ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Pendopo Ki Gede Sebayu Bangunan Bersejarah di Kota Tegal, Wisata Sejarah Tegal Jawa Tengah

On August 11, 2019 with No comments

Pendopo Ki Gede Sebayu Tegal adalah salah satu bangunan paling bersejarah di kota Tegal Jawa Tengah. Pendopo Ki Gede Sebayu yang kini berfungsi sebagai pendopo Balai Kota Tegal menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang memiliki peran penting hingga saat ini.
Wisata Sejarah Tegal Pendopo Ki Gede Sebayu Balaikota Alun alun Tegal
Pendopo Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal Jawa Tengah
DOTGO.ID. Sejarah. Tegal adalah salah satu kota paling bersejarah di Jawa Tengah, dan juga merupakan salah satu kota pelabuhan paling penting di wilayah pesisir utara Jawa. Karenanya, kota Tegal juga disebut Kota Bahari.

Karena letaknya yang sangat strategis, kota Tegal yang dilalui oleh Jala Raya Pos (Anyer - Panarukan) yang dibangun oleh Herman Willem Daendels pada sektar tahun 1808 hingga 1809 ini menjadi salah satu kota perdagangan paling penting di Pulau Jawa.

Tegal yang merupakan kota bersejarah ini juga merupakan daerah karesidenan yang membawahi beberapa kota penting lain di sekitarnya. Daerah Kota Karesidenan Tegal sejak 1927 ini mencakup wilayah Tegal, Brebes dan Pemalang.

Hingga kini, cukup banyak bangunan bersejarah di kota Tegal yang masih berdiri kokoh diantaranya Benteng Pasar Pagi, Waterleideng (menara air, Gedung DPRD, Stasiun Tegal, Kantor Pos, hingga Pendopo Ki Gede Sebayu.

Diantara deretan puluhan bangunan cagar budaya bersejarah di Tegal tersebut, Pendopo Ki Gede Sebayu menjadi salah satu bangunan yang paling banyak menarik perhatian.

Pendopo Ki Gede Sebayu yang kini menjadi pendopo Balai Kota Tegal dan berada ruang lingkup Pemkot Tegal, menjadi salah satu bangunan paling menarik karena bentuk maupun material (bahan) bangunan yang digunakan.

Pendopo Ki Gede Sebayu adalah bangunan besar berbentuk aula yang luas dan mayoritas terbuat dari bahan kayu yang diukir sangat rapi. Hingga kini, Pendopo Ki Gede Sebayu masih mempertahankan bentuk aslinya.

Pendopo Ki Gede Sebayu yang dipugar beberapa tahun lalu ini hanya ditambah kaca lipat di bagian jendela, yang sebelumnya selalu terbuka tanpa kaca. Selan jendela, ada penambahan pintu masuk di bagian utara, termasuk pondasi dengan lantai keramik.

Pendopo Balai Kota Tegal atau Pendopo Ki Gede Sebayu ini mulai berdiri pada tahun 1825, yang mulai dibangun bersamaan dengan Masjid Agung Tegal yang berada di seberangnya, yakni di Alun alun Kota Tegal.

Sebelumnya, Pendopo Ki Gede Sebayu yang terletak di Kompleks Kaloran ini sempat digunakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal di awal masa kemerdekaan Indonesia.

Saat pusat pemerintahan atau Ibu kota Kabupaen Tegal dipindah ke kota Slawi berdasar pada PP No. 2 Tahun 1984, Pendopo Ki Gede Sebayu ini secara resmi menjadi Aula Balai Kota Pemerintah Kota Tegal, yang terletak di Jalan Ki Gede Sebayu, persis di samping Alun alun Kota Tegal.

Ki Gede Sebayu sendiri adalah seorang tokoh yang diyakini sebagai pendiri awal pemukiman di sekitar kota Tegal (Tlatah Tegal), pada sekitar akhir tahun 1500-an. Sebelumnya, Ki Gede Sebayu pernah mengabdi pada Sultan Hadiwijaya di Keraton Pajang.

Setelah terjadi perebutan kekuasaan di Pajang antara Pangeran Benowo dan Aryo Pangiri yang juga melibatkan Jipang dan Mataram, pada sekitar tahun 1587 Ki Gede Sebayu bersama pengikut lantas pergi meinggalkan Keraton Pajang ke arah barat.

Setelah sampai di wilayah barat, Ki Gede Sebayu dan para pengikutnya lantas membabat alas (hutan) Tlatah Tegal, yang kini diyakini menjadi daerah pemukiman (wilayah) utama Kota Tegal, Jawa Tengah.
Pendopo Ki Gede Sebayu Bangunan Bersejarah di Kota Tegal
Ki Gede Sebayu yang merupakan putera dari Pangeran Onje Dipati Pubalingga ini diyakini memiliki garis darah bangsawan dari Batoro Katong Syech Sekar Delma, Adipati Wengker Ponorogo Jawa Timur.  mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »