ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kedok Menyon dan Barongsai Aksi Unik yang Mengiringi Pawai Singa Dangdut di Pantura Subang

On August 09, 2019 with No comments

Kedok menyon adalah seseorang penari (lawak) yang memakai topeng lucu dalam pawai Singa Dangdut (arak arakan) pengantin sunat di wilayah Pantura Subang. Selain kedok menyon, atraksi ini juga biasa diiringi oleh aksi barongsai.
Baringsai dan Kedok Menyon Mengiringi Atraksi Singa dangdut di Pantura Subang
Atraksi Singa Dangdut Diiringi Aksi Kedok Menyon
DOTGO.ID. Budaya. Sisingaan adalah salah satu budaya asli asal Subang Jawa Barat yang biasa digelar dalam setiap momen penting, salah satunya saat ada seorang anak (biasanya anak laki laki) yang dikhitan atau disunat.

Sisingaan adalah jenis tandu yang menyerupai singa lalu dinaiki anak yang dikhitan, kemudian digotong dan diarak berkeliling kampung. Sisingaan biasanya diiringi musik tradisional kendang pencak.

Seiring berjalannya waktu, Sisingaan ikut berubah dan mengikuti tren yang terus berkembang. Sisingaan tak lagi hanya berbentuk singa, tetapi juga dipadukan dengan bentuk hewan lain agar lebih menarik minat anak anak.

Tak hanya bentuk singa yang berubah, musik pengiring pun ikut berganti, yakni dengan musik modern khas Pantura Jawa Barat. Meski demikian, Sisingaan yang asli tetap bertahan dan masih tetap eksis hingga kini.

Berbeda dengan Sisingaan asli Subang, sisingaan atau arak arakan gaya baru ini berkembang pesat di wilayah pesisir utara Subang, hingga Indramayu dan Cirebon, bahkan sebagian wilayah Karawang.

Saat pentas, sisingaan gaya baru atau arak arakan ini akan diiringi oleh banyak penari yang berdandan dengan unik, salah satunya kedok menyon termasuk juga aksi barongsai.

Kedok menyon sendiri adalah sejenis topeng yang menyerupai badut, namun bentuknya dibuat miring agar terlihat lucu dan lebih menarik. Penari kedok menyon ini akan menari sepanjang pertunjukan Singa Dangdut dengan gaya yang lucu dan khas.

Selain kedok menyon, arak arakan yang oleh warga Indramyu disebut Kuda Depok ini juga akan diiringi oleh bermacam atraksi salah satunya barongsai. Sisingaan jenis baru tersebut kini lebih populer dengan sebutan Singa Dangdut.

Seperti halnya kedok menyon, barongsai juga akan turut serta mengiringi atraksi arak arakan (citot) pengantin sunat, saat berkeliling kampung untuk menghibur masyarakat.
Aksi Kedok Menyon dan Barongsai Putra Genades
Belakangan, kesenian khas pesisir ini juga banyak diminati oleh masyarakat di wilayah tengah dan selatan Subang, yang memiliki kultur dan budaya (Sunda) yang sedikit berbeda dengan budaya di Pantura.  mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »