ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Pantai Karang Song TPI Mina Sumitra Indramayu Penghasil Ikan Terbesar di Pesisir Utara Jawa Barat

On July 09, 2019 with No comments

Karang Song adalah sebuah kawasan nelayan yang ada di wilayah Indramayu. Selain dikenal sebagai tempat wisata pantai, di Karang Song terdapat sebuah tempat pelelangan ikan atau TPI, yakni KPL (Koperasi Perikanan Laut) Mina Sumitra.
Perahu dan kapal ikan yang bersandar di Karang Song TPI Mina Sumitra Indramayu
Kawasan Nelayan Karang Song Indramayu Jawa Barat
DOTGO.ID. Bahari. TPI Mina sumitra adalah tempat pelelangan ikan yang berlokasi di Karang Song, indramayu, Jawa Barat. TPI Mina sumitra adalah salah satu tempat pelelangan ikan terbesar yang ada di wilayah pesisir utara.

Sebagai salah satu penghasil ikan laut terbesar di pesisir utara jawa barat, kawasan nelayan Karang Song ini setiap harinya selalu ramai oleh kapal ikan berukuran besar, yang sedang bersandar, atau membongkar hasil tangkapan ikan.

Menurut beberapa nelayan yang ditemui di lokasi, jumlah ikan laut hasil tangkapan nelayan, yang masuk ke TPI Mina Sumitra, adalah salah satu yang terbesar di jawa barat.

Terlebih, ada sekitar 500 kapal ikan berukuran besar, milik nelayan indramayu, yang sebagiannya bersandar di pelabuhan ikan Karang Song tersebut.

Karenanya, sebagian nelayan berharap, Karang Song segera dibangun menjadi pelabuhan ikan nusantara, yang mampu menampung lebih banyak kapal ikan berukuran besar.

Dengan kondisi tersebut, proses bongkar muat ikan diyakini akan bisa menjadi lebih cepat dan mudah. Tak akan lagi ada antrian panjang kapal saat sedang bongkar ikan.

Selain sebagai kawasan nelayan, Karang Song juga dikenal sebagai kawasan wisata bahari, paling populer di indramayu. Tak hanya pantai yang cukup indah, di Karang Song juga terdapat wisata hutan mangrov atau hutan bakau.

Wisatawan juga bisa mengunjungi pulau biyawak, yang jaraknya sekitar 2 jam perjalanan laut, dari pantai Karang Song indramayu. Pulau Biyawak adalah salah satu tujuan wisata paling favorit di Indramayu.

Cukup banyak pula wisata kuliner yang menyajikan gombyang kepala ikan manyung, atau pun hidangan ikan laut lainnya termasuk udang, kepiting, cumi cumi, hingga kerang.

Sebagai salah satu tujuan wisata di indramayu, suasana di Karang Song sendiri setiap harinya memang nampak selalu ramai. Saat memasuki akhir pekan, atau musim liburan, jumlah wisatawan yang mengunjungi pantai Karang Song pun akan semakin ramai.

Tak hanya warga Indramayu, kawasan nelayan pantai Karang Song ini juga kerap dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Karang Song adalah kawasan nelayan, yang sekaligus juga menjadi tempat wisata pantai paling legendaris di wilayah Indramayu.
Kapal Ikan di TPI Mina Sumitra Karang Song Indramayu
Lokasi Pantai Karangsong juga cukup mudah diakses karena cukup dekat dari pusat kota Indramayu. Pantai Karang Song juga cukup dekat jika diakses dari arah Balongan atau Karang Ampel. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »