ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Pemukiman Nelayan Ciparage TPI Samudera Mulya Tempuran Karawang Jawa Barat

On August 24, 2019 with No comments

TPI Samudera Mulya adalah salah satu tempat pelelangan ikan yang ada di wilayah pesisir utara Karawang tepatnya di Desa Ciparage Tempuran. Ciparage sendiri adalah sebuah kampung atau pemukiman nelayan yang berada persis di bibir pantai Tempuran Karawang Jawa Barat.
Perkampungan Nelayan Ciparage Tempuran Karawang Tempat jual Beli Ikan
Perahu Nelayan di TPI Samudera Ciparage Tempuran
DOTGO.ID. Ciparage. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya adalah sebuah lembaga koperasi yang biasa dimanfaatkan oleh para nelayan untuk menjual hasil tangkapan ikan setelah pulang dari melaut.

Setelah pulang dari melaut dengan membawa hasil tangkapan ikan, para nelayan biasanya akan langsung membawa ikan tersebut untuk dilelang (dijual) di TPI, yang biasanya berada di daerah muara sungai.

Di wilayah Jawa Barat khususnya di daerah pesisir utara Karawang, cukup banyak Tempat Pelelangan Ikan yang berdiri di sepanjang perairan Karawang, salah satunya adalah TPI Samudera Mulya di Desa Ciparage Jaya Kecamatan Tempuran.

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Samudera Mulya Tempuran sendiri berada persis di kawasan pemukiman nelayan Ciparage Jaya, di sekitar kawasan wisata Pantai Cibendo atau wisata Pantai Ciparage Jaya.

Pemukiman nelayan dan TPI Samudera Mulya Ciparage di muara sungai Cijalu ini adalah sebuah kawasan yang cukup ramai, dan menjadi salah satu simpul ekonomi masyarakat di sekitar wilayah kecamatan Tempuran.

Setiap harinya, kawasan ini selalu ramai oleh aktivitas ekonomi warga baik itu di TPI Samudera Mulya maupun di sekitar lingkungan kampung nelayan Ciparage Jaya Tempuran Karawang.

Selain ikan laut (segar) hasil tangkapan para nelayan, di kawasan kampung nelayan Ciparage ini juga cukup banyak sentra olahan ikan kering atau ikan asin, yang juga memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

Tak hanya hasil laut, di sekitar kampung nelayan Ciparage Tempuran juga cukup banyak tambak budidaya ikan dan udang. Lebih dari itu, di kawasan ini cukup banyak para petani garam tradisional.

Pusat keramaian di kampung nelayan Ciparage Tempuran Karawang ini sendiri terkonsentrasi di sekitar TPI Samudera Mulya, yang letaknya berada persis di muara sungai Cijalu, di tepi pantai Tempuran.

Untuk menunjang aktivitas dan akses ekonomi warga, jalan menuju pemukiman nelayan Ciparage ini sendiri sudah sangat bagus dan mulus. Terdapat juga sebuah jembatan permanen yang menjadi akses antara TPI Samudera Mulya dengan kampung nelayan yang berada di seberang barat sungai.
TPI Samudera Mulya di Muara Ciparage Sungai Cijalu 
Selain dikenal karena hasil komoditas perikanan, pantai Ciparage Tempuran ini juga cukup populer karena tempat wisata bahari, yaitu Pantai Cibendo yang lokasinya cukup dekat dengan tempat wisata Pantai Tanjung Baru Cilamaya.  mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »