ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kota Pemalang Kabupaten Bersejarah di Pesisir Utara Jawa Tengah

On August 03, 2019 with No comments

Pemalang adalah sebuah kota kabupaten yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang yang terpusat di Kota Pemalang ini berbatasan dengan Pekalongan di timur, Tegal di barat, Purbalingga di selatan, dan laut Jawa di utara.
Sejarah Kota Pemalang Kabupaten Pemalang Jawa tengah
Gerbang Kota Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
DOTGO.ID. Sejarah. Pemalang adalah sebuah kota yang berada di pesisir utara Jawa, dan masuk ke dalam wilayah Jawa Tengah. Pemalang merupakan salah satu kota yang cukup penting di wilayah Pantai Utara Jawa.

Kota Pemalang yang berada di antara wilayah Tegal dan Pekalongan ini menjadi salah satu kota yang dilintasi oleh Jalan Pantura Jawa, yang merupakan ruas Jalan Nasional I, dan sebagai salah satu jalan paling sibuk di Indonesia.

Kota kabupaten Pemalang sendiri secara resmi berdiri sejak tanggal 24 Januari 1575. Kota Pemalang yang berada di pesisir utara ini sudah dianggap sebagai kota pelabuhan penting di wilayah utara Jawa.

Pemalang dengan populasi penduduk sekitar 1,5 juta jiwa (sensus 2017) ini tercatat dalam sejarah sebagai salah satu wilayah yang memiliki peran penting sejak zaman Sultan Agung Mataram.

Pemalang sudah menjadi bagian penting Mataram sejak tahun 1622. Saat itu, Kesultanan Mataram menunjuk seorang Kyai Lurah untuk menjadi stade holder, atau pemimpin pemerintahan di Pemalang mewakili Mataram.

Menurut beberapa sumber, ada seorang panglima perang asal Pemalang, yakni Tumenggung Mangun Maoneng yang pernah memimpin pasukan besar dalam menaklukan Surabaya pada sekitar tahun 1625.

Catatan terkait eksistensi dari kota kabupaten dan Pemalang sendiri banyak ditemukan dalam naskah Bujangga Manik, seorang pengelana asal Kerajaan Sunda di akhir abad 15.

Menurut Wikipedia, catatan terkait eksistensi kota kabupaten Pemalang juga banyak ditemukan dalam naskah Belanda, yang salah satunya pernah ditulus oleh Rijkloff van Goen.

Kabupaten Pemalang dengan luas total sekitar 996 kilo meter per segi ini terbagi dalam 14 wilayah kecamatan, yang membawahi sekitar 200 lebih wilayah desa dan kelurahan yang ada di Pemalang.

Kecamatan di wilayah Pemalang:
  • Kecamatan Kota Pemalang
  • Kecamatan Randudongkal
  • Kecamatan Moga
  • Kecamatan Bantarbolang
  • Kecamatan Watukumpul
  • Kecamatan Pulosari
  • Kecamatan Warungpring
  • Kecamatan Belik
  • Kecamatan Taman
  • Kecamatan Petarukan
  • Kecamatan Ampelgading
  • Kecamatan Comal
  • Kecamatan Bodeh
  • Kecamatan Ulujami
Pemalang yang luas membentang dari wilayah pesisir hingga ke wilayah Pegunungan ini juga dikenal memiliki banyak tempat wisata diantaranya, wisata Gunung Slamet, Pantai Joko Tingkir, kawasan Moga, Widuri Water Park, Air Terjun Silawet, hingga kawasan kota dan alun alun kota Pemalang.

Selain tempat wisata, cukup banyak pula penemuan arkeologis yang bisa menjadi petunjuk akan keberadaan kelompok awal manusia (purba) yang pernah tinggal Pemalang.

Pemalang juga dikenal memiliki corak Islam yang kuat, yang bisa dibuktikan dengan keberadaan situs dan makam beberapa tokoh penyebar Islam di Pemalang, yang diyakini memiliki kaitan erat dengan Wali Songo, yaitu dewan penyebar Islam di pulau Jawa.
Kabupaten Pemalang Kota Bersejarah di Jawa Tengah
Selain itu, Pemalang juga menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang banyak diziarahi karena keberadaan makam tokoh penting yang cukup dikeramatkan, diantaranya adalah Ki Pandan Jati dan Mbah Bantar Bolang Pemalang. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »