaan pasar pada ikan pelak ini juga tetap tinggi.

Sepintas, ikan kakap putih memiliki ciri pisik yang hampir serupa dengan ikan kakap merah. Dalam ilmu biologi, kakap putih atau ikan pelak ini memiliki nama ilmiah Lates calcalifer.

Kakap Putih/Ikan Pelak:
  • Kingdom: Animalia
  • Fhilum: Chordata
  • Kelas: Actinopterygi
  • Ordo: Perciformes
  • Family: Latidae
  • Genus: Lates
  • Spesies: Lates calcalifer
Kakap putih yang secara global disebut Sea Bass Fish (ikan kakap laut) ini tersebar luas di wilayan perairan Hindia Pasifik bagian barat dari Autralia Utara, Papua New Guniea hingga Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

Ikan kakap putih yang juga disebut ikan Barramundi di Australia atau ikan Pla Kapong di Thailand ini hidup subur di perairan laut Jawa, termasuk di wilayah pesisir utara (Pantura) Subang, Jawa Barat.

Di daerah Pantura Subang khususnya di wilayah Kecamatan Blanakan, kakap putih atau ikan pelak ini banyak terdapat di area tambak budidaya ikan dan udang, dan juga di sepanjang daerah muara sungai.

Menurut seorang pekerja di depot ikan pelak di Desa Muara Ciasem, kakap putih ini menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Permintaan pasar terhadap ikan pelak ini juga tak pernah sepi.

"Setiap hari kami selalu mengirim ikan pelak (kakap putih) ini ke Jakarta. Kami biasa mengirim pelak secara kolektif bersama para pengepul lain yang mengirim banyak jenis ikan dan udang ke Jakarta," ujar seorang pekerja di AD Jaya Muara Ciasem Blanakan Subang.
Depot Ikam Pelak Kakap Putih di Muara Ciasem
Meski demikian, AD Jaya juga tetap melayani para pembeli yang datang langsung, karena stok ikan kakap putih sendiri selalu ada setiap harinya. "Kalau mau ikan pelak (kakap putih) hubungi saja kami di 0852 2172 9317," pungkasnya. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »