ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Wisata Mangrove Pasir Putih Cilamaya Kulon Ikon Konservasi Pantai di Pesisir Karawang

On October 04, 2019 with No comments

Wisata Mangrove (hutan bakau) Pasir Putih adalah salah satu kawasan konservasi yang berada di Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang Jawa Barat. Eco Wisata Mangrove di Pantai Pasir Putih ini juga diproyeksikan untuk bisa menyelamatkan kawasan tersebut dari ancaman abrasi pantai.
Wisata Pantai Karawang Eco Wisata mangrove Hutan Bakau di Pasir Putih Karawang Cilamaya
Wisata Mangrove Pantai Pasir Putih Cilamaya Karawang
DOTGO.ID. Wisata. Pasir Putih adalah sebuah kampung atau kawasan pemukiman nelayan yang berada di wilayah Cilamaya Kulon Karawang. Selain sebagai penghasil perikanan, Pasir Putih juga kini dikenal dengan kawasan wisata pantai berupa hutan mangrove atau bakau.

Wisata Mangrove Pasir Putih seluas sekitar 20 hektar ini ditanami beberapa jenis mangrove (pohon bakau) yang beberapa diantaranya adalah jenis paling kuat terhadap hempasan ombak.

Selain sebagai kawasan konservasi, Eco Wisata Mangrove Pasir Putih Cilamaya Kulon ini sendiri memang diproyeksikan untuk bisa menyelamatkan kawasan kampung nelayan Pasir Putih yang sebelumnya sempat terancam oleh abrasi (pengikisan bibir pantai).

Bersama dinas terkait dan didukung Pertamina PHE ONWJ,  masyarakat nelayan Pasir Putih yang terdiri dari 900 kepala keluarga lebih ini lantas bekerja sama menanam mangrove untuk bisa secepat mungkin menyelamatkan Pantai Pasir Putih.

Saat ini, kawasan hutan mangrove yang sudah dirintis sejak 2015 ini sudah banyak memberi banyak manfaat. Tak hanya bertambahnya daratan dan eko sistem pantai, konservasi mangrove ini juga sudah menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup populer.

Meski belum sepenuhnya rampung dan dibuka secara resmi sebagai tempat wisata, namun Eco Wisata Mangrove Pasir Putih ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seputaran wilayah Karawang dan sekitarnya.

Menurut warga sekitar yang turut mengelola Eco Wisata Mangrove Pasir Putih, saat ini proses pengerjaan taman mangrove tersebut masih terus berlangsung.

"Pengerjaan Eco Wisata Mangrove Pasir Putih ini baru mencapai sekitar 60 persen. Nantinya akan ada banyak fasilitas untuk para wisatawan, jika tahap pengerjaan sudah selesai 100 persen," ujar Samsul Bahri.

Meski demikian, para wisatawan saat ini sudah bisa menikmati taman mangrove Pasir Putih karena sudah banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Selain joging track dan gazebo (saung), Eco Wisata Mangrove Pasir Putih ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata seperti menara pantau, aula, tempat pembibitan bakau atau mangrove, nursery (tempat menyusui bayi), ikon rajungan, hingga area kuliner.

Selain bisa berjalan jalan menikmati taman mangrove dan hamparan pantai laut Jawa, pengunjung juga bisa mengamati beragam satwa yang biasa hidup di daerah pantai seperti beragam jenis ikan dan burung.

Untuk para wisatawan yang gemar selfi berfoto ria, di kawasan Wisata Mangrove Pasir Putih ini juga cukup banyak spot menarik yang bisa dieksplorasi. Terlebih, panorama di wisata mangrove Pasir Putih ini juga terbilang cukup eksotis.

Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat pemandangan unik berupa deretan perahu nelayan dari berbagai jenis ukuran yang bersandar di sepanjang Muara Pasir Putih.
Wisata Mangrove Kawasan Konservasi Pantai Pasir Putih
Wisata Hutan Bakau (mangrove) Pasir Putih di Desa Sukajaya Cilamaya Kulon ini juga cukup mudah diakses baik dari arah barat Cilempung maupun dari arah timur melalaui Desa Rawa Gempol Cilamaya. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »