ADVERTISEMENT

Search This Blog

Powered by Blogger.

Ganti Oli NMAX Yamaha yang Sering Kena Jalan Macet Sebaiknya Sebelum 4000 KM

On January 07, 2020 with No comments

Ganti oli NMAX yang sering terjebak macet di ruas jalan kota besar disarankan untuk lebih awal dari jadwal ganti oli normal seperti yang disarankan pabrikan. Merujuk buku panduan, ganti oli Yamaha NMAX sendiri adalah setiap kelipatan 4000 kilo meter atau paling lambat 6 bulan sekali.
Ganti Oli Mesin Motor Harus dilakukan Lebih Awal Jika Motor Yamaha NMAX Sering Terjebak Jalan Macet di Kota Besar yang padat kendaraan
Ganti Oli NMAX yang Sering Terjebak Jalan Macet, Harus Lebih Awal
DOTGO.ID. Motor. Ganti oli pada motor berfungsi untuk melumasi bagian komponen mesin agar selalu bekerja secara maksimal. Telat ganti oli akan berakibat fatal, terlebih jika oli motor berkurang secara drastis.

Jadwal atau waktu ganti oli pada motor sendiri bergantung pada motor dan juga spek oli yang digunakan. Untuk Yamaha NMAX, sudah ditentukan yakni setiap 4000 kilo meter, atau maksimal 6 bulan.

Ganti oli NMAX harus dilakukan jika kilo meter di panel speedo meter sudah menunjukan angka 4000 kilo meter. Sebaliknya, ganti oli NMAX juga harus dilakukan jika oli sudah mencapai waktu 6 bulan, meski jarak tempuh belum mencapai 4000 KM.

Meski demikian, cukup banyak pula mekanik yang menyarankan agar ganti oli pada motor termasuk Yamaha NMAX lebih baik dilakukan sebelum mencapai 4000 kilo meter, terutama untuk motor yang sering terjebak macet di ruas jalan kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya.

Menurut seorang mekanik di Yamaha Ramarayo Subang, motor yang sering terjebak macet sebaiknya ganti oli lebih awal, karena kinerja mesin tentunya lebih berat dari motor yang biasa melaju di jalanan normal, tanpa macet.

"Untuk NMAX, jika selalu dipakai di jalanan normal (jarang macet) waktu ganti oli memang disarankan setiap 4000 kilo meter. Tapi untuk yang sering kena macet sebaiknya ganti oli setiap 2500 sampai 3000, atau maksimal 3500 kilo meter."

Ia menegaskan, mesin motor akan tetap hidup dan bekerja meski motor dalam kendaraan diam tak bergerak (saat jalan macet). Meski begitu, oli mesin akan tetap bersirkulasi untuk melumasi komponen mesin.

"Makanya disarankan untuk ganti oli NMAX atau Aerox 155 maksimal 3000 kilo meter kalau sering kena macet di jalan. Kan, biar jarak tempuh rendah (karena sering terjebak jalan macet), tapi mesin tetap hidup dan bekerja," pungkasnya.

Yamaha NMAX sendiri sangat disarankan untuk menggunakan Yamalube Super Matic 10W-40 1L, yang berada di kisaran harga Rp 65.000-an (hingga awal tahun 2020). Oli untuk Yamaha NMAX ini sama dengan oli untuk Aerox 155 CC.

Sementara untuk oli gardan (CVT) diharuskan untuk ganti setiap dua kali ganti oli mesin (dua kali ganti oli mesin, satu kali ganti oli transmisi atau oli gardan Yamaha NMAX).

Selain itu, Yamaha NMAX yang sering terjebak di jalan macet juga harus sering dikontorol pada bagian komponen lain seperti rumah CVT, terutama bagian V-belt, agar kinerja dan performa tetap maksimal dan motor pun jadi awet.
Ganti Oli dan Servis Bergaransi NMAX di Dealer Resmi Yamaha
Tak hanya NMAX, jenis motor apapun yang sering menempuh medan berat termasuk kemacetan memang harus mendapat perhatian lebih, terutama soal ganti oli mesin. Perawatan motor juga harus dilakukan secara rutin dan berkala. baim
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »