ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Souvenir Borobudur Oleh-Oleh Pasar Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

On November 11, 2019 with No comments

Souvenir Borobudur bisa didapat di pasar oleh oleh yang ada di area depan kompleks Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Oleh oleh souvenir Candi Borobudur terdiri dari baju, kaos, topi cowek batu atau layah, hingga pernak pernik yang menggambarkan keindahan dan kemegahan Candi Borobudur.
Souvenir Borobudur Pasar Oleh-Oleh Wisata Candi Borobudur
Oleh-oleh Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah
DOTGO.ID. Borobudur adalah sebuah daerah yang ada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kecamatan Borobudur sangat dikenal karena keberadaan Taman Wisata Candi Borobudur, yang merupkan candi Budha termegah di dunia.

Candi Borobudur sendiri mulai dibangun pada sekitar tahun 770 Masehi, dan diperkirakan rampung pada sekitar tahun 825 Masehi, di masa Wangsa Syailendra berkuasa di era Mataram Kuno.

Berdasar pada catatan sejarah, candi ini diperkirakan mulai ditinggalkan dan terbengkalai pada sekitar abad 14 Masehi. Borobudur kembali ditemukan pada sekitar tahun 1814 oleh Thomas Stamford Raffles, saat Inggris berkuasa di Jawa.

Sebagai salah satu candi Budha termegah di dunia, Candi Borobudur sendiri sudah tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia dan berada di bawah pengawasan langsung UNESCO.

Karena popularitasnya tersebut, Candi Borobudur kini menjadi salah satu situs cagar budaya yang paling menarik minat pasa wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

Selain kemegahan candi, salah satu yang cukup menarik minat para wisatawan adalah souvenir atau cindera mata khas Borobudur, yang terdiri dari bermacam jenis barang.

Souvenir wisata Candi Borobudur sendiri bisa didapat di pasar oleh oleh yang lokasinya berada di sekitar area pintu masuk kompleks Candi Borobudur Magelang.

Saat mengunjungi pasar souvenir Borobudur, wisatawan bisa dengan mudah menemukan souvenir berupa pakaian, ataupun pernak pernik bergambar atau bentuk Candi Borobudur.

Selaian baju, kaos dan cindera mata, oleh oleh Borobudur yang cukup diminati para wisatawan adalah cowek (lumpang kecil) dan ulek dari bahan batu alami yang berfungsi untuk membuat sambal atau untuk meracik bumbu dapur.

Terdapat juga topi caping (topi lebar) yang biasa dipakai oleh para petani saat ke kebun atau ke sawah. Sebagian souvenir Candi Borobudur ini adalah barang kerajinan seni warga sekitar.
Oleh-Oleh Candi Borobudur Souvenir Wisata Borobudur
Taman Wisata Candi Borobudur sendiri beralamat di Jalan Badrawati Borobudur, Kecamatan Borobudur Magelang Jawa Tengah. Candi Borobudur Magelang ini sendiri cukup dekat jika diakses dari arah kota Yogyakarta. mch
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »