ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Kampung Nelayan Muara Pasir Putih Cilamaya Penghasil Ikan Rajungan Terbesar di Karawang Jawa Barat

On October 04, 2019 with No comments

Kampung Nelayan Pasir Putih adalah salah satu kawasan pemukiman warga nelayan yang berada di pesisir utara Karawang, tepatnya di Desa Sukajaya Cilamaya Kulon. Kawasan nelayan Pasir Putih ini dikenal sebagai salah satu daerah penghasil perikanan terutama jenis rajungan terbesar di wilayah Karawang.
Kampung Nelayan pasir Putih Cilamaya dipenuhi perahu nelayan untuk menangkap ikan
Muara Pasir Putih Penghasil Rajungan Terbesar di Karawang
DOTGO.ID. Muara Pasir Putih adalah sebuah kawasan nelayan yang berlokasi di Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon. Kampung nelayan yang berada di wilayah pesisir utara Karawang Jawa Barat ini dikenal sangat produktif dengan hasil perikanan.

Muara Pasir Putih sendiri dihuni oleh sekitar 930 kepala keluarga lebih, yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan atau menggeluti bidang usaha perikanan lainnya.

Nelayan Muara Pasir Putih Cilamaya ini dikenal karena sangat produktif dengan hasil perikanan terutama rajungan, yaitu sejenis kepiting yang biasa hidup di perairan laut.

Menurut warga sekitar, Pasir Putih sangat produktif karena memang mayoritas nelayan yang melaut adalah warga sekitar. Karenanya, hampir setiap hari tempat pelelangan ikan (TPI) di Pasir Putih selalu ramai.

"Berbeda dengan kampung nelayan lain yang kebanyakan (nelayan) adalah para pendatang, nelayan di Muara Pasir Putih ini adalah warga setempat. Makanya setiap hari selalu ramai, kecuali kalau sedang musim ombak besar," ujar Samsul Bahri.

Lebih lanjut, Samsul Bahri mengatakan bahwa muara Pasir Putih ini memang sangat terkenal karena banyaknya rajungan, dan juga beberapa jenis udang dan ikan hasil tangkapan para nelayan lokal.

Letak muara Pasir Putih yang berada persis di bibir pantai laut Jawa ini memang sangat strategis dan memberi keuntungan tersendiri bagi para nelayan. Perairan Pasir Putih yang menyerupai teluk ini sangat melimpah dengan ikan, udang dan rajungan.

Terlebih, saat ini sudah ada kawasan konservasi hutan mangrove (pohon bakau) yang nantinya akan bisa menjadi habitat dari berbagai macam jenis udang, hingga ikan dan rajungan.

Selain untuk menjaga keseimbangan eko sistem, konservasi hutan bakau atau mangrove di pantai Pasir Putih Cilamaya Karawang ini juga saat ini sudah dimanfaatkan sebagai kawasan wana wisata yang cukup menarik.

Eco Wisata Mangrove Pasir Putih Cilamaya ini juga diproyeksikan untuk bisa menahan hempasan ombak laut yang sebelumnya sempat mengikis (abrasi) dan mengancam kawasan pemukiman warga nelayan di Muara Pasir Putih.

Selain bisa membeli ikan, pengunjung juga tentunya bisa berwisata di Taman Mangrove Pasir Putih. Tak hanya berwisata, pengunjung bahkan bisa memancing ikan di area wisata mangrove karena letaknya berada persis di bibir pantai laut Jawa.
Wisata Taman mangrove Pasir Putih Cilamaya Karawang
Kampung Nelayan dan Eco Wisata Mangrove Pasir Putih adalah salah satu ikon konservasi dan juga sebagai tempat wisata bahari di Karawang yang cukup menarik dan sangat layak untuk dikunjungi. mch
-->
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »