ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Sumur Keramat Makam Raden Singaperbangsa Cilamaya Karawang yang Diyakini Membawa Berkah Oleh Para Peziarah

On July 18, 2019 with No comments

Sumur tua (keramat) di makam Raden Singa Perbangsa Keramat Manggung Jaya sering dimanfaatkan oleh para peziarah karena dianggap memiliki banyak karomah. Sebagian peziarah merasa yakin jika mandi dengan air sumur keramat Raden Singa Perbangsa akan bisa membawa berkah.
Sumur Tua Raden Singaperbangsa bisa membuat enteng jodoh dan mengobati penyakit
Sumur Keramat Raden Singapeebangsa Cilamaya Karawang
DOTGO.ID. Singaperbangsa Raden Adipati (Galuh) Kertabumi IV, adalah Bupati Karawang pertama yang mulai memerintah sebagai Wedana Bupati Karawang sejak tahun 1633 hingga tahun 1677.

Raden Singa Perbangsa menjadi pemimpin Karawang setelah Raden Wira Perbangsa (ayah Singa Perbangsa) meninggal dunia pada 1633, tak lama setelah dilantik menjadi pemimpin Karawang oleh Sultan Agung Mataram.

Raden Singa Perbangsa yang juga bergelar Dalem Kalidaon atau Kyai Panembahan Eyang Manggung ini meninggal dunia pada tahun 1677, dan dimakamkan di Dusun Ciparage Desa Manggung Jaya Cilamaya Kulon.

Makam Raden Singa Perbangsa saat ini dikenal sebagai Kompleks Makam Bupati Karawang atau Keramat Manggung Jaya. Keramat Manggung Jaya terletak di Jalan Raden Singa Perbangsa, di akses jalan antara Tempuran dan Cilamaya.

Selain isteri Raden Singa Perbangsa yaitu Siti Amsiyah, di kompleks makam ini juga terdapat beberapa makam Bupati Karawang yang lain, yang diantaranya adalah masih keturunan dari Raden Singa Perbangsa.

Sebagai tokoh yang pernah sangat berjasa, makam Raden Singa Perbangsa ini menjadi salah satu situs bersejarah yang paling banyak diziarahi oleh masyarakat Karawang.

Tak hanya masyarakat Karawang dan sekitarnta, situs makam Raden Singa Perbangsa atau Keramat Manggung Jaya ini juga sering dikunjungi oleh para peziarah dari daerah lain dari luar Karawang.

Selain makam Raden Singa Perbangsa, di komplek Makam Bupati Karawang Manggung Jaya ini juga terdapat sebuah sumur tua yang diyakini sebagai sumur peninnggalan dari Bupati Karawang pertama tersebut.

Sumur tua yang dikeramatkan oleh warga sekitar dan sebagian para peziarah ini letaknya berada di belakang bangunan cungkup makam, tepatnya di depan samping kiri mushola yang ada dalam lingkungan komplek makam.

Menurut beberapa peziarah, asbab dari air sumur tua ini bisa membuat enteng jodoh, bisa mengobati penyakit, bahkan bisa juga untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.

Meski demikian, para peziarah juga mengatakan jika air sumur keramat Singa Perbangsa ini hanyalah sebuah media atau perantara, karena segala sesuatunya tetap atas kehendal Allah SWT. "Tetap berdoa dan memohon kepada Allah, yang menguasai segalanya."

Sumur keramat Singa Perbangsa sendiri adalah jenis sumur timba yang cukup dalam dan konon tak pernah kekeringan. Sumur keramat Manggung Jaya ini dikelilingi oleh tujuh buah gentong berukuran sedang yang biasa dipakai untuk berwudhu (padasan).

Selain air sumur keramat Singa Perbangsa yang sejuk, suasana di sekitar Kompleks Makam Bupati Karawang ini juga sangat asri, karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.
Ziarah Makam Bupati Karawang Raden Singapeebangsa
Keramat Manggung Jaya ini bisa diakses melalui Jalan Raden Singa Perbangsa yang menghubungkan wilayah Kecamatan Tempuran dan Cilamaya Kulon, tepatnya di Dusun Ciparage Desa Manggung Jaya. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »