ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Pasar Ngasem Taman Sari Keraton Yogyakarta Pasar Bersejarah Sejak Tahun 1809

On July 03, 2019 with No comments

Pasar Ngasem Yogyakarta adalah salah satu pasar tertua yang terletak di sekitar Keraton Yogya, persisnya di sekitar Taman Sari. Sebagai salah satu pasar paling bersejarah di Kota Yogya, Pasar Ngasem ini diyakini sudah ada sejak tahun 1809.
Pasar Ngasem Taman Sari Keraton Yogya Pasar Tradisional yang Sejarah
Pasar Ngasem Taman Sari Keraton Yogyakarta
DOTGO.ID. Pasar Ngasem di sekitar Taman Sari Keraton Yogya, adalah salah satu pasar yang cukup populer karena letaknya berada di depan benteng keraton, persisnya di sekitar wisata Kampung Budaya Taman Sari.

Sebelum direlokasi, Pasar Ngasem dikenal sebagai pasar burung terbesar di kota Yogyakarta, karena mayoritas pedagang yang ada di pasar tersebut memang menjual bermacam jenis burung.

Sebelum menjadi pasar, kawasan ini adalah sebuah danau yang sering dimanfaatkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono II (HB II) untuk berwisata sambil melihat suasana keraton Yogya dari luar benteng keraton.

Seiring berjalan waktu, danau tersebut lambat laun mengering dan berubah fungsi menjad pasar yang khusus menjual burung. Karenanya, Pasar Ngasem dikenal juga sebagai pasar burung.

Keberadaan Pasar Ngasem sebagai pasar burung ini diperkuat dengan budaya yang berlaku di kalangan masyarakat Jawa terutama kaum pria, yang akan dianggap sukses jika memiliki kukila atau burung peliharaan.

Berdasar akar budaya Jawa, kaum lelaki akan dianggap mapan dan sukses jika memiliki rumah (wisma), wanita (isteri) kuda (turangga) keris (curiga), dan kukila (burung).

Pasar Ngasem sendiri menjadi semakin ramai saat pedagang burung dari Pasar Bringharjo di pindah ke Pasar Ngasem, pada sekitar tahun 1960-an. Status Pasar Ngasem sebagai pasar burung pun makin diakui.

Karena kondisinya yang semakin ramai, pedagang burung yang ada di Pasar Ngasem lantas direlokasi ke Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta pada 22 Maret 2010.

Relokasi pedagang burung di Pasar Ngasem ini dilakukan untuk menjaga suasana pasar, dan sebagai langkah untuk menjaga objek wisata Kampoeng Boedaja Taman Sari tetap nyaman dan kondusif.

Meski demikian, hingga kini Pasar Ngasem di Jalan Polowijo 11 masih tetap ramai karena masih banyak para pedagang yang menjual barang kebutuhan pokok dari sembako, sayur mayur hingga buah.

Selain aktivitas jual beli layaknya pasar tradisional, di kawasan ini juga terdapat ruang terbuka hijau yang terintegrasi dengan Taman Sari Yogya, yang bisa dimanfaatkan warga untuk bersantai atau pun berolah raga.
Pasar Ngasem Yogyakarta Pasar Bersejarah Sejak 1809
Pasar Ngasem di sekitar Taman Sari Keraton Yogya ini sudah dianggap sebagai salah satu ikon, yang juga turut menjadi saksi sejarah dari perjalanan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »