ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Cilamaya Karawang Sejarah KH Noer Muhammad Iskandar SQ

On August 26, 2019 with No comments

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 dan 4 (putra dan putri) di Cilamaya Karawang adalah salah satu cabang dari lembaga pendidikan Islam yang berpusat di Kawasan Kedoya Kebon Jeruk Jakarta Barat. Selain di Karawang, Asshiddiqiyah juga memiliki cabang pesantren di Bogor, Tengerang, Sukabumi, Lampung hingga Palembang Sumatera Selatan.
Sejarah Pondok Pesantren Asshiddiqiyah KH Noer Muhammad Iskandar SQ
Pondok Pesantren Asshiddiqiyah lembaga Pendidikan Islam
DOTGO.ID. Islam. Asshiddiqiyah adalah salah satu pondok pesantren yang cukup populer di pulau Jawa bahkan hingga ke seluruh nusantara. Pondok Pesantren Asshiddiqiyah didirikan oleh ulama mashyur Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ.

Sejarah Ponpes Asshiddiqiyah yang kini sudah memiliki ribuan santri tersebut bermula saat didirikan pada sekitar bulan Juli 1985 atau bertepatan dengan bulan Rabiul Awal 1406 Hijriah, di kawasan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar SQ sendiri adalah seorang ulama besar asal Jawa Timur yang cukup populer di Indonesia. KH Noer Muhammad Iskandar SQ adalah putera dari KH Iskandar, pengasuh Ponpes Sumber Beras Banyuwangi.

Selain mendalami ilmu agama Islam sejak dini di Ponpes Manbaul Ulum Sumber Beras yang diasuh oleh ayahnya, KH Noer Muhammad Iskandar juga cukup lama mengenyam pendidikan agama Islam di Ponpes Lirboyo Kediri Jawa Timur.

Pada tanggal 1 Juli 1985, Dr. KH Noer Muhammad Iskandar SQ lantas mendirikan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah di atas sebidang tanah yang masih berupa sawah dan rawa, yang diwakapkan oleh Haji Oon atau H. Abdul Ghoni.

Menurut situs resminya, pemilihan nama Asshiddiyah sendiri merujuk pada salah satu sahabat Rasulullah SAW, yakni Khalifah Abu Bakar yang mendapat gelar Asshiddiq, yang artinya memiliki sifat amanah (bisa dipercaya) dan jujur namun sangat tegas.

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah sendiri memang menerapkan disiplin yang cukup tinggi, agar kelak para santi dan alumninya bisa menjadi suri tauladan dan berguna di tengah masyarakat.

Karenanya, Asshiddiqiyah juga sangat dikenal karena terbukti mampu menyelenggarakan metode pendidikan Islam formal yang memiliki disiplin tinggi dan juga terakreditasi dengan sangat baik.

Dalam usianya yang sudah lebih dari seperempat abad, lembaga pendidikan Islam Asshiddiqiyah sudah terbukti mampu mencetak santri mumpuni dari tingkat dasar, menengah bahkan hingga tingkat atas.
  • Madrasah Ibtidaiyah Asshiddiqiyah (MI), bidang pendidikan formal Islam setara Sekolah Dasar (SD)
  • Madrasah Tsanawiyah Asshiddiqiyah (MTs), bidang pendidikan formal Islam setara Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • Sekolah Menengah Pertama Asshiddiqiyah, bidang pendidikan setara Sekolah Menengah Pertama (SMP Islam)
  • Madrasah Aliyah Ashhiddiqiyah (MA), bidang pendidikan Islam formal setara Sekolah Menengah Atas (SMA)
  • Sekolah Menengah Atas Asshiddiqiyah, bidang pendidikan formal Islam setara Sekolah Menengah Atas (SMA Islam)
  • Sekolah Menengah Kejuruan Asshiddiqiyah, bidang pendidikan formal Islam setara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Islam)
Selain Ponpes Asshiddiqiyah pusat di Kedoya Kebon Jeruk yang juga sudah menyelenggarakan pendidikan Tahfiz Qur'an hingga Sekolah Tinggi Agama Islam setingkat S1 (Strata 1), saat ini sudah ada cabang pendidikan Islam Asshiddiqiyah di beberapa daerah di Jawa dan Sumatera.
  • Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 1 (pusat) di Kelurahan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta
  • Ponpes Asshiddiqiyah 2 Tangerang Banten tepatnya di Batu Ceper.
  • Ponpes Asshiddiqiyah 3 Karawang Jawa Barat tepatnya di Desa Sukatani Cilamaya Wetan.
  • Ponpes Asshiddiqiyah 4 Karawang di Cilamaya (tak jauh dari Asshiddiqiyah 3)
  • Ponpes Asshiddiqiyah 5 Bogor, tepatnya di daerah Jonggol.
  • Ponpes Asshiddiqiyah 6 Tangerang Banten di sekitar Serpong
  • Ponpes Asshiddiqiyah 7 Bogor di wilayah Kecamatan Cijeruk
  • Ponped Asshiddiqiyah 8 di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat
  • Ponpes Asshiddiqiyah 9 Lampung di daerah Way Kanan
  • Ponpes Asshiddiqiyah 10 di wilayah Palembang Sumsel tepatnya di daerah Musi Banyuasin
Sementara di wilayah Cilamaya Karawang Jawa Barat, Ponpes Asshiddiqiyah ini terdiri dari dua pondok pesantren untuk putera dan puteri yang letak lokasinya relatif berdekatan, di sekitar daerah Cilamaya Karawang Jawa Barat.
Asshiddiqiyah 3 Puteri di Kosambi Lempeng Sukatani Cilamaya
Selain Asshiddiqiyah 4 (khusus putra), terdapat juga Pondok Pesantren Ashhiddiqiyah 3 (khusus putri) di Cilamaya Wetan yang beralamat di Desa Sukatani (Kosambi Lempeng) yang bisa dihubungi di nomor telepon (0264) 340511, Fax (0264) 8380 220. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »