ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Bajidor Seni Jaipong - Kliningan Sejarah Bajidoran di Karawang dan Subang

On August 20, 2019 with No comments

Bajidor adalah salah satu jenis seni tradisi yang cukup populer di wilayah Jawa Barat khususnya daerah Subang dan Karawang, juga sebagian wilayah Bandung dan sekitarnya. Bajidor atau Bajidoran adalah nama lain dari seni tradisi Jaipongan yang juga kadang disebut Kliningan.
Sejarah Bajiodr Jaipongan di Karawang dan Subang Jawa Barat
Lingkung Seni Jaipong Wargi Saluyu Cibogo Subang
DOTGO.ID. Seni. Jaipong atau Kliningan adalah salah satu jenis kesenian tradisional dari daerah Jawa Barat yang berkembang pesat di wilayah Karawang dan Subang, hingga sebagian wilayah Bandung dan sekitarnya.

Kesenian Jaipongan atau Kliningan ini biasanya akan dipertontonkan saat ada kenduri atau acara selamatan seperti resepsi pernikahan, walimatul khitan (sunatan) hingga acara lain baik itu kegiatan resmi maupun tak resmi.

Kesenian Kliningan Jaipongan sendiri adalah seni tradisi yang menampilkan tarian khas Jawa Barat (Sunda) dengan iringan seperangkat gamelan yang terdiri dari kendang (pencak), rebab, gong, saron, dan beberapa alat (tabuh) lainnya.

Selain keberadaan sinden atau juru kawih (juru tembang) yang akan melantunkan tembang khas Sunda Jaipongan, kesenian ini juga diiringi oleh beberapa penari yang sudah sangat terlatih.

Selain para penari dari grup jaipongan itu sendiri, kesenian ini juga biasanya akan diikuti oleh para penari simpatisan baik itu pria maupun wanita. Para penari dari luar grup jaipong ini biasa disebut Bajidor.

Istilah Bajidor atau Bajidoran sendiri memang merujuk pada para penonton yang ikut menari, (biasanya) di bawah panggung seni Jaipongan atau Kliningan.

Selain menari, para Bajidor ini juga sering pula ikut memberi uang (saweran) pada penari maupun sinden (juru kawih) Jaipongan. Selain Bajidor biasa, terdapat juga Bajidor yang sudah sangat ahli, yang oleh sebagian warga Subang biasa disebut Pamogoran.

Pamogoran sendiri adalah Bajidor yang mampu menguasai tekhnik tari jaipong Ketuk Tilu (jaipong kombinasi pencak silat). Karenanya, Jawara Ketuk Tilu ini biasanya sangat ahli dalam ilmu beladiri pencak silat Sunda.

Seni Jaipong atau Kliningan yang melahirian istilah Bajidor (penari dari kalangan penonton) ini sendiri diyakini mulai sangat eksis sejak antara tahun 1960-an dan 1970-an. Hingga kini Bajidoran dan Jaipongan adalah dua sisi yang tak terpisahkan.

Berdasar catatan Sejarah Seni Jaipong, kesenian ini mulai berkembang di sekitar wilayah Karawang dengan salah satu tokohnya yakni H. Suwanda (pemimpin seni Jaipong Suwanda Grup). Sejak itu, seni Sunda ini pun mulai mendapat apresiasi dari kalangan pecinta seni di Jawa Barat.
Bajidor Jaipongan di Desa Muara Blanakan Subang
Pada sekitar tahun 1970-an, seorang seniman asal Bandung yaitu Gugum Gumbira lantas membuat kreasi tari (koreografi) yang saat ini dikenal sebagai Tari Jaipong. Kesenian rakyat ini pun lantas berkembang pesat dan dikenal luas di seantero Jawa Barat.  mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »