ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Ziarah Makam Bung Karno Blitar Sejarah dan Riwayat Hidup Ir. Soekarno Proklamator RI

On October 25, 2019 with No comments

Makam Bung Karno atau Soekarno sang tokoh proklamator RI di kota Blitar, adalah salah satu tempat yang memiliki nilai historis tinggi. Hingga kini, makam Bung Karno di Jalan Ir. Soekarno Bendogerit Sanan Wetan Blitar, menjadi salah satu situs bersejarah yang paling banyak dikunjungi para peziarah.
Ziarah Makam Soekarno Sejarah Hidup Bung Karno Proklamator RI
Makam Bung Karno Blitar Sejarah Tokoh Proklamator RI
DOTGO.ID. Sejarah. Bung Karno atau Ir. Soekarno adalah salah satu tokoh nasional Indonesia paling populer. Soekarno yang merupakan salah satu bapak bangsa dan proklamator kemerdekaan RI bersama DR. Muhammad Hatta ini juga adalah presiden pertama Republik Indonesia.

Ir. Soekarno secara resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pertama pada tanggal 18 Agustus 1945, dengan Bung Hatta sebagai wakilnya, sehari setelah Indonesia menyatakan diri merdeka.

Bung Karno yang terlahir dengan Nama Raden Koesno Sosro Dihajro ini lahir di Surabaya pada hari Kamis pon tanggal 6 Juni 1901. Bung Karno adalah putera dari pasangan Raden Soekemi Sosro Diharjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Ir. Soekarno atau Bung Karno yang menjabat sebagai Presiden RI hingga Maret 1967 ini meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada tanggal 21 Juni 1970.

Bung Karno dimakamkan di Blitar, berdampingan dengan pusara atau makam kedua orang tuanya, yaitu Raden Soekemi Sosro Diharjo dan Ida Ayu Nyoman Rai, yang berdarah Bali.

Di kompleks makam Bung Karno di Blitar inilah terpampang jelas prasasti atau plakat yang memuat riwayat dan sejarah hidup Sang Putera Fajar Ir. Soekarno, Proklamator RI.

Beberapa literatur menyebutkan, Bung Karno lahir tepat saat fajar (matahari pagi) menyingsing. Konon waktu (jam) kelahiran Bung Karno sama persis dengan Pangeran Diponegoro, yang lahir satu abad lebih sebelumnya.

Berdasar pada plakat yang terpampang di kompleks makam Bung Karno, Soekarno kecil atau Raden Koesno Sosro Diharjo sering berpindah tempat semasa kecil, karena ayah Bung Karno sering berpindah tugas sebagai guru di era kolonial Belanda.

Ayah Bung Karno Raden Soekemi sendiri adalah seorang guru PNS di zaman Hindia Belanda yang sering berpindah tugas ke seputaran daerah di Jawa Timur, hingga akhirnya pensiun saat bertugas di kota Blitar.

Riwayat Pendidikan Bung Karno:
  • Sekolah Desa di Kelurahan Patihan Tulungagung Jawa Timur (saat diasuh kakek dari pihak ayah)
  • Volks School Angka Loro (Tweede Class) atau Sekolah Rakyat (SR) setara Sekolah Dasar di Sidoarjo JawaTimur (saat Bung Karno kecil mulai ikut ayahnya, Raden Soekemi)
  • Holland Inlandsche School (HIS) atau Eerste Indlandshe School setara SMP di Mojokerto, karena Raden Soekemi pindah mengajar dari Sidoarjo ke Mojokerto
  • Europesche Lagere School (ELS) Mojokerto, setelah naik ke kelas 6 di HIS atau EIS Mojokerto
  • Hogere Burger School (HBS) di Surabaya Jawa Timur, setelah tamat dari Europeschee Lagere School (ELS) Mojokerto pada 1915
  • Technische Hogeschool te Bandung (TH) kini Institute Teknologi Bandung, setelah sebelumnya tamat dari HBS Surabaya pada Juli 1921.
  • Pada 25 Mei 1926 Bung Karno dinyatakan lulus ujian insinyur teknik sipil, dan diwisuda pada tanggal 3 Juli 1926, bertepatan dengan Dies Natalis 6 Technische Hogeschool (TH) te Bandung, atau kini ITB Bandung Jawa Barat
Selepas tamat dari ITB Bandung, Bung Karno lalu mendirikan biro insinyur, dan bersama beberapa rekan semasa di TH (ITB) Bandung Bung Karno banyak membuat rancang bangun bermacam jenis  bangunan dari rumah hingga gedung.

Tak hanya sebagai insinyur teknik sipil, Bung Karno yang juga mulai aktif di dunia pergerakan dan politik ini lantas mendirikan Persyarikatan Nasional Indonesia, yang nantinya menjadi cikal bakal dari Partai Nasional Indonesia (PNI).

Jejak dan kiprah Bung Karno Sang Proklamator RI ini sendiri sangat jelas tergambar di komplek makam Bung Karno, karena selain bangunan cungkup makam, terdapat juga museum hingga perpustakaan Ir. Soekarno atau Bung Karno.
Ziarah Makam Bung Karno Tokoh Proklamator RI
Makam Proklamator RI Bung Karno ini sendiri berlokasi di Jalan Ir. Soekarno No. 152 Bendogerit, Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Hingga kini, makam Bung Karno menjadi situs sejarah yang paling banyak diziarahi. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »